Keefektivan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Think-Talk-Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis

Luqman Chakim

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran problem based learning dengan strategi think-talk-write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus pada siswa kelas VIII tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan true experimental design jenis posttest-only control design. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 70 siswa yang terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dengan strategi think-talk-write (TTW) dan kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Dari tiga kelas yang ada terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan uji t independent sampel T-test diperoleh thitung = 2,080 lebih dari ttabel =1,995, berarti thitung berada di daerah penolakan H0. Hasil penelitian menunjukkan indikator representasi matematis tertinggi yang diperoleh adalah kemampuan visual. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dengan strategi think-talk-write (TTW) lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S dan Jabar C.S.A. 2007. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

As’ari, A. R., Tohir, M., Valentiono, E., Imron, Z., & Taufik, I. 2017. Buku Guru Matematika. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Hwang, dkk. 2007. Multiple representation skills and creativity effects on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system education technology & society, 10 (2), hlm.191-121 [Online]. Tersedia di http://www.ifets.info/journals/102/17.pdf. Dikses tanggal 3 Februari 2019.

Ismadi. Janu. 2011.Matematika Ajaib. Bandung: PT Mizan Pustaka.

NCTM. 2000. Using the NCTM 2000 principles and standards with the learning from assementsmaterials.[Online] Tersedia di: http://www.wested.org/Ifa/NCTM2000.PDF. Diakses 17 Mei 2019.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta : RajaGrafindo Persada

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Luqman Chakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education by Mathematics Department UIN Walisongo Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi: Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang

Jalan Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan, Semarang 50185

Email: square@walisongo.ac.id