Pengaruh Metode Pembelajaran E-Learning dan Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Kelas Kalkulus Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali

Gusti Ayu Made Arna Putri

Abstract


Model pembelajaran dengan metode E-learning dan Snowball Throwing mengacu pada dua metode pembelajaran yang berbeda yaitu model pembelajaran modern dan konvensional. Metode E-learning atau electronic learning melatih mahasiswa untuk belajar secara mandiri di mana pun dan kapanpun. Metode Snowball Throwing adalah kegiatan pembelajaran yang disertai dengan permainan pelemparan kertas berisi pertanyaan yang dibentuk menyerupai bola salju, sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi jauh lebih menyenangkan. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah mahasiswa mata kuliah Kalkulus semester genap di Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali. Penelitian melibatkan dua kelas Kalkulus, kelas yang pertama diberi perlakuan kedua metode dan kelas yang kedua hanya diberi metode konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan metode E-Learning dan Snowball Throwing pada kelas Kalkulus tersebut. Pengujian dilakukan dengan independent T test atau uji T. Hasil dalam penelitian ini adalah perbandingan hasil belajar pada masing-masing kelas Kalkulus.

Kata kunci: kalkulus, metode e-learning, metode snowball throwing.


Full Text:

PDF

References


Akhiriyah, D.Y. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kreatif: Jurnal Pendidikan dasar, Vol 1, No 2.

Aminoto (2014). Penerapkan Metode E-learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, Vol 8, No 1.

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hanum, N.S. (2013). Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, No 1.

Pravitasari, A. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Tanjungrejo 1 Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang: Ilmu Pendidikan.

Rahman, A. (2015). Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V pada SDN No.1 Pantolobete. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol 5, No 4: 154 - 167.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Gusti Ayu Made Arna Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education by Mathematics Department UIN Walisongo Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi: Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang

Jalan Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan, Semarang 50185

Email: square@walisongo.ac.id