Pengaruh Hafalan Al-Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTs

Dewi Dwi Adiwijayanti, Heni Purwati, Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses mengingat, di mana seluruh materi ayat (rincian bagian-bagiannya seperti fonetik, waqaf, dan lain-lainnya) harus diingat secara sempurna. Salah satu manfaat menghafal Al-Qur’anadalah penguatan otak dimana mereka harus teliti dan jeli dalam membedakan ayat-ayat yang memiliki kemiripan redaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Yanbu’ul Qur’an 2 Muria tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, tes berupa tes tertulis prestasi belajar, dan non tes berupa lembar observasi hafalan Al-Qur’an. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs Yanbu’ul Qur’an 2 Muria, hal ini ditunjukkan dengan nilai r sebesar  dengan sumbangan efektif sebesar 34,7% sedangkan 65,3% ditentukan oleh faktor lain.


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2011). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Budiyono. (2016). Statistika. Surakarta. UNS Press.

Ginanjar, M. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur'an dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam, 06.

Kompri. (2017). Belajar Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jambi: Media Akademi.

Mahmudah. (2016). Analisis Pengaruh Hafalan Al-Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA AL-Amiriyyah BlokAgung Banyuwangi. Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 08.

Mustofa, K. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 06.

R.Krathwohl, L. W. (2010). Kerangka Landasan Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Romi, Y. A. (2018). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Antara Siswa yang Mengikuti dan Tidak Mengikuti Program Menghafal Al-Qur'an. Fakultas Psikologi, 12, 1-10.

Shirazy, M. A. (2018). Kamus Arab - Indonesia. Victory Inti Cipta.

Subandi, L. C. (2010). Psikologi Santri Penghafal Al-Qur'an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dewi Dwi Adiwijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education by Mathematics Department UIN Walisongo Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi: Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang

Jalan Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan, Semarang 50185

Email: square@walisongo.ac.id