Strategi Kepala Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Religius Mahasiswa

Rini Setyaningsih*  -  UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia, Indonesia

(*) Corresponding Author

This study aims to determine the strategy of the Head of the Institute for Development of Islamic Studies (LPSI) of Ahmad Dahlan University Yogyakarta in internalizing religious values to students. The research method uses deskptive qualitative. The Chief Strategy of LPSI to internalize the religious values of students through the 3 stages, first, externalizing values where the LPSI collaborated with the Campus Introduction Program (PPK) committee in providing important information related to the campus Islamization program. second, certification Quranic activity supervisors and student organizations in providing Islamic knowledge. third, value internalization. in the academic realm and in the non-academic realm

Keywords: strategy; internalization; religious.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Kepala Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dalam menginternalisasikan nilai-nilai religius kepada mahasiswa. Metode penelitian mengunakan kualitatif deskptif. Strategi Kepala LPSI untuk menginternalisasikan nilai-nilai religius mahasiswa melalui 3 tahapan pertama, eksternalisasi nilai dimana pihak LPSI bekerjasama dengan panitia Program Pengenalan Kampus (PPK) dalam memberikan informasi penting terkait program Islamisasi kampus., kedua, objektivitas, pihak LPSI bekerjasama dengan seluruh dosen AIK dan sertifikasi, pembimbing kegiatan tahsinul-Qur’an dan organisasi mahasiswa dalam memberikan ilmu pengetahuan agama Islam. ketiga, internalisasi nilai dalam ranah akademik dan dalam ranah non-akademik.

Kata kunci: strategi;  internalisasi;  religius;

Keywords: strategy; internalization; religious;strategi; internalisasi; religius;

  1. Ahmadi, Abu dan Noor Salimi. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
  2. Akhyak. Profil Pendidik Sukses. Surabaya: eLKAF, 2005.
  3. Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
  4. Aly, Hary Noer. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos, 1999.
  5. Ancok, Djamaludin dan Fuat Nashori Suroso. Psikologi Islami: Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi. Cet. IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
  6. Asifudin, Ahmad Janan. Mengungkit Pilar-Pilar Pendidikan Islam: Tinjauan Filosofis. Cet. II. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga, 2010.
  7. Aziz, Abdul. Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Gagasan Membangun Pendidikan Islam. Surabaya: eLKAF, 2006.
  8. Berger, Peter L. Langit Suci: Agama Sebagai Realitas Sosial. Jakarta: LP3ES, 1991.
  9. Dahlan dkk. Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Arkola, n.d.
  10. Faturrohman, Muhammad. Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik Dan Praktik Kontekstualisasi Pendidikan Agama Di Sekolah. Yogyakarta: Kalimedia, 2015.
  11. Khotimah, Chusnul dan Muhammad Fathurrohman. Komplemen Manajemen Pendidikan Islam: Konsep Integratif Pelengkap Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2014.
  12. Maulana, Achmad. Kamus Ilmiah Populer Lengkap. Yogyakarta: Absolut, 2008.
  13. Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.
  14. ———. Paradigma Pendidikan Agama Islam: Upaya Untuk Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.
  15. Mulyana, Rohmat. Mengartikulasi Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2004.
  16. Nata, Abuddin. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2011.
  17. Sahlan, Asmaun. Religiusitas Perguruan Tinggi: Potret Pengembangan Tradisi Keagamaan Di Perguruan Tinggi Islam. Malang: UIN-Maliki Press, 2011.
  18. Saladin. Manajemen Strategi Dan Kebijakan Perusahaan. Bandung: Linda Karya, 2914.
  19. Salusu, Salusu. Strategi Pengambilan Keputusan. Jakarta: Pressindo, 2014.
  20. Thaha, Chabib. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
  21. TM, Fuaduddin. Pengasuhan Anak Dalam Keluarga Muslim. Jakarta: KAJ, 1996.
  22. Winardi. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju, 2012.

Indexed by

Journal Terindex di Crossref Journal Terindex di Google Scholar Journal Terindex di Academia    


Copyright © 2017 Journal of Islamic Studies and Humanities, ISSN: 2527-8401 (p) 2527-838X (e)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
apps