Argumentasi Pembaruan Ushul Al-Fiqh: Problematika dan Tantangannya

Authors

  • Muhammad Syarif Hidayat Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21580/jish.v6i1.8175

Keywords:

renewal, Ushūl al-Fiqh, Islamic Law

Abstract

Abstrak

Pembaruan atas hukum Islam meliputi pembaruan atas Ushūl al-Fiqh dan Fiqh. Ushūl al-Fiqh khususnya sebagai metode pengabilan hukum Islam merupakan salah satu yang paling disorot. Seiring dengan perkembangan zaman, Ushūl al-Fiqh dituntut peranannya untuk selalu luwes dan tanggap dalam merespon problematika umat. Oleh karena itu, secara tidak langsung, pembaruan Ushūl al-Fiqh merupakan hal yang tidak bisa dielakkan. Namun demikian, usaha untuk melakukan pembaruan mendapat respon beragam dari berbagai kalangan. Ada yang pro juga ada yang kontra.  Tulisan ini adalah sebuah upaya untuk mendeskripsikan pembaruan yang terjadi dalam Ushūl al-Fiqh dengan menampilkan beberapa argumen dari para pemikir klasik maupun kontemporer. Tulisan ini merupakan studi kepustakaan dan dianalisis dengan metode deskriptif-analitik.

Kata Kunci: Pembaruan, Ushūl al-Fiqh, Hukum Islam

 

Abstract

Renewal of Islamic law includes renewal of Ushūl al-Fiqh and Fiqh. Ushul al-Fiqh in particular as a method of imposing Islamic law is one of the most highlighted. Along with the times, Ushul al-Fiqh is required to have a role to always be flexible and responsive in responding to the problems of the people. Therefore, indirectly, the renewal of Ushūl al-Fiqh is inevitable. However, efforts to carry out reform have received mixed responses from various groups. There are pros and cons. This paper is an attempt to describe the reforms that have occurred in Ushūl al-Fiqh by presenting several arguments from classical and contemporary thinkers. This paper is a literature study and is analyzed using descriptive-analytic methods.

Keywords: renewal, Ushūl al-Fiqh, Islamic Law

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bibliografi

Abdullah, M. Amin, Fikih dan Kalam Sosial Era Kontemporer: Perjumpaan Ulūm al-Dīn dan Sains Modern Menuju Fresh Ijtihad dalam Islam Nusantara: Dari Ushūl al-Fiqh Hingga Paham Kebangsaan, ed. Akhmad Sahal dan Munawir Aziz, Bandung: Mizan, 2015.

________________, “Paradigma Alternatif Pengembangan Ushul Fikih dan Dampaknya Pada Fikih Kontemporer” dalam Mazhab Jogja: Menggagas Paradigma Ushul Fikih Kontemporer, ed. Ainurrafiq.Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2002.

Al-‘Ashmawi, Muhammad Sa‘īd, Ushūl al-Sharī‘ah. Beirut: Dār Iqrā’, 1983. cet. 2.

Al-Dharwi, Ahmad Ibrāhīm ‘Abbās, Nazhariyah al-Ijtihād fi al-Sharī‘ah al-Islāmiyyah Jeddah: Dār al-Shurūq, 1983.

Al-Na’im, Abdullah Ahmed, Toward an Islamic Reformation: Civil Liberties, Human Right and Inter, national Law. New York: Syracuse University Press, 1994.

Al-Nuwaihi, Muhammad, Nahwa Thawrah fi al-Fikr al-Dīnī. Beirut: Dār al-Ādāb, 1983.

Al-Raysūnī, Ahmad, Nazhariyyah al-Maqāshid ‘inda al-Imām al-Shāthibi .Cairo: Dār al-Kalimah li al-Nashr wa al-Tawzī’, 2014.

Al-Qaradhāwī, Yūsuf, al-Ijtihād fī al-Sharī‘ah al-Islāmiyyah Ma‘a Nazharāt Tahlīliyyah fī Ijtihād al-Mu‘āshir, Kuwait: Dār al-Qalam, 1996.

‘Āshūr, Thāhir b., Maqāshid al-Sharī‘ah al-Islāmiyyah . Jordan: Dār al-Nafā’is, 2000.

‘Audah, Jasser, Fiqh al-Maqāshid Ināthah al-Ahkām al-Shar‘iyyah bi Maqāshidihā. Virginia: al-Ma’had al-‘Ālamī li al-Fikr al-Islāmī, 2006.

_____________, Maqāshid al-Sharī’ah as Philosophy of Law: A system Approach. London: The International Institute of Islamic Thought, 2007.

_____________, Maqāshid al-Sharī‘ah A Beginners Guide. London: The International Institute of Islamic Thought, 2008.

Balājī, ‘Abd al-Salām, Tathawwur ‘Ilm Ushūl al-Fiqh wa Tajadduduh .Mansoura: Dār al-Wafā’, 2008.

Boy, Pradana Z.T.F., Fikih Jalan Tengah, Jakarta: Hamdalah, 2008.

Hasan al-Turabi, Qadhāya al-Tajdīd Nahwa Manhaj Ushūli. Beirut: Dār al-Hādi, 1421 H/2000 M. cet.I.

_____________, Tajdīd al-Fikr al-Islāmī. Khartoum: Dār al-Qarafi li al-Nasyr wa al-Tawzi', 1413 H/1993 M.

_____________, Tajdīd Ushūl al-Fiqh al-Islāmī. Khartoum: Maktabah Dār al-Fikr, 1400 H/1980 M. cet.I.

Hanafi, Hasan , al-Turāth wa al-Tajdīd .Beirut: al-Muassasah al-Jāmi’ah li al-Dirāsāt wa al-Nashr wa al-Tawzī‘, 1992.

_____________, Min al-Nashsh ilā al-Wāqi‘ .Cairo: Markaz al-Kitāb li al-Nashr. 2004.

_____________, Dirāsāt Islāmiyah . Cairo: Maktabah al-Anjlā al-Mishriyyah,1981.

Hoebink, Michel, Two Half of The Same Truth: Schacht, Hallaq, and The Gate of Ijtihad, Amsterdam: Middle East Research Associates, 1994.

Jackson, Sherman A., Islamic Law and The State: The Constitutional Jurisprudence of Shihāb al-Dīn al-Qarāfi, Leiden: E. J. Brill, 1996.

Jum‘ah, ‘Ali, Qadhiyyah Tajdīd Ushūl al-Fiqh. Kairo: Dār al-Hidāyah, 1413 H/1993M. cet. II.

Mas’ari, Ahmad, Rekonstruksi Ushul Fikih Perspektif Hasan al-Turabi, Disertasi Doktoral, Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2012.

Mu’ammar, M. Arfan, "Islam Progresif dan Ijtihad Progresif Membaca Gagasan Abdullah Saeed." dalam Studi Islam Perpekstif Insider/Outsider, ed. M. Arfan Mu’ammar dan Abdul Wahid Hasan, et al. Yogyakarta: IRCisoD, 2012.

Mudzhar, Muhammad Atho’, Membaca Gelombang Ijtihad; Antara Tradisi dan Liberasi. Yogyakarta: Titian Ilahi Press. 1998.

Schacht, Joseph, An Intoduction To Islamic Law (Oxford: Clarendon Press, 1982)

Shahrūr, Muhammad, al-Kitāb wa al-Qur’ān; Qirā’ah Mu‘as}arah, Damaskus: al-Ahāb li al-Thibā‘ah li al-Nasyr wa al-Tauzī‘, 1992.

Sirry, Mun’im, Tradisi Intelektual Islam; Rekonfigurasi Sumber Otoritas Agama. Malang: Madani, 2015.

Zahrah, Muhammad Abū .Ushūl al-Fiqh . Beirut: Dār al-Fikr, 1980.

Al-‘Ulwāni, Thaha Jābir, Taqlid and The Stagnation of Muslim Mind, dalam The American Journal of Islamic Sciences, 8, no. 3 (1991): 513-25, diakses 8 Januari 2016, http://i-epistemology.net/v1/attachments/393_V8N3%20December%2091%20-%20TJ%20Al%20Alwani%20-%20Taqlid%20and%20Stagnation.pdf.

Baderin, Mashood A., “Establishing Area of Common Ground between Islamic Law and International Human Rights”dalam The International Journal of Human Rights, vol.5, no. 2, (2001), 72-113, diakses pada 8 Januari 2016, http://www.tandfonline.com/toc/fjhr20/current

Hallaq, Wael B. , “Was The Gate of Ijtihad Closed?” dalam International Journal of Middle East Studies, vol.16, no.1, (Mar., 1984), 3-41, diakses pada 8 Januari 2016, http://www.jstor.org/stable/162939 .

Mulyadi, Achmad, “Konstruksi Baru Metodologi Hukum Islam: Perpaduan Antara Inferensi Tekstual dan Historis (Sosial-Empirik-Kultural) dalam Karsa, vol. X, no.2 (Oktober, 2006) : 902, diakses pada 17 Februari 2016. http://citation.itb.ac.id/pdf/JURNAL/KARSA,JurnalSosialdanBudayaKeislaman/Vol%2010%20No%202%202006/102-106-1-PB.pdf

Muzammil, Iffah, “Evolusi Syariah (Studi Pembaruan Hukum Islam Menurut Mahmoud Muhammad Thāhā)” (paper diajukan kepada panitia AICIS 2012, Surabaya, 5-8 November 2012), 458-79.

Nashiruddin, Muh. “Ta‘līl al-Ahkam dan Pembaruan Ushul Fikih” dalam Ahkam, vol.XV, no.1 (Januari 2015), 21-26, diakses pada 19 April 2016. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ahkam/article/viewFile/2844/2233

Rahman, Fazlur, "Towards Reformulating the Methodology of Islamic Law: Sheikh Yamani on Public Interest in Islamic Law," dalam New York University Journal International Law and Politics, 12,(1979): 221-224, diakses 9 Januari 2016, http://heinonline.org/HOL/LandingPage?handle=hein.journals/nyuilp12&div=17&id=&page=

Solehuddin, Moh., “Metode Ushul Fiqih Hasan Hanafi,” dalam de Jure, vol.3, no.2 ( Desember 2011), 164-176. diakses pada 19 April 2016, http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/syariah/article/viewFile/2148/pdf

Downloads

Published

2021-06-25