Komunikasi Politik Anies Baswedan Menjelang Pilpres 2024: Perspektif Behavioral Approach
DOI:
https://doi.org/10.21580/jpw.v5i2.21120Keywords:
Komunikasi Politik, Anies Baswedan, Pilpres 2024, Perspektif Behavioral Approach,Abstract
Seperti yang telah tercantum dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 dan UU Nomor 10 Tahun 2016 yang mengamanatkan bahwa pada tahun 2024 akan diadakan pemilu secara serentak dalam satu tahun meliputi pemilu presiden, pemilu legislatif, dan pemilihan kepala daerah. Tulisan ini bertujuan untuk membahas mengenai komunikasi poliik yang dilakukan oleh salah satu calon presiden yaitu Anies Baswedan menjelang pilpres 2024. Adapun pendekatan yang Penulis gunakan dalam menganalisis lebih lanjut adalah melalui pendekatan behavioral approach. Penelitian ini merupakan suatu penelitian dengan menggunakan desain kualitatif. Karena pada dasarnya, penelitian ini dilaksanakan melalui pengamatan mendalam terhadap pola komunikasi politik yang dilakukan oleh suatu aktor politik, Anies Baswedan dalam menyongsong pencalonan dirinya dalam Pilpres 2024. Data yang didapat melalui penelitian kepustakaan intensif tersebut kemudian dianalisis dan dijabarkan dalam pembahasan sebagai temuan dalam penelitian ini. Pada akhirnya dalam tulisan ini ditemukan bahwa sejauh ini, Anies Baswedan telah melakukan berbagai macam komunikasi politik guna menyongsong dirinya menjadi bakal calon presiden dalam Pilpres tahun 2024. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa di antara banyaknya komunikasi politik yang telah dilakukan Anies, terdapat tiga yang paling menonjol, yaitu melalui interaksi langsung dengan massa, jejaring aktor, dan public relations politics.Downloads
References
Alim, A. S., & Rahmawati, D. E. (2021). Komunikasi Politik Anies Baswedan Melalui Sosial Media Twitter. Jurnal Academia Praja, 4(2), 441–453. https://doi.org/10.36859/jap.v4i2.334
Budi, M. (2022). Tim Kecil “Koalisi Perubahan” Akan Bertemu Lagi di Rumah Makan Coto Makassar. Detik.Com.
CNN Indonesia. (2022a). Anies Hadiri Deklarasi Relawan Pilpres 2024 IndonesiAnies. Cnnindonesia.Com.
CNN Indonesia. (2022b). Dinamika Politik Usai NasDem Deklarasi Anies Baswedan Capres. Cnnindonesia.Com.
CNN Indonesia. (2022c). Hari Terakhir di Balai Kota, Anies Temui Massa Demonstran. Cnnindonesia.Com.
DPR RI. (2021). Sesuai Amanat UU, Pemilu Serentak Dilaksanakan 2024. Dpr.Go.Id. https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/34416/t/Sesuai+Amanat+UU%2C+Pemilu+Serentak+Dilaksanakan+2024
Faris, A. F. (2022). Makan Bareng Partai Koalisi, Anies Baswedan Ingin Tunjukkan Mereka Solid. Viva.Co.Id.
Fikri, D. T. (2022). Fakta-fakta Safari Politik Anies Baswedan Berbau Kampanye? Bawaslu: Curi Start tapi Tak Melanggar. Tempo.Co.
Heryanto, G. G., & Rumaru, S. (2013). Komunikasi Politik Sebuah Pengantar (R. Sikumbang (ed.); 1st ed.). Penerbit Ghalia Indonesia. file:///C:/Users/Asus/Downloads/Dokumen 135.pdf
Hidayah, N., & Kartikasari, R. D. (2021). Pola Komunikasi Politik Anies Baswedan dalam Perspektif Sosiolinguistik di Media Sosial Instagram. Matapena: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 4(1), 1–8.
Kompas. (2022). Nasdem Resmi Deklarasikan Anies Baswedan Jadi Capres 2024. Kompas.Com.
Laili, W., Ishaq, M., & Anshori, M. I. (2023). Kajian Teori Behavioral Approach Of Leadership : Studi Literatur Review. 1(3).
Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A. (2014). Pengertian Komunikasi Politik. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1–25.
Merdeka. (2022). Sambil Lesehan, Anies Baswedan Temui Pendemo di Akhir Masa Jabatan. Merdeka.Com.
Nariswari, A. V. (2022). Soal Rencana Safari Politik ke Papua, Pengamat Sebut Bisa Jadi Cara Pulihkan Citra Anies. Suara.Com.
Pissa, A. A. A. L. (2022). Pendekatan Public Relations Politik di Media Sosial dalam Pembentukan Citra Politik. Jurnal Public Relations, 3(1), 9–17. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jpr/article/view/1015%0Ahttps://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jpr/article/download/1015/681
Ruliansyah, M. (2022). Gabungan Islam dan Nasionalis, Pengamat Sebut Duet Anies-Andika Ideal Maju Pilpres 2024. Tribun Palu.
Santoso, B. (2022). Demokrat Gaspol Dukung Terus AHY Jadi Duet Anies: Paling Pas Hadapi Calon Jokowi. Suara.Com.
Sulistiawati, A. (2018). Analisis Jaringan Komunikasi Tingkat Kelompok dalam Gapoktan. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 2(2), 155–168. https://doi.org/10.29244/jskpm.2.2.155-168
Supriono, & A’yun, Q. (2020). Behavior Theory of Leadership. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 79–91. www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id
Wasesa, S. A. (2011). Political Branding & Public Relations. PT Gramedia Pustaka Utama.
Wospakrik, D. (2018). Koalisi Partai Politik Dalam Sistem Presidensil di Indonesia. Papua Law Journal, 1(1), 142–161. https://doi.org/10.31957/plj.v1i1.585
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).