Istikhdām Qāmūs al-ʿArabiyyah Baina Yadaik fī Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah bi Maʿhad Al-Khair Cirebon

Antin Lihayati*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Ahmad Maghfurin  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

This research aims to learn how to use the Al-ʿArabiyyah Baina Yadaik dictionary in teaching Arabic at the Al-Khair Islamic Boarding School - Cirebon, in addition to identifying problems and how to overcome them when using it in education. This is a qualitative descriptive field research that produces data from teachers and students and is collected through observation, interview and documentation. The results indicate: 1) Using the the Al-ʿArabiyyah Baina Yadaik dictionary in education is easier than using any other dictionary. 2) The use of the Al-ʿArabiyyah Baina Yadaik dictionary makes learning Arabic more effective. 3) The lack of existing dictionaries poses problems. Students therefore use the dictionary collectively so that each member of the group can use the Al-ʿArabiyyah Baina Yadaik.

* * *

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari penggunakan kamus Al-ʿArabiyyah Baina Yadaik dalam mengajar bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Khair-Cirebon, serta mengidentifikasi masalah dan cara mengatasinya dalam pembelaaran. Ini adalah penelitian lapangan deskriptif kualitatif yang datanya bersumber dari guru dan siswa yang dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) Penggunakan kamus Al-ʿArabiyyah Baina Yadaik dalam pembelajaran lebih mudah daripada menggunakan kamus lain. 2) Penggunakan kamus Al-ʿArabiyyah Baina Yadaik membuat pembelajaran bahasa Arab lebih efektif. 3) Kurangnya kamus yang ada menimbulkan masalah. Oleh karena itu siswa menggunakan kamus secara kolektif sehingga setiap anggota kelompok dapat menggunakan kamus Al-ʿArabiyyah Baina Yadaik.

 

Keywords: arabic language; teaching; the Al-ʿArabiyyah Baina Yadaik dictionary

  1. Anshor, Ahmad Muhtadi. Pengajaran Bahasa Arab Dan Metode-Metodenya. Yogyakarta: Teras, 2009.
  2. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
  3. Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
  4. Azizi, Moh. Sofwan Zauri. “Kamus Bahasa Arab Online Sebagai Sumber Pembelajaran Bahasa Arab.” UIN SUnan Kalijaga, 2016.
  5. Besse Wahida. “Kamus Bahasa Arab Sebagai Sumber Belajar (Kajian Terhadap Penggunaan Kamus Cetak Dan Kamus Digital).” At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam 2, no. 1 (2017).
  6. Bisri, Muhammad. Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki PRESS, 2012.
  7. Dahlan, Juwariyah. Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab. Surabaya: Al-Iklas, 2009.
  8. Effendi, Ahmad Fuad. Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2009.
  9. Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
  10. Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
  11. Hidayatullah, Syarif. Cakrawala Linguistik Arab. Jakarta: Alkitabah, 2012.
  12. Keraf, Gorys. Diksi Dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
  13. Kurniati, Nia. Kompetensi Berbahasa Arab. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdikbud, 2008.
  14. Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001.
  15. Soeparno. Dasar-Dasar Linguistik Umum. Yogyakarta: PT Tiara Kencana, 2012.
  16. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2012.
  17. Suryana, Agus. Panduan Praktis Mengelola Pelatihan. Jakarta: Edsa Mahkota, 2006.
  18. Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
  19. Wahab, Muhbib Abdul. “Bahasa Arab-Kamus-Studi- Dan Pengajaran.” Jurnal Mimbar Ilmiah Universitas Islam Jakarta, 2009.
  20. توفيق الرحمن. دراسة معجمية نشأتها ونظرياتها ومدارسها. مالانج: الانتاج, 2009.
  21. جقمقجي, جودت. المعاجم اللغوية. رياض: جامعة الملك سعود, 2013.
  22. هريدي, على أحمد مدكور وإيمان أحمد. تعليم اللغة العربية لغير النطقين بها: النظرية والتطبيق. القاهرة: دار الفكر العربي, 2017.

Open Access Copyright (c) 2021 Alsina : Journal of Arabic Studies
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alsina: Journal of Arabic Studies
Arabic Department, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan
UIN Walisongo, Semarang, Indonesia
Jl. Prof. Dr. Hamka, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, 50185
Central Java, Indonesia
Email: alsina@walisongo.ac.id

apps