UIN Walisongo Semarang - Indonesia
POTENSI DAN SELF SATISFACTION PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN PEMBERDAYAAN EKONOMI ISLAM KREATIF (Studi Kasus Pesisir Nelayan Desa Kragan Rembang Tahun 2018)
The purpose of this research is to know the potential and self satisfaction womans in empowerment of creative economy with science and tecnologi and self satisfaction of Islamic economic perspective in fisherman of Kragan village. Rembang. Interview approach, documentation, observation and literature searching are use in order to collect data. Analyzing the researchers to be scientific then by reflective thinking by pacing between the method of deduction and induction. The results of this study is to know the various potensis business that is very varied or creative by the womans of fishermen village Kragan Kab. Rembang. In addition to knowing self-satisfaction means the womans of fishermen in carrying out their creative economic activities in addition to beneficial for himself also useful for his family. Potential women fishermen need local government support to develop the creative potential of women fishermen, for example by using village funds budgeted by the central government. This potential can produce various kinds of creative processed fish such as crispy with various flavors, fish chips with various types of fish and crackers. Satisfaction experienced by the womans of fishermen is the sustenance and enjoyment given by Allah SWT who need to be grateful.
==============================================
Tujuan penulisan ini untuk mengetahui potensi perempuan dalam mengembangkan pemberdayaan ekonomi kreatif dan upaya pendekatannya sudah bersifat modern ataukah masih manual atau tradisional. Pemberdayaan ekonomi dan self satisfaction yang dilihat dari kaca mata Islam di pesisir nelayan desa Kragan kab. Rembang menghasilkan kemanfaatan atau kemaslahatan baik diri sendiri maupun maslahatan untuk masyarakat yang lebih luas. Metode penulisan ini menggunakan cara wawancara, dokumentasi, observasi dan penelusuruan literatur kepustakaan digunakan dalam rangka untuk mengumpulkan data. Penganalisaan yang dilakukan peneliti agar ilmiah maka dengan kritis dan kreatif dilakukan mondar-mandir antara metode yang melalui kesimpulan yang logis dan dengan metode pengumpulan data kemudian dievaluasi untuk menyimpulkan. Penelitian ini mengetahui berbagai potensi bisnis bervariasi atau kreatif perempuan nelayan desa Kragan kab. Rembang. Self satisfaction nelayan dalam aktifitas ekonomi bermanfaat bagi dirinya juga bermanfaat bagi keluarganya. Potensi perempuan nelayan perlu dukungan pemerintah setempat guna mengembangkan potensi kreatifitasnya perempuan nelayan, misalnya dengan pemanfaatan dana desa yang dianggarkan pemerintah pusat. Kepuasan yang dialami perempuan-perempuan nelayan merupakan rezeki dan kenikmatan yang diberikan Allah swt perlu disukuri sebagai kwajiban perempuan untuk membantu suaminya merupakan kwajiban istri bukan merupakan beban.
Keywords: Creatif Muslim Economics; Potency; Self Satisfaction
- Ahmad, Zainal Abidin,1979,Dasar-Dasar Ekonomi Islam, Jakarta, Bulan Bintang
- Chapra,Umer,2000,Islam dan Pembangunan Ekonomi,Jakarta, Gema Insani.
- Hadi,Sutrisno,1977, Metodologi Research Jilid l,Yogyakarta, Fakultas Psikologi UGM.
- ___________,Metodologi Research,jilid Il, 1983, Yogyakarta,Fakultas psikologi UGM.
- Karim, Adiwarman A., 2001,Ekonomi Islam Suatu Kajian Kontemporer,Jakarta, Gema Insani
- Lantip, Susilowati, 2013, Bisnis Kewirausahaan, Yogyakarta, Sukses Offset
- Leonardus, Saiman,2014,Kewirausahaan Teori,Praktek dan Kasus-Kasus, Jakarta, Selemba Emapat
- Muyassarah, 2016, “Nilai Budaya walimah perkawinan Dalam Pemberdayaan Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Kelurahan Gondoriyo, Ngaliyan, Semarang,” Inferensi, Volume 10. 225-239
- Nasution,Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eklusif Ekonomi Islam,Jakarta,Fajar Ofset
- Naqwi,Syed Nawab Haider,2003,Menggagas Ilmu Ekonomi Islam,Yogyakarta, Pustaka Pelajar
- Nurudin dan Muyassarah,2017, Menilik Perempuan sebagai Social climber Dalam Pandangan Ekonomi Islam, Jurnal Sawwa, Vol.12. 539-558.
- Rozalinda, 2015, Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya Pada Aktivitas Ekonomi,Jakarta, RajaGrafindo Persada
- Suryana, 2013, Ekonomi Kreatif Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang, Jakarta, Salemba Empat
- Suprayitno, Eko, 2004, Ekonomi Islam, Yogyakarta,Graha Ilmu
- Sari, Elsi Kartika,2005, Hukum dalam Ekonomi, Jakarta, Grasindo
- Pusat Pengkajian dan pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) UII Yoyakarta, 2008, Ekonomi
- Islam, Jakarta, RajaGrafindo Persada
- Vredenbregt,Jacob,1981,Metode dan Tehnik Penelitian Masyarakat, Jakarta, Gramedia
- Walgito,Bimo,1980,Bimbingan dan Penyuluhan Sekolah, Yogyakarta, Fakultas Psikologi UGM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.