PENANAMAN BUDAYA DAMAI VIA PENDIDIKAN

Authors

  • Yan Vita SDN Tegalombo 1 Kalijambe Sragen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/dms.2014.141.389

Keywords:

budaya damai, pendidikan, karakter

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendiskusikan proyek penanaman budaya damai
lewat pendidikan. Pentingnya disksui ini berangkat dari pandangan bahwa
pendidikan merupakan pilar utama bagi transforrnasi nilai-nilai dan pembentukan karakter. Demikian juga nilai-nilai dan kebudayaan damai serta pribadi yang berkarakter mencintai dan berperilaku damai semestinya bisa dibentuk lewat pendidikan. Namun demikian pada kenyataannya pendidikan seringkali memiliki hubungan tarik menarik dengan lingkungan soaial, politk, ekonomi dam keagamaan. Kekerasan yang ada dalam lingkungan\-lingkungan tersebut juga akan sangat berpengaruh dengan proses pendidikan. Dalam konteks semacam itu maka tidak menutup kemungkinan pendidikan juga menjadi salah satu penyangga budaya kekerasan. Proses pendidikan yang seharusnya menjadi pilar bagi syi’ar perdamaianpun bisa sebaliknya menjadi pilar syi’ar kebencian. Dari sinilah urgensi penanaman budaya damai via pendidikan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Irwan. 2008. Agama, Pendidikan Islam dan Tanggungjawab

Sosial Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barnaby, F., (ed), 1989, The Gaia Peace Atlas, New York Doubleday.

Begley, P.T. (ed.). 1999, Values and Educational Leadership. Albani: State University of New York.

Barash, D, 1999, Historical View of Peace, dalam World Encyclopedia of

Peace, New York, Oceana Press

Capra, F, 1982, The Turning Point, Toronto, Bantam Books.

Cheng, S dan Kurtz, 1989, Third World Voice Defining Peace, Peace Review,

Dobrosielski, 1987, On The Preparation of Societies of life in Peace, Buletin of Peace Proposal, 18(3), hal. 240

Dobrosielski, 1987, The Scope and Priorities in Peace Research, UNESCO, Yearbook on Peace and Conflict Studies, Westsport, Connecticut, Greenwood Press.

Galtung, J., 1995, “Violence, Peace and Peace Research”, dalam M. Salla (ed), Essays on Peace, Brisbane, University of Queensland Press.

Haedari, Amin, dkk. 2004. Masa Depan Pesantren dalam Tantangan

Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global, Jakarta: IRD Press.

Hick, D.,1987, Education for Peace, Principles into Practice, Cambridge,

Journal of Education.

Madjid, Nurcholis, 1997. Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan,

Jakarta: Paramadina.

Mastuhu, 1994. Dinamika Sistem Pesantren, Jakarta: INIS

Mas'ud, Abdurrahman, 2004. Intelektual Pesantren: Perhelatan Agama dan Tradisi, Yogyakarta: LkiS.

Mas’ud, Abdurrahman., dalam Nuhrison, ed. 2010, Peranan Pesantren

Dalam Mengembangkan Budaya Damai, Jakarta, Puslitbang Diklat

Kemenag RI.

Mische, 1987, The Earth as Peace Teacher, Manila, International Institute on Peace Education Navarro, Loreta., Castro,

Jasmin, Nario, Galace, 2010, Peace Education; A Pathway to A Culture of Peace, Quezon City, Philipina, Canter for Peace Education Miriam College.

Soelaiman, M. Munandar, 1998. Dinamika Masyarakat Transisi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Wahid, Marzuki, dkk.(peny). Pesantren Masa Depan Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren, Jakarta: Pustaka Hidayah.

Downloads

Published

2016-03-07

Issue

Section

Articles