PELATIHAN PEMBUATAN ALAT-ALAT PRAKTIKUM IPA FISIKA BAGI GURU IPA SMP/MTs SWASTA SEKECAMATAN WINONG KAB PATI
DOI:
https://doi.org/10.21580/dms.2014.141.395Keywords:
workshop, alat-alat praktikum, fisikaAbstract
Salah satu kegiatan untuk pendampiangan ke sekolah/Madrasah adalah dengan
Pendampingan dalam pembelajaran dalam bentuk karya pengabdian dosen.
Dalam pengabdian ini pengabdian yang di maksud adalah pendampingan
kepada guru-guru IPA Fisika SMP/MTs swasta se-Kecamatan tentang
pembuatan alat-alat praktikum IPA Fisika
Bentuk pendampingan tersebut adalah diadakan workshop pembuatan alatalat
praktikum IPA fisika bagi guru IPA SMP/MTs swasta se-kecamatan
winong kab pati dilaksanakan di MTs Nahdlotusy Syubban Sarimulyo Winong
dengan mengundang empat sekolah SMP/MTs swasta di Kec. Winong.
Undanga tersebut dihadiri guru IPA Fisika dari tiga sekolahan yaitu MTs.
Nahdlotusy Syubban Sarimulyo Winong, MTs. Roudlotusy Syubban Tawangrejo
Winog dan SMP PGRI 05 Winong.
Antusiasme peserta tercermin dari banyaknya pertanyaan kepada narasumber
atas berbagai masalah pembelajaran, materi, media dan eksperimen Fisika.
Keingintahuan peserta karena selama ini belum pernah ada workshop, seminar,
ataupun lokakarya yang mengundang guru-guru swasta ini. dan Dan
bahkan semua peserta meminta untuk di adakan kembali pada tahun-tahun
yang akan datang.
Hasil dari workshop ini peserta mempunyai pemahaman baru bagaimana cara
membuat dan pengadaan alat-lat praktikum Fisika dengan biaya yang sangat
terjangkau, manajemen laboratorium dan pengelolaan laboratorium. Serta
penggunaannya pada proses pembelajaran, sebagai media, peraga maupun
untuk keperluan eksperiman.
Downloads
References
A.H. Maslow, 1970, “A Theory of Human Motivation”. Paper dalam
Psychological Review
Gabel, D.L.1994, Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York: Mc Millan Publishing Company
Harms, Virtual and remote labs in Physics education, German Institut for
Research on Distance Education in the University of Tuebingen, 1-6
Kertodirekso, W. et al, 1986, penelitian Kesulitan Belajar Siswa SMAN di
Kodya Bandung dalam bidang Biologi, Bandung, FPMIPA IKIP
Koesmadji. 2004. Teknik Laboratorium. Bandung : FMIPA UPI
Kuhn, Thomas S., 2002, The Structure of Scientific Revolutions: Peran
Paradigma dalam Revolusi Sains, Remaja Rosdakarya, Bandung .
Moh. Amien. 1988. Buku Pedoman Laboratorium dan Petunjuk Praktikum
IPA. Jakarta : Depdikbud
Paulo Freire, 2002, Politik Pendidikan dan Kebudayaan, Kekuasaan dan
Pembebasan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syaiful Bahri Djamarah, 2000, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi
Edukatif, cet. 1, Jakarta Rineka Cipta.
Surahman. 1987. Pengelolaan Laboratorium Biologi. Yogyakarta : FMIPA
IKIP Yogyakarta
Wenty, 2010, Pengembangan Pengajaran Praktik dengan Pre-Lab berbasis Simulation, Laporan penelitian Puslit yang di biayai oleh DIPA 2010
Hadiat (ed.). 1984. Pedoman pengelolaan laboratorium IPA : pegangan
guru. proyek pengadaan buku. depdikbud.
Peraturan menteri pendidikan nasional RI tentang standart tenaga
laboratorium sekolah/ madrasah. no. 26 tahun 2008
Dr.dr. BM.Wara Kushartanti, manajemen laboratorium sebagai sumber
Belajar, staff.uny.ac.id/sites/default/.../MANAJEMEN%20LABORATORIUM.pdf
diakses tanggal 9 September 2013
Merancang Pengelolaan Kegiatan Laboratorium Ipa Di Sekolah,
kimia.unnes.ac.id/manlab/kegiatan-lab.pdf diakses tanggal 9 september 2013
Drs. Suyitno Al. MS, tata letak alat laboratorium ipa, staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/.../tata-letak-alat-lab.pdf diakses tanggal 9 september 2013
Manajemen Laboratorium, makalah pelatihan manajemen laboratorium
ikawcollections.files.wordpress.com/2010/.../manajemen-laboratorium.pdf. diakses tanggal 9 september 2013
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
Licensing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.
_______
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.