PENGUATAN PENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN MELALUI PENDIDIKAN NON FORMAL DI KELURAHAN KEDUNGPANI KECAMATAN MIJEN SEMARANG

Authors

  • Sri Purwaningsih IAIN Walisongo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/dms.2014.141.401

Keywords:

KPD, penguatan pendidikan keagamaan, Madin al-Junnah, participatory, pemberdayaan, murid & masyarakat.

Abstract

KPD kali ini bertujuan untuk penguatan pendidikan dan keagamaan di
kelurahan Kedungpani kecamatan Mijen Semarang. Yang melatarbelakangi
pemilihan lokasi dampingan ini (1)kesadaran orang tua dan masyarakat
terhadap pendidikan keagamaan rendah bahkan tidak ada, (2)pengetahuan
tentang akidah, akhlak dan syariat yang dibutuhkan anak belum dipenuhi oleh
orang tuanya, (3)Kristenisasi di lokasi dampingan sangat memprihatinkan,
dan (4)pelaksana merupakan warga lokasi dampingan, sehingga mempermudah
melakukan pendampingan secara intensif dan berkelanjutan dengan
pendekatan pemberdayaan. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di
samping untuk anak dan remaja, juga untuk orang tua maupun masyarakat.
Karena diharapkan kesadaran orang tua dan masyarakat meningkat, sehingga
dapat bekerjasama di lokasi dampingan. Di samping itu juga menggunakan
pendekatan participatory. Orang tua dan masyarakat serta murid Madin Al-
Junnah bukan obyek, namun subyek dampingan, yaitu dengan menghargai
peran serta orang tua dan masyarakat. Dengan pendekatan pemberdayaan dan
participatory ini, terbukti sangat mendukung keberhasilan penguatan
pendidikan keagamaan di lokasi dampingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Baqi, Muhammad Fuad Abd. Al Lu’ Lu’ wa Al Marjan, Kairo: Dar al

Hadits, cet. 3 1997.

al Din, Muhyi. Riyadz al Shalihin, Indonesia: Ihya al Kutub al Arabiyah, tt.

Comstock, Donald E. A Method For Critial Research, terj. Metode Penelitian Kritis, Washington State University, 1980.

Chafidh, M. Afnan dan A Ma’ruf Asrori. Tradisi Islami; Panduan Prosesi

Kelahiran-Perkawinan-Kematian, Surabaya, Khalista, 2006.

Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM; Pembelajaran Aktif, Inovativ, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Semarang: Rasail, cet. 6, 2011.

Olson, Ken. Can You Wait Till Friday? The Psychology of Hope, terj. Psikologi Harapan: Bangkit dari Keputusasaan Meraih Kesuksesan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, cet. 1, 2005.

Petri, Herbert L. Motivation: Theori and Research, Amerika: Indira, 1981.

Sapuri, Rafy. Psikologi Islam: Tuntunan Jiwa Manusia Modern, Jakarta:

RajaGrafindo Persada, 2009.

Wilcox, Lynn. Criticism of Islam Psychology, terj. Personality Psychotherapy: Perbandingan dan Praktik Bimbingan dan Konseling, Yogyakarta: IRCiSod, cet.1, t.t.

Downloads

Published

2016-03-07

Issue

Section

Articles