POLA STRATEGI DAKWAH KOMUNITAS HABAIB DI KAMPUNG MELAYU SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.21580/dms.2014.141.403Keywords:
pola strategi, dakwah, habaib, kampung melayuAbstract
Dakwah merupakan bagian integral dari ajaran Islam yang wajib dilaksanakan
oleh setiap muslim. Kewajiban ini tercermin dari konsep amar ma’ruf dan nahi
munkar, yakni perintah untuk mengajak masyarakat melakukan perilaku positif-
konstruktif sekaligus mengajak mereka untuk meninggalkan dan menjauhkan
diri dari perilaku negatif-destruktif. Dalam melaksanakan kegiatan dakwah
sekelompok aktivis dakwah haruslah menggunakan pola strategi dakwah yang
sesuai dengan latar belakang dan kondisi sosiologi maupun psikologi mad’u.
Menurut K. Andrew dikutip Mudrajat Kuncoro mengatakan bahwa strategi
adalah pola sasaran, tujuan, dan kebijakan umum untuk meraih tujuan yang
telah ditetapkan (Kuncoro, 2005: 1). Tradisis lisan di Kalangan Kaum Habib
di Kampung Melayu Semarang merupakan sebuah tradisi turun-menurun
yang biasa tumbuh dan berkembang di kalangan pondok pesantren atau
masyarakat nahdiyin yang ada di Indonesia. Tradisi yang mereka lakukan
secara turun menurun sangat mendapatkan dukungan dari masyarakat
Kampung Melayu Semarang dan keberadaannyapun sangat berarti bagi
mereka. Aktivitas inilah yang dijadikan pola strategi dakwah di Kalangan
Kaum Habib dengan pendekatan adaptif.
Downloads
References
Abdullah, Muhammad., 1995, Puji-pujian: Sebuah Tradisi Lisan dalam
Sastra Pesantren, Warta ATL edisi perdana.
Adams, Lewis Mulford., 1965, Webster’s World University Dictionary,
Washington DC: Publisher Company Inc.
Al-Ghazali, Muhammad., 1979, Ma’a Allāh Dirasat fī al-Da’wah wa al-
Du’ah, Kairo: Mathba’ah Hassan.
Ahmad, Amrullah., 1983, Dakwah Islam dan Perubahan Sosial, Yogyakarta: PLP2M.
Al-Khauly, Al-Bahy., 1987, Tadzkirāt al-Du’āt, Kairo: Maktabah Dār al-
Turas.
Al-Qahthani, Said Ibnu Ali., 1318 H, Al-Hikmah fī Ad-Da’wah ila Allāh
Ta’āla, Riyadh: Al-Jāmi’ah Ibnu Sa’ud al-Islāmiyah.
Arsyad, Azhar., 2003, Pokok-Pokok Manajemen, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asmuni Syukir., 1998, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, Surabaya: Al-Ikhlas.
Azizy, Qodri., 2003, Dakwah Islam di Tengah-tengah Pluralitas Bangsa,
Jurnal Ilmu Dakwah Vol. 23 , No. 1 Januari.
Basuki, Anhari., 1988. Salah Satu Sisi dalam Sastra Pesantren, Widya Parwa No. 32.
Ecep Aripudin., 2012, Dakwah Antarbudaya, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kuncoro, Mudrajad., 2005, Strategi (Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif), Jakarta: Erlangga.
Onong Uchjana Efendi., 1993, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: Citra Aditya Bakti.
Pimay, Awaludin., 2005, Paradigma Dakwah Humanis: Strategi dan
Metode Dakwah Prof. KH. Saifuddin Zuhri, Semarang: Rasail.
Siany L, Atiek Catur B., 2009, Khazanah Antropologi 1, Penerbit: Pusat
Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.
Syukir, Asmuni., 1983, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, Surabaya: CV. Al-Ikhlas.
Thohir, Mujahirin, 2006, Orang Islam Jawa Pesisir, Semarang: Puslit Sosbud Undip.
Arnold, Thomas W., 1995, The Preaching of Islam, A History of the Propagation of the Muslim Faith, Delhi: Low Price Publication.
Mozakka, Makalah dipresentasikan dalam Seminar Internasional Tradisi
Lisan Nusantara IV dan Festival Pesisir di Hotel Patra Jasa Semarang 2-
Oktober 2003.
Wawasan, 2 Oktober 1999, Menara Suar, Saksi Bisu Kota Semarang).
http://melayusemarang. Blogspot. com/ Ansyah Girindra wardani diundu
/ 7/ 2014.
Observasi Mei s/d Juni 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
Licensing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.
_______
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.