GAME EDUKASI HURUF HIJAIYAH USIA TAMAN KANAK-KANAK UNTUK PROGRAM KERJA KARANG TARUNA PERUMAHAN KALIWUNGU INDAH DESA PROTOMULYO KENDAL

Authors

  • Maya Rini Handayani IAIN Walisongo Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/dms.2013.132.46

Keywords:

education game, aplication of hijaiyah letters, software engineering

Abstract

Program Karya Pengabdian Dosen (KPD) ini dimaksudkan untuk mengembangkan keahlian dosen IAIN Walisongo dalam membantu mencerdaskan masyarakat diluar lingkungan civitas academica IAIN Walisongo Semarang. Game Edukasi Huruf Hijaiyah merupakan kegiatan KPD yang diperuntukkan bagi anak-anak TK di RT 9 RW 10 desa Protomulyo Kendal. Mengingat di karang taruna tersebut mempunyai salah satu kegiatan yaitu memberikan pembelajaran baca tulis huruf Hijaiyah secara gratis pada anak-anak TK. Namun kegiatan tersebut mempunyai beberapa kendala seperti masih menggunakan teknik konvensional, kurangnya buku Iqro dan mengatasi kebosanan anak TK dalam belajar.

Hasil akhir/output dari kegiatan KPD ini adalah terciptanya sebuah aplikasi (software game edukasi) pembelajaran huruf Hijaiyah yang animatif, interaktif dan imaginatif untuk anak TK sehingga dalam proses belajar mereka tidak mudah lelah dan bosan dan merubah teknik mengajar remaja karang taruna, bahwa mengajar tidak harus bersifat konvensional namun dapat juga disisipi dengan permainan serta memanfaatkan media teknologi modern seperti laptop dan media audio visual

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, Definisi dan Simbol Flowchart.pdf, staffsite.gunadarma.ac.id/rama/index.php?stateid=download, diunduh 2 Februari 2013

Anonim, Multimedia, http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia, diakses tanggal 19 Februari 2013

Anonim, Protomulyoo, http://id.wikipedia.org/wiki/Protomulyo,_Kaliwungu_Selatan,_Kendal, diakses tanggal 20 Februari 2013

Anonim, Pedoman Alih Aksara Arab ke Latin, http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Pedoman_alih_aksara_Arab_ke_Latin, diakses 18 September 2013

Anonim, Apa Macromedia Flash dan Sejarah Flash Itu, http://ilmuti.com/2011/10/18/apa-macromedia-flash-dan-sejarah-flash-itu, diakses 2 Juni 2013

Anonim, Waterfall Model, http://en.wikipedia.org/wiki/Waterfall_model, diakses 2 Juni 2013

Chandra, Beranimasi Ria dengan Flash MX, Maxikom, Palembang, 2003

Elsaid, Fairuz ,Analisis Sistem Informasi – Pedoman Membuat Flowchart,http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/01/13/analisis-sistem-informasi-pedoman-membuat-flowchart/#more-1532, diunduh 2 Agustus 2013

Fairuz, Analisis Sistem Informasi Pedoman Membuat Flowchart, http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/01/13/analisis-sistem-informasi-pedoman-membuat-flowchart/#more-1532, diakses 18 September 2013

Fanani, Ahmad Zainul, Membuat Presentasi Multimedia Mengunakan Macromedia Flash Pro 8, Gramedia, Jakarta, 2007

Ilmu TI dot com, Apa Macromedia Flash dan Sejarah Flash Itu, http://ilmuti.com/2011/10/18/apa-macromedia-flash-dan-sejarah-flash-itu/, diunduh 2 Juni 2013

Kamus online, Definisi Transliterasi, http://www.artikata.com/arti-355022-transliterasi.html, diakses 18 September 2013

Kementrian Agama dan Republik Indonesia, Peraturan dan Perundangan, http://lajnah.kemenag.go.id/profil/peraturan-dan-perundangan.html, diunduh 18 September 2013

Maula (Masyarakat Universal Lintas Agama) Blog, Makna Huruf Hijaiyah, http://maulanusantara.wordpress.com/2010/05/05/makna-huruf-hijaiyah/, diunduh 5 Juni 2013

Wijaya, Didik, Tip & Trik Macromedia Flash 5.0 dengan ActionScript, Elex Media, Jakarta, 2002

Wikimap, http://wikimapia.org/5787092/id/Perum-Kaliwungu-indah, diakses tanggal 20 Juni 2013

Downloads

Published

2016-02-17

Issue

Section

Articles