GAME EDUKASI HURUF HIJAIYAH USIA TAMAN KANAK-KANAK UNTUK PROGRAM KERJA KARANG TARUNA PERUMAHAN KALIWUNGU INDAH DESA PROTOMULYO KENDAL
DOI:
https://doi.org/10.21580/dms.2013.132.46Keywords:
education game, aplication of hijaiyah letters, software engineeringAbstract
Program Karya Pengabdian Dosen (KPD) ini dimaksudkan untuk mengembangkan keahlian dosen IAIN Walisongo dalam membantu mencerdaskan masyarakat diluar lingkungan civitas academica IAIN Walisongo Semarang. Game Edukasi Huruf Hijaiyah merupakan kegiatan KPD yang diperuntukkan bagi anak-anak TK di RT 9 RW 10 desa Protomulyo Kendal. Mengingat di karang taruna tersebut mempunyai salah satu kegiatan yaitu memberikan pembelajaran baca tulis huruf Hijaiyah secara gratis pada anak-anak TK. Namun kegiatan tersebut mempunyai beberapa kendala seperti masih menggunakan teknik konvensional, kurangnya buku Iqro dan mengatasi kebosanan anak TK dalam belajar.
Hasil akhir/output dari kegiatan KPD ini adalah terciptanya sebuah aplikasi (software game edukasi) pembelajaran huruf Hijaiyah yang animatif, interaktif dan imaginatif untuk anak TK sehingga dalam proses belajar mereka tidak mudah lelah dan bosan dan merubah teknik mengajar remaja karang taruna, bahwa mengajar tidak harus bersifat konvensional namun dapat juga disisipi dengan permainan serta memanfaatkan media teknologi modern seperti laptop dan media audio visual
Downloads
References
Anonim, Definisi dan Simbol Flowchart.pdf, staffsite.gunadarma.ac.id/rama/index.php?stateid=download, diunduh 2 Februari 2013
Anonim, Multimedia, http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia, diakses tanggal 19 Februari 2013
Anonim, Protomulyoo, http://id.wikipedia.org/wiki/Protomulyo,_Kaliwungu_Selatan,_Kendal, diakses tanggal 20 Februari 2013
Anonim, Pedoman Alih Aksara Arab ke Latin, http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Pedoman_alih_aksara_Arab_ke_Latin, diakses 18 September 2013
Anonim, Apa Macromedia Flash dan Sejarah Flash Itu, http://ilmuti.com/2011/10/18/apa-macromedia-flash-dan-sejarah-flash-itu, diakses 2 Juni 2013
Anonim, Waterfall Model, http://en.wikipedia.org/wiki/Waterfall_model, diakses 2 Juni 2013
Chandra, Beranimasi Ria dengan Flash MX, Maxikom, Palembang, 2003
Elsaid, Fairuz ,Analisis Sistem Informasi – Pedoman Membuat Flowchart,http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/01/13/analisis-sistem-informasi-pedoman-membuat-flowchart/#more-1532, diunduh 2 Agustus 2013
Fairuz, Analisis Sistem Informasi Pedoman Membuat Flowchart, http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/01/13/analisis-sistem-informasi-pedoman-membuat-flowchart/#more-1532, diakses 18 September 2013
Fanani, Ahmad Zainul, Membuat Presentasi Multimedia Mengunakan Macromedia Flash Pro 8, Gramedia, Jakarta, 2007
Ilmu TI dot com, Apa Macromedia Flash dan Sejarah Flash Itu, http://ilmuti.com/2011/10/18/apa-macromedia-flash-dan-sejarah-flash-itu/, diunduh 2 Juni 2013
Kamus online, Definisi Transliterasi, http://www.artikata.com/arti-355022-transliterasi.html, diakses 18 September 2013
Kementrian Agama dan Republik Indonesia, Peraturan dan Perundangan, http://lajnah.kemenag.go.id/profil/peraturan-dan-perundangan.html, diunduh 18 September 2013
Maula (Masyarakat Universal Lintas Agama) Blog, Makna Huruf Hijaiyah, http://maulanusantara.wordpress.com/2010/05/05/makna-huruf-hijaiyah/, diunduh 5 Juni 2013
Wijaya, Didik, Tip & Trik Macromedia Flash 5.0 dengan ActionScript, Elex Media, Jakarta, 2002
Wikimap, http://wikimapia.org/5787092/id/Perum-Kaliwungu-indah, diakses tanggal 20 Juni 2013
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
Licensing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.
_______
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.