PEMBERDAYAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) ALHUSNA PASADENA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.21580/dms.2013.132.60Keywords:
pemberdayaan, TPQ, anakAbstract
Salah satu lembaga informal di bidang pendidikan agama yang marak di masyarakat adalah Taman Pendidikan al-Quran. Meskipun sudah banyak TPQ yang sukses dengan jumlah murid yang banyak dan administrasi yang bagus, namun juga masih banyak TPQ yang mengalami kembang-kempis apalagi di tengah perkotaan dan masyarakat ekonomi menengah ke atas, salah satunya adalah TPQ al-Husna di Pasadena Semarang. TPQ ini berada di perumahan menengah ke atas, namun karena kesadaran para orang tua untuk mendidik anak pandai mengaji sangatlah kurang.
Pendampingan yang dilakukan di TPQ al-Husna adalah dengan bersama-sama mengadakan analisa situasi dengan menggunakan analisis SWOT, kemudian melakukan pendampingan untuk penataan administrasi TPQ sekaligus melakukan pendekatan terhadap para orang tua anak-anak di wilayah Pasadena.Downloads
References
Abdurrahman an-Nahlawi, Prinsip dan Metode Penelitian Islam, (Bandung: Diponegoro, 1989).
Armai Arif, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2002).
B.Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997).
Direktur Jenderal Bimbingan Agama Islam, Metode-metode Membaca Al-Qur’an di Sekolah Umum, (Jakarta: Depag RI, 1998).
Donald D. Hammil dan Nettie R. Bartel, Teaching Children with Learning and Behavior Problem, (Masschusetts: Allyn and Bacon, Inc, 1978).
Dr.Dawud al-Aththar, Perspektif Baru Ilmu Al-Qur’an, (Bandung: Pustaka Hidayah, 1994).
Endang Poerwanti dan Nur Widodo, Perkembangan Peserta Didik, (Malang:Univesrsitas Muhammadiyah Malang Pers, 2002).
Hasanudin, AF, Perbedaan Qira’at dan Pengaruhnya terhadap Istinbath Hukum dalam Al-Qur’an, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995).
Imam Murjito, Pedoman Metode Praktis Pengajaran Ilmu Al-Qur’an Qiroati,(Semarang: Raudhatul Mujawwidin, t.th.).
Imam Murjito, Pengantar Metode Qiroati, (Semarang: Raudhatul Mujawwidin, t.th).
Rusdarti. (2010). Potensi ekonomi daerah dalam pengembangan UKM unggulan di Kabupaten Semarang, Jurnal JEJAK, Vol. 3(2).
Said Agil Husin al-Munawwar, Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002).
Saiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000).
Sudarso, System Membaca Cepat Dan Efektif, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993).
Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001).
Suharsimi Arikunto, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005), Cet. 7.
Syaiful sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar, (Bandung: CV. Alfabeta, 2006).
Wayan Nurkancana, Evaluasi pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1986).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2007).
Yusuf Qardhawi, Berinteraksi Dengan Al-Qur’an, (Jakarta: Gema Insani Press, 2000).
http;//nuhamaarif.blogspot.com/2007/08/metode-cepat-membaca-kitab.html.
Downloads
Issue
Section
License
Copyright
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
Licensing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.
_______
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.