Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Konten Edukasi Islami Untuk Masyarakat Semarang

Siti Rohma*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Mokh. Sya’roni  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Solkhah Mufrihah  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Ahmad Tajuddin Arafat  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

The increasing use of social media (Sosmed) in Indonesia is the reason Sosmed is used as tool in marketing products and content created by institutions/agencies. A lot of research that examines media marketing through social media. The results of these studies are, it can be proven that social media is effective enough to be used as a medium in marketing products. This research uses a qualitative method with a descriptive approach. The results showed that during this pandemic, it is hoped that social media can disseminate product/content and serve as the right media to market Islamic education to the wider community, especially in the Semarang and surrounding areas.

 

Meningkatnya penggunaan media Sosial (Medsos) di Indonesia menjadi alasan Medsos dijadikan sebagai alat dalam memasarkan produk maupun konten yang dibuat oleh lembaga/Instansi. Banyak peneliti yang mengkaji tentang pemasaran melalui media sosial (Social Media Marketing). Dari hasil penelitian tersebut dapat dibuktikan bahwa, Medsos cukup efektif untuk digunakan sebagai media dalam memasarkan produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan di masa pandemi ini, Medsos dapat menyebarluaskan produk/konten dan sebagai media yang tepat untuk memasarkan konten edukasi islami kepada masyarakat luas khususnya wilayah Semarang dan sekitarnya.

Keywords: Media Sosial; Media Pemasaran; Masyarakat Semarang

  1. Arum Wahyuni Purbohastuti. 2017. “Dosen Di Unversitas Sultan Ageng Trtayasa.” Efektivtas Mediia Sosiial Sebagai Media Promod 2.
  2. Edi Suryadi, M. Hidayat Ginanjar, M. Priyatna. 2018. “Dosen Prodi MPI STAI.” Penggunaan Media WhatsApp Dan Pengaruh Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI 7.
  3. Freddy, Rengkuti. 2010. Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Integrated. Jakarta: Gramedia Pustaka.
  4. Ilham, Prisgunanto. 2006. Komunikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
  5. Ita Suryani. 2016. “Dosen Akadem Komunikasi Bina Sarana Informatika, Jakarta.” Pemanfaatan Media Sosial Sebaga Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Meendukung ASEAN Comunity 2015 8.
  6. Kaplan, and Haenlin. 2010. Media Sosial Mendunia. Jakarta.
  7. Kotler Philip. 2001. “Prestce Hall New Jerset.” Marjeting Management, Analsis Plannng, Implementation and Comunication.
  8. Leviane Jackelin Lotulung. 2019. “Dosen Ilmu Komunkasi.” Literasi Media Sosial Bagi Ibu-Ibu PKK Di Kecamatan Sario Kota Manado 5:23.
  9. Mukhlis, Deni Zaini, Dosen Sekolah, Pasca Sarjana, Universitas Ibn, Khaldun Bogor, Mahasiswa Sekolah, Pasca Sarjana, Universitas Ibn, and Khaldun Bogor. 2019. “Media Sosial Dan Pengaruhnya … Media Sosial Dan Pengaruhnya ….” 08(02):397–416.
  10. Rita Wahyuni Arifn. 2015. “Mahasiswa Menejemen Nformatika STMK Bina Insani.” Peran Facebook Sebagai Meda Promos 2:126.
  11. Suryanti Indah. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Sebaga Meedi Pemasaran Edukasi Ana Usia Dni.” Komuniikasi 9.
  12. Wanesa. 2013. Dosen Teknik Nformatika. Surabaya: Erlangga Surabaya.

Open Access Copyright (c) 2020 Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan

Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan
Institute for Research and Community Services (LP2M)
UIN Walisongo, Semarang, Indonesia
Jl. Walisongo No 3-5 Semarang 50185
Central Java, Indonesia
Website: https://lp2m.walisongo.ac.id/
Email: dimas@walisongo.ac.id

ISSN: 1411-9188 (Print)
ISSN: 2502-9428 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps