PENDAMPINGAN KELOMPOK PEREMPUAN DI DESA SEKITAR HUTAN MELALUI OPTIMALISASI PENGELOLAAN SINGKONG DAN KENTANG JOWO DI DUSUN GLANDANG KEDUNGSUREN KENDAL

Saerozi Saerozi*  -  UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author
Salah satu upaya yang perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Kedungsuren salah satu Desa di pinggiran hutan KPH Kendal adalah pendampingan kelompok perempuan di Desa sekitar hutan melalui optimalisasi pengelolaan singkong dan kentang Jowo. Pendampingan dalam kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: (1) membentuk organisasi/ kelompok perempuan/ kelompok usaha di bidang pembuatan roti, qtela singkong, dan krupuk rendeng, (2) memberikan pelatihan pembuatan: Krupuk Walisongo (krupuk rendeng), Quitela Singkong, Roti Kentang ireng, (3) mengadakan atau menggiatkan produksi dan sekaligus pemasarannya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah metode ceramah dan praktik. Kegiatan ini telah berhasil: (1) membentuk kelompok perempuan/ kelompok usaha dengan nama “Berkah Sari” dan telah mendapat sertifikat pangan industri rumah tangga dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, dengan nomor: P-IRT no. 206332401059418 berlaku selama lima tahun. (2) Telah berhasil memberikan penyuluhan tentang kewirausahaan bagi masyarakat perempuan berupa pembuatan qtela singkong, krupuk rendeng, dan roti kentang ireng, dan upaya pemasarannya. (3) Telah berhasil memberikan pelatihan bagi 25 orang ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok usaha pembuatan roti “Berkah Sari” dalam pembuatan : Krupuk Walisongo (krupuk rendeng), Quitela Singkong, dan Roti Kentang Ireng.

Keywords: Pendampingan, Kelompok Perempuan, Optimalisasi Pengelolaan Singkong dan Kentang Jowo

  1. Adi, Isbandi Rukminto, 2002, Pemikiran-pemikiran dalam Pembangunan Sosial, Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
  2. Ali Aziz, Moh, dan Halim A. Suhartini, (ed), 2005, Dakwah pemberdayaan masyarakat: paradigma aksi metodologi,Yogyakarta: LKiS.
  3. Alfian, Mely. G. Tan dan Selo Soemardjan,1980, Kemiskinan Struktural: Suatu Bunga Rampai, Jakarta: Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial.
  4. Ahmad, Amrullah. 1984. Dakwah Islam Sebagai Ilmu, Sebuah Kajian Epistemologis dan Setruktur keilmuan Dakwah”, makalah disampaikan pada pertemuan Dekan F. Dakwah IAIN se Indonesia di Prapat, Medan tgl. 18-20 Juni.
  5. Alam S. & Hajawa. (2007). Peranan Sumberdaya Hutan Dalam erekonomian dan Dampak Pemungutan Rente Hutan Terhadap Kelestarian Hutan di Kabupaten Gowa. Jurnal Perennial Vol. 3 No 2
  6. Alfian, Mely. G. Tan dan Soemardjan, Selo.1980. Kemiskinan Struktural: Suatu Bunga Rampai. Jakarta: Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial.
  7. Anonim. 2004. Memahami Kemiskinan, Kehutanan Alat dan Analisisnya. Kumpulan Makalah Pelatihan AKP-FKM. Center for Economic and Social Studies (Cess) di dukung oleh Department for International Development – Overseas Development Institute (odi).
  8. Faqih, Mansur, 1994, “Teologi Kaum Tertindas,” dalam Ahmad Suaedy (ed.), 1994, Spiritualitas Baru: Agama dan Aspirasi Rakyat, Jogjakarta: Institut Dian/Interfidei.
  9. Husken, F. 1998. Masyarakat Desa dalam Perubahan Zaman: Sejarah Diferensiasi Sosial di Jawa 1830-1980, Jakarta: PT Grasindo.
  10. Joseph S, Roucek dan Roland L, Warrin. Tt., Pengantar Sosiologi, Diterjemahkan oleh Sahat Simamora, Jakarta: Bina Aksara.
  11. Keesing, Roger M, 1989, Antropologi Budaya: Suatu Perspektif Kontemporer, Jakarta: Erlangga.
  12. Kuncoro, Mudrajad, 2006, Ekonomika Pembangunan; Teori, Masalah, dan Kebijakan, Edisi Keempat, UPP STIM YKPN.
  13. Kusnadi, 2012, Keberdayaan Nelayan dan Ekonomi Pesisir, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  14. Pranarka, A.M.W dan Vidhyandika Moeljarto, 1996, Pemberdayaan Konsep, Kebijakan dan Implementasi, Jakarta: Centre For Strategic and International Studies.
  15. Thoby Mutis, 2008, Pengembangan Koperasi; Kumpulan Karangan, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
  16. http://www.bappenas.go.id/get-file-server/node/5865/
  17. Lewis, Oscar, 1955, LA VIDA (A Puerto Rican Family in the Culture of Poverty- San Juan and New York), New York: Vintage Books, A division Of Random House.
  18. ----------,1959, Kisah Lima Keluarga: telaah-telaah kasus orang Meksiko dalam kebudayaan kemiskinan, diterjemahkan oleh Rochmulyati Hamzah, dari Five Families, Mexica Case Studies in the Culture of Poverty, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1988.
  19. Qardawi, Yusuf, 1995, Kiat Islam Mengentaskan Kemiskinan, diterjemahkan oleh Syafril Halim, dari Musykilat al-Faqr wa Kaifa ‘Alajaha al-Islam, Jakarta: Gema Insani Press.
  20. Rahmad, Jalaluddin, 1999, Rekayasa Sosial; Reformasi atau Revolusi, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  21. Saefuddin, 1989, Strategi Dakwah bil Hal, Jakarta: Media Pratama.
  22. Sanusi, Ahmad, 1999, Agama di Tengah Kemiskinan: Refleksi atas pandangan Islam dan Kristen dalam perspektif kerjasama antar umat beragama, Jakarta: Logos.
  23. Sudarso, 2008, Tekanan Kemiskinan Struktural Komunitas Nelayan Tradisional di Perkotaan, Jurnal Ekonomi FISIP., Surabaya: Universitas Airlangga, diunduh 23 Juli 2012, dari
  24. http://www.journal.ua.ac.id/kemiskinan/struktural/article/view/6747/6534.
  25. Suryawaty, Chriswardani, 2005, Memahami Kemiskinan Secara Multi Dimensional, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Semarang: Undip Press.
  26. Suyanto, B, 1996, Perangkap Kemiskinan, Problem dan Strategi Pengentasannya dalam Pembangunan Desa, Yogyakarta: Aditya Media.
  27. Zada, Khamami, 2006, Da’wah Transformatif : Mengantar da’i sebagai pendamping masyarakat, Jakarta : PP Lakpesdam NU, cet.1, diunduh 10 April 2012, darihttp://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,4-id.

Open Access Copyright (c) 2016 Saerozi Saerozi

Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan
Institute for Research and Community Services (LP2M)
UIN Walisongo, Semarang, Indonesia
Jl. Walisongo No 3-5 Semarang 50185
Central Java, Indonesia
Website: https://lp2m.walisongo.ac.id/
Email: dimas@walisongo.ac.id

ISSN: 1411-9188 (Print)
ISSN: 2502-9428 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps