PENGUATAN KAPASITAS MAHASISWA PEDULI SAMPAH (PENDAMPINGAN MAHASISWA PRODI PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM (PMI) FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN WALISONGO SEMARANG)
DOI:
https://doi.org/10.21580/dms.2015.151.740Keywords:
penguatan kapasitas, mahasiswa, Prodi PMI, peduli, sampahAbstract
Karya Pengabdian Dosen adalah sebuah upaya untuk memperkuat mahasiswa Prodi PMI baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomoriknya berkaitan dengan masalah sampah. Permasalahan yang ingin diselesaikan melalui KPD ini adalah: Pertama, Bagaimana meningkatkan pengetahuan mahasiswa Prodi PMI tentang system pengelolaan sampah di lingkungan kampus? Kedua, Bagaimana menumbuhkan kesadaran atau kepedulian mahasiswa Prodi PMI terhadap permasalahan sampah di lingkungan kampus? Ketiga, Bagaimana menumbuhkan kesadaran mahasiswa secara individual dan kolektif untuk melakukan aksi pengelolaan sampah secara bersama-sama, melaluil embaga yang terlahir dari mereka? Berdasarkan permasalahan dimaksud, pengabd iakan melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kapasistas komunitas mahasiswa Prodi PMI supaya memiliki kepedulian terhadap permasalahan sampah di lingkungan kampus. Selanjutnya mereka akan bergerak melalui aksi nyata, dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang disepakati mereka yang terorganisir secara baik. Pengabdi menggunakans trategi Participatory Rural Appraisal (PRA) secara fleksibel sesuai dengan karakteristik komunitas dampingan. Hasil dari kegiatan ini adalah: Pertama, Usaha untuk meningkatkan kapasistas pengetahuan mahasiswa tentang pengelolaan sampah, dapat dilakukan dengan metode Partisipatory Rural Appraisal (PRA). Kedua, implementasi program peningkatan kapasitas mahasiswa dengan metode PRA, akan terjadi transfer of knowledge, transfer of value, dantransfer of skill. Ketiga, program peningkatan kapasistas mahasiswa peduli sampah, ini juga menghasilkan kelembagaan komunitas yang memungkinkan dapat berfungsi sebagai media untuk menjaga kapasitas yang mereka miliki. Lembaga yang dihasilkan melalui program ini, sebagai jaminan social bahwa program ini dapat terjamin keberlanjutannya pada masa yang akandatang.Downloads
References
Ahmad Faqih, 2014, Pengembangan Budaya Eco Campus pada Civitas Akademika IAIN Walisongo Semarang, Laporan Penelitian
David C Korten, 1987, “Development As Human Enterprise” dalam David C. Korten (ed) Community Management; Asian Experiance and Perspectives, Conecticut: Kumarian Press
Misbah Zulfa Elisabeth, 2014, Pemberdayaan Remaja Putri Melalui Kemitraan Komunitas, Semarang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat IAIN Walisongo
Moh.Ali Azis, dkk., 2005, Dakwah Pemberdayaan Masyarakat Paradigma Aksi Metodologi, Surabaya, Pustaka Pesantren
Malut.litbang.go.id, “Mengenal Partisipatory Rural Appraisal” diakses 19 Pebruari 2015
Nanih Machendrawaty dan Agus Ahmad Safei, 2001, Pengembangan Masyarakat Islam, Bandung: Rosda,
Soetomo, 2013, Pemberdayaan Masyarakat Mungkinkah Muncul Antitesanya?, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Istiqomah, “Pola Perilaku Kebersihan:Studi Psikologi Lingkungan tentang Penanggulangan Sampah Perkotaan”, Jurnal Makara, Sosial Humaniora Vol.13 No.1 Juli 2009
PNPM Mandiri Perkotaan, Modul Khusus Fasilitator Meningkatkan Kapasitas Masyarakat
Tim, 2015, Buku Pedoman Program Dana Bantuan KPD Kompetitif/Individual Kolektif, Semarang, LP2M UIN Walisongo, Wiharyanto, dkk, “Optimalisasi Sistem Pengelolaan Sampah di Lingkungan Kampus UNDIP: Upaya Menuju UNDIP Eco-Campus”, Jurnal Teknik Vo.33 No.2 Tahun 2012
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
Licensing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.
_______
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.