PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL DAN INOVASI GURU DALAM MENGEMBANGKAN VIDEO PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI PEMBUATAN PORTAL “CHANNEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS UNITY OF SCIENCE
DOI:
https://doi.org/10.21580/dms.2015.152.749Keywords:
video pembelajaran sains, online, guru MI/MTs//MA se-Kota SemarangAbstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kompetensi profesional dan inovasi guru-guru madrasah di Kota Semarang dalam menyusun media pembelajaran berupa video yang berbasis unity of science, 2) melatih keterampilan guru-guru madrasah di Kota Semarang dalam mengunggah video di situs berbagi video Youtube, 3) Meningkatkan ketersediaan sumber belajar online bagi para peserta didik berupa Portal” Channel pembelajaran sains” yang berisi berbagai video pembelajaran IPA.Subyek dampingan pengabdian masyarakat ini adalah guru-guru madrasah (MI/MTs/MA) di Kota Semarang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam empat tahap yaitu 1) tahap persiapan, 2)tahap pelatihan, dan 3) tahap evaluasi dan 4) tahap pendampingan. Melalui kegiatan Pelatihan pembuatan Channel pembelajaran sains telah dihasilkan karya peserta pelatihan berupa video pembelajaran yang dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=Ch1Ea2KEMW4&feature=youtu.be dan juga di grup Facebook (FB) : “Pelatihan pembuatan video pembelajaran sains online “FITK UIN Walisongo”. Tindaklanjut dari kegiatan ini yaitu berupa pendampingan yang dilakukan secara online melalui e-mail dan grup Facebook yang telah dibuat dan juga secara offline melalui pendampingan ke sekolah dengan tim ahli.Downloads
References
Fose Luanne. (2015). YouTube Tips. Diakses dari http://mds.calpoly.edu/mds_videoservices/YouTube_Tips_Tutorial_%28ADA%29.pdf pada tanggal 1 Februari 2015.
Moemennasab, Marzieh et al. (2002). The Effect of Video-Based Instruction on Student’s Cognitive Learning [versi elektronik]. Juornal of Medical Education spring 2002, Vol 1, No.3
Newby, J Timothy at all. (2006). Educational Technology for Teaching and Learning. Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.
Ipan.(2012). Pengumuman Hebometrics 2012. Diakses darihttp://ipan.staff.uii.ac.id/2012/02/pengumuman-webometrics-2012-3-februari-2012/ pada tanggal 10 Maret 2012
Dikti.(2009). Sebuah Proses, Bukan Hanya Hasil. Diakses dari http://www.dikti.go.id/index.php option=com_content&view=article&id= 1546:world-class-university-sebuah-proses-bukan-hanya-hasil-akhir&catid=143:berita- harian, pada tanggal 1 Februari 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
Licensing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.
_______
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.