PENGUATAN KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIS BAGI GURU MATEMATIKA SMA/MA/SMK SE KECAMATAN NGALIYAN MELALUI PEMANFAATAN SOFTWARE MAPLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Emy Siswanah*  -  UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan agar dapat memperkuat kompetensi profesional dan pedagogis guru matematika melalui pemanfaatan software MAPLE dalam pembelajaran matematika. Selain itu, dapat membuat siswa tertarik terhadap pelajaran matematika. Subjek dampingan pada kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru matematika SMA/SMK/MA se Kecamatan Ngaliyan. Berdasarkan hasil pelatihan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa guru-guru matematika merasakan manfaat yang nyata dari pemanfaatan software MAPLE. Guru merasa terbantu dengan adanya software MAPLE ini. Selama proses pembelajaran, siswa fokus memperhatikan penjelasan guru. Siswa merasa senang belajar matematika.

Keywords: guru matematika, software MAPLE, kompetensi profesional, kompetensi pedagogis

  1. Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pembelajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT Rineka Cipta. Cet. II.
  2. Heal, K.M., M.L. Hansen dan K.M. Rickard. 1998. Maple V : Learning Guide. Waterloo Maple Inc. Canada.
  3. Mulyasa, E. 2007.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Piet A. Sahertian. 1994. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.
  5. Sagala, Syaiful. 2009. Kemampauan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan.Bandung :Alfabeta.
  6. Zamania, Indah Zakiyah .2008. Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Raudhatul Athfal Al-Ikhlas Sukodadi, Lamongan.Skripsi.Malang : UIN Malang.

Open Access Copyright (c) 2016 Emy Siswanah

Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan
Institute for Research and Community Services (LP2M)
UIN Walisongo, Semarang, Indonesia
Jl. Walisongo No 3-5 Semarang 50185
Central Java, Indonesia
Website: https://lp2m.walisongo.ac.id/
Email: dimas@walisongo.ac.id

ISSN: 1411-9188 (Print)
ISSN: 2502-9428 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps