Peran Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta dalam Mengurangi Masalah Krisis Keagamaan di Masyarakat Pelosok

Aang Asari*  -  UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Charismanto Charismanto  -  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini berfokus pada salah satu kegiatan pengabdian yang telah terprogram setiap tahunnya di pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Sasaran Pengabdian ini dikonsentrasikan pada daerah terpelosok yang dirasa masih membutuhkan pengembangan dan pemberdayaan. Khususnya mengenai pemahaman keagamaan masyarakat yang dinilai masih awam. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penulis menceritakan hasil pengamatan dan pengalamannya serta dengan penelusuran dari data-data yang sudah didapat dari beberapa responden terkait. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahunan Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) Pesantren Al-Luqmaniyyah yang dilaksanakan oleh santri-santri sebagai penggeraknya di lapangan, mampu untuk mengurangi krisis keagamaan di masyarakat. Selain itu pula dampak yang dirasakan masyarakat selaku objek dan santri sebagai subjek dari Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat ini bisa dirasakan oleh seluruh pihak terkait. Lembaga pengabdian dan pengembangan pondok pesantren ini juga masih tetap eksis dari awal berdiri hingga saat ini.

 

This research focuses on one of the yearly programmed service activities at the Al-Luqmaniyyah Yogykarta Islamic boarding school. This Community Service target focuses on remote areas that still need development and empowerment. Especially regarding the religious understanding of the community which is still common. The method used is descriptive qualitative method. The author tells the results of his observations and experiences and also presents the results of tracing data obtained from several related respondents. The data collection process in this research used semi-structured interviews and observations. The data analysis technique was carried out by means of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the annual program of the Institute for Community Service and Development (LP2M) of Al-Luqmaniyyah Islamic Boarding School which was implemented by the students as a driving force was able to reduce the religious crisis in society. In addition, the impact felt by the community as objects and students as subjects of this Community Service and Development Institute can be felt by all parties involved. This institution also still exists today.

Keywords: Community Service,;Al-Luqmaniyyah; Islamic Boarding School; Religious Crisis

  1. Hubermas, M. B. (1984). Qualitative data Analysis. London : Sage Publication.
  2. Maarif, S. (2020, 12 18). Manfaat Program Safhari Ramadhan. (Charismanto, Interviewer)
  3. Miftahillah, A. (2020, 12 18). Tentang Program Safhari Ramadhan di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah. (Charismanto, Interviewer)
  4. Nazir, M. (1983). Metode Penelitian. Jakarta: Chalia Indonesia.
  5. Rilitama, A. (2020, 12 20). Manfaat Safhari Ramadhan. (Charismanto, Interviewer)
  6. Rohadi. (2008). Rekontruksi Pesantren Masa Depan. Jakarta: PT. Listarafiska Putra.
  7. Sulaeman, D. (2020, 12 18). Inisiasi Program Safhari Ramadhan. (Charismanto, Interviewer)
  8. Fitrah Nugraha (2020) No TitleInilah Asal Usul Penetapan Hari Santri Nasional 22 Oktober, Telisik.
  9. Hidayat, A. (2017) No TitleTeknik Sampling Dalam Penelitian (Penjelasan Lengkap), statistikian. Available at: https://www.statistikian.com/2017/06/teknik-sampling-dalam-penelitian.html (Accessed: 24 February 2020).
  10. Ibrahim, R. (2016) ‘Pesantren Dan Pengabdian Masyarakat (Studi Kasus Pondok Pesantren Dawar Boyolali)’, Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam. doi: 10.21154/al-tahrir.v16i1.316.
  11. Wahyudin, D. (2017) ‘PENDIDIKAN ASWAJA SEBAGAI UPAYA MENANGKAL RADIKALISME’, Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan.

Open Access Copyright (c) 2021 Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan

Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan
Institute for Research and Community Services (LP2M)
UIN Walisongo, Semarang, Indonesia
Jl. Walisongo No 3-5 Semarang 50185
Central Java, Indonesia
Website: https://lp2m.walisongo.ac.id/
Email: dimas@walisongo.ac.id

ISSN: 1411-9188 (Print)
ISSN: 2502-9428 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps