Parenting Berbasis Desa (PAREDES) dalam Sinergitas Ekonomi Keluarga pada Masyarakat Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu Jawa Timur

Authors

  • Eko Setiawan Universitas Islam Malang
  • Shofiatul Jannah Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.21580/dms.2021.211.8026

Keywords:

Parenting, education, economic development

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu bagian dari thridharma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh seluruh dosen dan sivitas akademika lainnya untuk terlibat dalam kegiatan tersebut. Universitas Islam Malang telah mendukung program pengabdian kepada masyarakat dengan pendanaan internal yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia pada tahun 2021. Program ini telah mengintegrasikan program parenting berbasis desa dalam sinergitas ekonomi keluarga berupa sosialisasi dan pendampingan parenting berbasis desa yang dilaksanakan secara berkelanjutan selama tiga bulan. Dengan metode RRA (Rapid Rural Appraisal) yaitu metode untuk mendapatkan data secara akurat untuk memahami kondisi pedesaan pada tingkat komunitas lokal dan juga PRA (Participatory Rural Appraisal) yaitu sebuah metode untuk mempelajari kondisi pedesaan dari, dengan dan oleh masyarakat desa itu sendiri. Adapun lokasi adalah desa Oro-oro Ombo Kota Batu Jawa Timur yang merupakan kota wisata. Materi yang disampaikan adalah parenting dalam meningkatkan kualitas Pendidikan keluarga. Adapun hasil yang didapatkan adalah kesadaran orang tua terhadap Pendidikan, pola asuh pengasuhan anak serta membangun minesite bahwa pendidikan merupakan investasi pembangunan nasional.

 

Community service is one part of higher education thridharma that must be carried out by all lecturers and other academicians to be involved in these activities. The Islamic University of Malang has supported community service programs with internal funding which will be implemented throughout Indonesia in 2021. This program has integrated village-based parenting programs into family economic synergy in the form of village-based parenting socialization and assistance which is carried out continuously for three months. With the RRA (Rapid Rural Appraisal) method, which is a method for obtaining accurate data to understand rural conditions at the local community level and also PRA (Participatory Rural Appraisal), which is a method for studying rural conditions from, with and by the village community itself. The location is the village of Oro-oro Ombo, Batu City, East Java, which is a tourist city. The material presented is parenting in improving the quality of family education. As for the results obtained, the parents' awareness of education, parenting, and building a minesite that education is an investment in national development.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin. (2019). Pengaruh Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Riau. Turats: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 7(2), 145–160. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/turast/article/view/1300

As-Sulaymân, S. ‘Abdussalâm. (2017). Syaikh ‘ Abdussalâm as -Sulaymân. Digital Publishing. alwasathiyah.com/ebooks

Bakri, M. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Pendekatan RRA dan PRA (II). Visipress Media.

Bambang, T. (2010). Jangan Tinggalkan Generasi yang Lemah (II). Cerdas Ulet Kreatif.

Benyamin, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43

Febriani, Z., Kumalasari, D., Triman, A., & Listyawati, E. F. (2019). Pelatihan Mindful Parenting Bagi Ibu Dengan Balita Di Cempaka Putih. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.3232

Fransori, A., Sulistijani, E., & Youlinda Parwis, F. (2019). Penyuluhan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Anak Dan Literasi Digital Pada Ibu-Ibu Majelis Taklim Al-Hidayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 2(01). https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i01.259

Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19 [National Economic Losses Due to the Covid-19 Pandemic]. Baskara Journal of Business and Enterpreneurship, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.83-92

Hudayana, B., Kutanegara, P. M., Setiadi, S., Indiyanto, A., Fauzanafi, Z., Nugraheni, M. D. F., Sushartami, W., & Yusuf, M. (2019). Participatory Rural Appraisal (PRA) untuk Pengembangan Desa Wisata di Pedukuhan Pucung, Desa Wukirsari, Bantul. Bakti Budaya, 2(2), 3. https://doi.org/10.22146/bb.50890

I Wayan Arsana, Irnawati, S. (2020). Pembentukan karakter anak melalui pelatihan. 1(3), 241–246. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31949/jb.v1i3.349

Jinan, M. (2010). Aku Wariskan Moral Bagi Anakku (M. Magdalena (Ed.); II). Filla Press.

Jinan, M. (2012a). Smart Parents for Smart Students (I). Progressio Publishing.

Jinan, M. (2012b). Tips Instant Mendidik Anak (M. Magdalena (Ed.); I). Filla Press.

Maswita Djaja, Ninin Nirawaty, S. D. D. (2016). Buku Saku Mendidik Anak Di Era Digital-edLina (p. 48). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rochanah, R. (2017). Peranan Keluarga Sekolah Dan Masyarakat Dalam Menunjang Pembelajaran Yang Efektif. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1981

Downloads

Additional Files

Published

2021-05-28

Issue

Section

Articles