Pemberdayaan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) RW 04, Kelurahan Jemur Wonosari, Kota Surabaya

Tresiyani Mettasari Liesawan*  -  Petra Christian University, Indonesia
Jesseline Carissa Novita  -  Petra Christian University, Indonesia

(*) Corresponding Author

The COVID-19 pandemic has had many impacts on various fields. One of those affected is micro, small, and medium enterprises (MSMEs). Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) in RW 04, Jemur Wonosari, Surabaya, is a place that produces or empowers hydroponic vegetables. The marketing and sales system was still very conventional and by word of mouth that KRPL struggled during the pandemic. Therefore, an empowerment of KRPL was held with the hope that it could help the development of business through marketing. This service conducted interviews to find more detailed information, to create business logos, signboards, e-commerce and at last, the results were presented to RW 04 and KRPL.

Pandemi COVID-19 banyak memberi dampak pada berbagai bidang. Salah satu yang terkena dampaknya adalah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang ada di RW 04, Jemur Wonosari, Surabaya adalah tempat yang memproduksi atau memberdayakan sayuran hidroponik. Sistem pemasaran dan penjualan produk masih sangat tradisional dan secara manual dari mulut ke mulut sehingga KRPL mengalami kesulitan saat pandemi. Oleh karena itu, diadakan pemberdayaan kawasan KRPL dengan harapan dapat membantu mengembangkan usaha masyarakat melalui pemasaran. Pengabdian ini melakukan wawancara untuk menemukan informasi lebih detail, membuatkan logo usaha, papan nama, e-commerce dan setelah itu akan dilakukan presentasi hasil ke pihak RW 04 dan KRPL.

 

Keywords : COVID-19; Hidroponik; UMKM; Pandemi; Pemberdayaan UMKM

  1. Aminy, A., & Fithriasari, K. (2021). ANALISIS DAMPAK COVID-19 BAGI UMKM DI JAWA TIMUR. Seminar Nasional Official Statistics, 2020(1), 15–22. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.646.
  2. Andriani, S.Si, Apt, M.Sc, Ph.D, H. (2020). Effectiveness of Large-Scale Social Restrictions (PSBB) toward the New Normal Era during COVID-19 Outbreak: a Mini Policy Review. Journal of Indonesian Health Policy and Administration, 5(2). https://doi.org/10.7454/ihpa.v5i2.4001
  3. Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114. https://doi.org/10.24036/jkmb.10994100
  4. Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Halim, S. (2020). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP ONLINE PURCHASE DECISION PADA PLATFORM BELANJA ONLINE SHOPEE. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 144–152. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2495
  5. Budi Leksono, E. (2020). PENINGKATAN FASILITAS DESA DENGAN PEMASANGAN PAPAN NAMA RT DAN PERANGKAT DESA WOTANSARI. DedikasiMU(Journal of Community Service), 2(1), 174. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i1.1201
  6. BPS Jatim. (2020). Berita Resmi Statistik Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur Triwulan I – 2020. No. 32/05/35/Th.XVIII, 5 Mei 2020.
  7. BPS Jatim. (2020). Berita Resmi Statistik Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur Triwulan II – 2020. No. 52/08/35/Th.XVIII, 5 Agustus 2020.
  8. COVID-19 DAN IMPLIKASI BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH. (2020). Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64.
  9. I., Risfianty, D. K., & Fitriah, L. (2020). Masker Gratis dan Informasi Social Distancing Bagi Masyarakat Dusun Motong Are Tengah. INTAN CENDEKIA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.47165/intancendekia.v1i1.54
  10. Kompas.com (2020, Maret 12) Retrieved April 10, 2021, from https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/12/113008565/timeline-wabah-virus-corona-terdeteksi-pada-desember-2019-hingga-jadi?page=all
  11. Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2014) Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Edisi XIII. Salemba Empat. Jakarta.
  12. Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). VISUAL BRANDING PRODUK BELIMBING OLAHAN UMKM DEPOK MELALUI DESAIN LOGO. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 199. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548
  13. Rudiyanto, G., C.S, E., & Udanarto, U. (2014). PAPAN NAMA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL PEMASARAN KELOM GEULIS DI TASIKMALAYA. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 11(2), 229. https://doi.org/10.25105/dim.v11i2.230
  14. Syafrida, S., & Hartati, R. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(6), 495–508. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15325
  15. Wahdaniah, I., Toni, A., & Ritonga, R. (2020). Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Warta ISKI, 3(01), 67–74. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i01.57
  16. Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid -19); Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187–192. https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/v1i218wh
  17. Zanuar Rifai, & Meiliana, D. (2020). PENDAMPINGAN DAN PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UMKM TERDAMPAK PANDEMI COVID-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540

Open Access Copyright (c) 2021 Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan

Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan
Institute for Research and Community Services (LP2M)
UIN Walisongo, Semarang, Indonesia
Jl. Walisongo No 3-5 Semarang 50185
Central Java, Indonesia
Website: https://lp2m.walisongo.ac.id/
Email: dimas@walisongo.ac.id

ISSN: 1411-9188 (Print)
ISSN: 2502-9428 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

 
apps