Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dalam Rangka Pengembangan Metode Tahsin Al Qur’an untuk Perfomansi Peserta Didik di Wilayah Kedungsepur (Kendal, Demak, Ungaran, Semarang, Purwodadi)
DOI:
https://doi.org/10.21580/dms.2016.161.897Keywords:
Metode, Tahsin, Usia DiniAbstract
Community service activities such as mentoring in training methods tahsin quran aims to provide mentoring, knowledge and skills in Tahsin method for early childhood teachers for early childhood and kindergarten in kedungsepur region. This activity will be an innovative stimulus that Raudhatul Athfal and kindergarten teachers can interact and brainstorm in addressing the needs of the introduction of increasingly complex, particularly related to methods tahsin quran. The target audience in the activities is teachers Raudhatul Athfal and kindergartens in the region kedungsepur totaling 100 people. Assistance in the development of methods tahsin done with lectures, demonstrations and exercises are accompanied by question and answer. Lecture method is used to explain the concept of tahsin method. Demonstration methods used to denote a work process ie development stages tahsin learning the Qur’an, while the method of exercise to practice learning methods tahsin. While the question and answer method to allow participants to consult in overcoming obstacles in the learning method tahsin quran.
The availability of sufficient expertise in the development of teaching tahsin methods for teacher’s Raudhatul Athfal or kindergartens in the region Kedungsepur, the enthusiasm of the participants, support of school principals on the implementation of activities and funding support from Islamic Higher Education Directorate of Religious Affairs in 2015 is implementation supporting these activities. The constraints faced is limited time for training.
The benefits that can be obtained by the participants of this activity can know the various methods tahsin quran, such as: Nuroniyah, Qiraati, Ummi, and Yanbu'a.
Kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pendampingan dalam pelatihan metode tahsin al-qur'an bertujuan untuk memberikan pendampingan, pengetahuan dan keterampilan dalam Metode Tahsin Untuk Anak Usia Dini Bagi Guru-Guru Paud Dan TK Di wilayah kedungsepur. kegiatan ini akan menjadi rangsangan inovatif agar para guru RA dan TK dapat saling berinteraksi dan brainstorming dalam menyikapi kebutuhan pengenalan yang kian kompleks, khususnya terkait metode tahsin al-qur'an. Khalayak sasaran dalam kegiatan PPM ini adalah guru-guru RA dan TK di wilayah kedungsepur yang berjumlah 100 orang. Pendampingan dalam pengembangan metode tahsin dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi dan latihan yang disertai tanya jawab. Metode ceramah digunakan untuk menjelaskan konsep metode tahsin. Metode demonstrasi dipakai untuk menunjukkan suatu proses kerja yaitu tahap-tahap pengembangan pembelajaran tahsin al-qur'an, sedangkan metode latihan untuk mempraktikkan pembelajaran metode tahsin. Sementara metode tanya jawab untuk memberi kesempatan para peserta berkonsultasi dalam mengatasi kendala dalam pembelajaran metode tahsin al-qur'an.
Ketersediaan tenaga ahli yang memadai dalam pengembangan pembelajaran metode tahsin bagi guru RA dan TK di wilayah kedungsepur, antusiasme peserta, dukungan kepala sekolah terhadap pelaksanaan kegiatan dan dana pendukung dari Diktis Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama tahun 2015 merupakan pendukung terlaksananya kegiatan ini. Adapun kendala yang dihadapi adalah keterbatasan waktu untuk pelatihan.
Adapu manfaat yang dapat diperoleh peserta dari kegiatan ini antara lain dapat mengenal beragam metode tahsin al-quran, seperti : Nuroniyah, Qiraati, Ummi, dan Yanbu'a.
Downloads
References
Abdul Mujib, Kepribadian dalam Psikologi Islam, (Jakarta : Raja Grafindo, 2006)
Al-Khatib Al-Baghdadi Dengan Pentahqiq Syaikh Al-Albani. Kitab Ilmu Dan Amal. Terbitan Najla Press Tahun 2000
Charles Sceafes, Bagaimana Mempengaruhi Anak Pegangan Praktis bagi OrangTua, (Semarang: Dahara Prize, 1994)
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia
Gusti Ngurah Oka, Pengantar Membaca Dan Pengjarannya, (Surabaya:Usaha Nasional, 1983)
Hasbullah Thabrany, Rahasia Sukses Belajar, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1997)
Hasbullah Thabrany, Rahasia Sukses Belajar, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1997)s
http://qiraati.wordpress.com/2009/11/12/visi-misi-dan-ciri-ciri-qiraati/
Humam As’ad Buku Iqro’, Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional, 2000
Humam, As‟ad, Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis, Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional, 2005
Imaluddin Ismail, Pengembangan Kemampuan Belajar Anak Anak, (Jakarta: BulanBintang, 1990)
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an Tafsir, (Yogyakarta, Bulan Bintang, 1980)
Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta : Hidakarya Agung, 1992), cet 7
Maksum Farid, dkk,Cepat Tanggap Belajar Al-Qur’an An-Nahdhiyah,(Tulungagung LP. Ma’arif ,1992)
Manna’ Khalil al-Qattan, Mahabbits fi ‘Ulum Al-Qur’an, (Beirut, Man syurat al-a’Asr al hadist, 1973)
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesu¬litan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999)
Nashruddin Baidan, Metodologi Penafsiran Al Qur’an, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005Moh. Mungin Arief, Khanan Muhtar, pedoman pengelo¬laan taman pendidikan Al-Qu’an metode An-nahdi¬yah, (Tulung¬agung : LP. Ma’arif NU,1993)
Ramayulis. Metodologi Pengajaran Agama Islam. 1990. Jakarta: Kalam Mulia
Sayyid Sabiq, Unsur-unsur Dinamika dalam Islam, Terjemahan Yusuf S. Harjono,(Jakarta: PT. Intermasa, 1987)
Sheikh Noor Mohammed Haqqani (2007) Al-Qaidah An Noraniah, New Delhi: Al Furqon
Syahminan Zaini dan Ananto Kusuma Seta, Bukti-Bukti Kebenaran Al-Qur’an sebagai Wahyu Allah, (Jakarta, Kalam Mulia, 1996), hlm. 3-4.
Syarifuddin, Ahmad, Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al Qur`an, JakartaGema Insani, 2008
Undang-undang RI No 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung:Fokus Media, 2003)
Wawancara awal tentang metode Nuraniyah, sumber Ahmad Syamsudin, S.Pd.I. 30 April 2015, bertempat di Daqu School Semarang
Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta, Bumi Aksara, 2000), hlm. 19
Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam,Bumi (Jakarta: Aksa¬ra, 1994), hlm. 96
Zumrotul Fitriyah(2008) Metode Jibril Sebuah Alternatif Sistem Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Pesantren Ilmu Al-Qur’an. Singosari Malang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
Licensing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.
_______
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.