DAKWAH KOMUNIKASI VISUAL

Nilnan Ni'mah*  -  Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Da’wah is a duty of every Muslim to invite others, especially Muslims do good things and forbidding evil. In conducting missionary activities, media needed to facilitate mad’u received and understood the messages. One of the interesting media propaganda is visual communication media, which are all communications media that can be ingested by senses of sight, such as books, advertisements, banners, billboards, posters, flyers, and so on. While islamic posters is media which progressing since 2010 up to the last few years. Islamic posters must have a clear concept, and should include the source of the Qur’an and hadith or of the thinkers of Islam. Posters made up not only arbitrary, but it could be true. These posters are useful to remind Muslims especially, to always return to the path of God.

--------------------------------------------------------------------------

Dakwah adalah kewajiban setiap Muslim untuk mengajak orang lain, terutama umat Islam melakukan hal-hal yang baik dan mencegah kemungkaran. Dalam melakukan kegiatan dakwah, diperlukan media atau sarana agar mad’u menerima dan memahami pesan. Salah satu me- dia dakwah yang menarik adalah media komunikasi visual, yaitu semua media komunikasi yang dapat dicerna oleh indera penglihatan, seperti buku, iklan, spanduk, baliho, poster, selebaran, dan sebagainya. Poster Islam adalah salah satu media dakwah yang mulai berkembang sejak tahun 2010 sampai beberapa tahun terakhir. Poster Islam harus me- miliki konsep yang jelas, dan harus mencakup sumber dari Al-Qur’an dan hadits atau dari para pemikir Islam. Poster dibuat tidak hanya asal-asalan, tetapi harus benar. Poster ini berguna untuk mengingat- kan umat Islam khususnya, untuk selalu kembali ke jalan Allah SWT.

  1. Azis, Moh. Ali, 2004. Ilmu Dak- wah. Jakarta : Prenada Media
  2. -------, 2009. Ilmu Dakwah. Ja- karta : Prenada Media
  3. Budiman, Kris. 2011. Semiotika Visual. Yogyakarta : Jalasutra
  4. Eco, Umberto. 1979. A Theory of Semiotics. Bloomington : Indiana University Press
  5. Effendy, Onong Uchyana. 1993. Dinamika Komunikasi, Bandung : Remaja Rosdakarya
  6. Ilaihi, Wahyu. 2006. Manajemen Dakwah, Jakarta : Kencana
  7. -------, 2010. Komunikasi Dak- wah. Bandung : Remaja Rosda Karya
  8. Munawwir, Ahmad Warson. 1997. Kamus Al-Munawwir Arab-
  9. Indonesia Terlengkap, Edisi Ke-2, Surabaya : Pustaka Progresif.
  10. Piliang, Yasraf Amir. 1998. Sebuah Dunia yang Dilipat, Realitas Kebudayaan menjelang Millenium Ketiga dan Matinya Posmodernisme. Bandung : Mizan
  11. Riswandi, 2009. Ilmu Komuni- kasi. Yogyakarta : Graha Ilmu
  12. Sihombing, Danton. 2001. Tipo- grafi dalam Desain Grafis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
  13. Shaleh, Rosyad. 1977. Manaje- men Dakwah Islam. Jakarta : Bulan Bintang
  14. Syukir, Asmuni. 1983. Dasar- dasar Strategi Dakwah Islam. Sura- baya : Al-Ikhlas
  15. Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semi- otika Komunikasi Visual. Yogyakarta : Jalasutra
  16. Hadi, Umar. 1998. “Memahami Desain Grafis”. Katalog pameran De- sain Grafis. LPK Visi Yogyakarta
  17. Sutanto, T. 2005. “Sekitar Dunia Desain Grafis/Komunikasi Visual”. Pura-pura Jurnal DKV ITB Bandung
  18. /Juli
  19. Widagdo. 1993. “Desain : Teori dan Praktik. Seni Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Seni”. BP ISI Yogya- karta III/03
  20. Tinarbuko, Sumbo.1998. “Me- maknai Tanda, Kode, dan Makna Iklan Layanan Masyarakat”. Tesis. Bandung : ITB Bandung
  21. http://posterina.blogspot. com/2014/04/pengertian-poster-serta- tujuannya.html.
  22. http://id.wikipedia.org/wiki/ Poster

Open Access Copyright (c) 2017 Isamic Communication Journal

Islamic Communication Journal
Published by the Department of Islamic Communication and Broadcasting
Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 858-6727-8693 (Admin ICJ)
Website: https://fakdakom.walisongo.ac.id/

ISSN: 2541-5182 (Print)
ISSN: 2615-3580 (Online)


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 
apps