Pengembangan Modul Kimia terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dan PBL (Problem-Based Learning)

Ari Oktaviani*  -  Pendidikan Kimia, Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia
K Anom  -  Pendidikan Kimia, Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia
Betty Lesmini  -  Pendidikan Kimia, Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran terintegrasi STEM-PBL “Topik Jenis Media Tanam Untuk Pertumbuhan Tanaman Selada Secara Hidroponik” yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer yang meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan  field test. Hasil tahap expert review didapat skor rata-rata kevalidan sebesar 0,90 skala Aiken dengan kategori tinggi. Hasil uji kepraktisan didapatkan skor rata-rata pada tahap one-to-one sebesar 0,93 dan pada tahap small group sebesar 0,90 skala Aiken dengan kategori tinggi (praktis). Hasil uji field test didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan kategori tinggi (efektif). Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Disarankan modul ini dapat dijadikan salah satu alternatif bahan ajar pada mata kuliah kewirausahaan.

Keywords: kewirausahaan; modul; penelitian pengembangan; STEM-PBL

  1. Alimudin, A. (2014). Strategi Pengembangan Minat Wirausaha melalui Proses Pembelajaran. E-Jurnal Manajemen Kinerja. 1 (1), 1-13.
  2. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Arinillah, G.H. (2016). Pengembangan Buku Siswa dengan Pendekatan Terpadu Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Kalor. Skripsi tidak dipublikasikan. Lampung: Universitas Bandar Lampung.
  4. Ariyatun & Octavianelis, D. F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Educational Chemistry (JEC). 2 (1), 33-39.
  5. Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, R. J. (2013). STEM Project-Based Learning an Integrates Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach (2nd Edition). Rotterdam: Sense Publisher.
  6. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2014). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Depdiknas.
  7. Meltzer, D.E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible Inhidden Variablei in Diagnostic Pretest Scores. Ames: Department of physics and Astronomy,Lowa State University.
  8. Setiarini, S.E., (2013). Business Plan sebagai Implementasi Kewirausahaan pada Pembelajaran Ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika pendidikan, 8(2), 146-155.

Open Access Copyright (c) 2020 Journal of Educational Chemistry (JEC)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educational Chemistry (JEC)
Published by Chemistry Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Km. 01 Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: 6285640307383
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: jec@walisongo.ac.id

ISSN: 2715-3029 (Print)
ISSN: 2685-4880 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

 
apps