SMA IT Latansa Cendikia Banten - Indonesia
Konsep Tabayyun menurut Buya HAMKA dan Implementasinya pada Praktikum Kimia di Rumah (Studi Kasus Berita Hoaks COVID-19)
Berita hoaks di Indonesia jumlahnya relatif banyak. Sejumlah 850 hoaks oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dari Januari-Juni 2020. Di samping itu, riset mengenai COVID-19 di dunia ini relatif banyak. Hal ini dinilai telah terjadi kesenjangan informasi mengenai riset COVID-19, sehingga munculnya berita hoaks. Penelitian bertujuan untuk mengetahui makna tabayyun menurut Buya Hamka menurut QS. Al-Hujurat [49]: 6, kemudian diimplementasikan melalui praktikum kimia guna mengklarifikasi adanya berita hoaks. Metode dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Sumber primer yang digunakan yaitu tafsir Al-Azhar, sedangkan sumber sekunder didapatkan dari buku, majalah dan artikel jurnal yang menunjang penelitian. Dari hasil penelusuran terhadap penafsiran Hamka dan responnya sebagai sikap tabayyun, didapatkan langkah implementasi praktikum kimia, yaitu: (1) Tahapan penerimaan berita; (2) Tahapan pelaksanaan praktikum dan (3) Tahapan tanggapan dan evaluasi.
Keywords: covid-19; hamka; hoaks; praktikum kimia; tabayyun
- Al-Sya’rawî, M.M. & Mutawalli, I.M., (1991). Tafsir al-Sya’rawi. Misr: al-Maktabah al-Tawfiqiyyah, nd.
- Amrullah, A.M.A.K., (2003). Tafsir Al-Azhar. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD.
- Andrews, J.L., de Los Rios, J.P., Rayaluru, M., Lee, S., Mai, L., Schusser, A. and Mak, C.H., (2020). Experimenting with At-Home General Chemistry Laboratories During the COVID-19 Pandemic. Journal of Chemical Education, 97 (7), 1887-1894.
- Arifa, F.N., (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat COVID-19. Info Singkat; Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII (7/I), 6.
- Bahar, M. & Hartati, M., (2019). Buya Hamka: Keteladanan Multitalenta Tanah Melayu Nusantara. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 3(1), 1-17.
- Baihaqi, F.A., (2017). Interpretasi Hamka dan Sayyid Qutb Terhadap Qs Al-Hujurat (49) Ayat 6.
- Baker, L.A. & Cavinato, A.G. eds., (2020). Teaching Analytical Chemistry in the Time of COVID-19.
- Baker, L.A. & Cavinato, A.G. eds., (2020). Teaching Analytical Chemistry in the Time of COVID-19.
- Burhanuddin, N., (2015). Konstruksi Nasionalisme Religius: Relasi Cinta dan Harga Diri dalam Karya Sastra Hamka. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 10 (2), 353-384
- Chaer, M.T. & Suud, F.M., (2020). Pendidikan Anak Perspektif Hamka (Kajian QS Luqman/31: 12-19 dalam Tafsir Al-Azhar). Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2 (2), 125-141.
- Chang, R. (2010). Chemistry, 10th Edition. McGraw-Hill
- Davis, B. & Summers, M., (2015). Applying Dale's Cone of Experience to increase learning and retention: A study of student learning in a foundational leadership course. In Engineering Leaders Conference 2014 on Engineering Education. 5 (4), 6-13.
- Faisal, H.D. & Susanto, A.D., (2017). Peran Masker/Respirator dalam Pencegahan Dampak Kesehatan Paru Akibat Polusi Udara. Jurnal Respirasi, 3(1), 18-25.
- Fatoni, M. & Amrullah, A.F., (2019). Penafsiran Kontekstual Ayat Ayat Tarbawi (Pendekatan Asbabun Nuzul). Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 7(1), 19-36.
- Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor: 14 Tahun 2020
- Goga, C.I. and Șerban, I., (2018). Methods used in the Educational Process: A theoretical and empirical perspective. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(4), 416-430.
- Hamka, (2017). Antara Fakta dan Khayal Tuanku Rao. Jakarta: Republika Penerbit
- Hamka, (2017). Bohong di Dunia. Depok: Gema Insani Press
- Hamka. (2015). Ghirah. Depok: Gema Insani Press
- Hidayat, U.T., (2015). Tafsir Al-azhar: Menyelami Kedalaman Tasawuf Hamka. Buletin Al-Turas, 21(1),49-76.
- Hubbi, M., Dasna, I.W. & Wonorahardjo, S., (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Praktikum Sifat Koligatif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 2(1), 52-62.
- Igisani, R., (2018). Kajian Tafsir Mufassir di Indonesia. Potret Pemikiran, 22(1).
- Ikbal, M., Aulia, R.N. & Siregar, K.I., (2018). Sejarah Keberadaan Muhammadiyah di Minangkabau Perspektif Hamka dalam Karya Ayahku. Jurnal Studi Al-Qur'an, 14(1), 79-88.
- Jambak, F.F., 2017. Filsafat Sejarah Hamka: Refleksi Islam dalam Perjalanan Sejarah. Jurnal Theologia, 28 (2), 255-272.
- Johnson, G.R., Morawska, L., Ristovski, Z.D., Hargreaves, M., Mengersen, K., Chao, C.Y.H., Wan, M.P., Li, Y., Xie, X., Katoshevski, D. & Corbett, S., (2011). Modality of human expired aerosol size distributions. Journal of Aerosol Science, 42 (12), 839-851.
- Kähler, C.J. & Hain, R., (2020). Fundamental protective mechanisms of face masks against droplet infections. Journal of Aerosol Science, p.105617.
- Katsir, I., (2000). Tafsir Ibnu Katsir. Jld. II, Beirut: Dar al-Fikr, tt.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2019. Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Puslitjakdikbud
- Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.HK.01.07/MENKES/413/2020
- Khalil, H.A., Saurabh, C.K., Syakir, M.I., Fazita, M.N., Bhat, A., Banerjee, A., Fizree, H.M., Rizal, S. and Tahir, P.M., (2019). Barrier properties of biocomposites/hybrid films. In Mechanical and Physical Testing of Biocomposites, Fibre-Reinforced Composites & Hybrid Composites (241-258). Woodhead Publishing.
- Köller, H.G., Olufsen, M., Stojanovska, M. & Petrusevski, V., (2015). Practical work in chemistry and its goals and effects. Chemistry in Action, 106, 37-50.
- Konda, A., Prakash, A., Moss, G.A., Schmoldt, M., Grant, G.D. & Guha, S., (2020). Aerosol filtration efficiency of common fabrics used in respiratory cloth masks. ACS nano, 14(5), 6339-6347.
- Majalah Panji Masyarakat, No. 307, November 1980, hal. 30
- Masrur, M., (2016). Pemikiran dan Corak Tasawuf Hamka dalam Tafsir Al-Azhar. Medina-Te: Jurnal Studi Islam, 12(1), 15-24.
- Muharomah, Nur’aini, & Saptorini, (2017). Implementasi Performance Assessment Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI Melalui Kegiatan Praktikum. Jurnal UNNES, 6, 48.
- Nasicha, D., (2016). Makna tabayyun dalam Al-Qur’an (studi perbandingan antara Tafsir Al-Muyassar dan Tafsir Al-Misbah). Disertasi tidak dipublikasikan. Surabaya: UIN Walisongo Semarang.
- Nasruddin, N., (2016). Sejarah Intelektual Islam Indonesia Studi kasus Pemikiran Nurchalish Madjid Dan Hamka (Studi Perbandingan). Rihlah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan, 4(2), pp.1-23.
- Netz, R.R., (2020). Mechanisms of Airborne Infection via Evaporating and Sedimenting Droplets Produced by Speaking. The Journal of Physical Chemistry B.
- Ningsyih, S., Junaidi, E. & Al Idrus, S.W., 2016. Pengaruh Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).
- Noor, M.U., (2018). Penilaian kualitas informasi sebagai bentuk sikap tabayyun ketika menerima informasi di sosial media dan internet. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1), pp.33-40.
- Nuha, D.F., Haryono, H. & Mulyani, B., (2014). Kontribusi Laboratorium Terhadap Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(1), 82-88.
- Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020
- Putri, A.K., Afandy, D. & Su'aidy, M., (2016). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran praktikum menggunakan diagram ve terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 1(2), 15-18.
- Rafsanjani, B., (2018). Sikap tabayyun dalam al-qur’an menurut mufassir dan kontekstualisasi pada problematika pemberitaan media sosial. Disertasi tidak dipublikasikan. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
- Redhana, I.W., Sudria, I.B.N., Hidayat, I. & Merta, L.M., (2017). Identification of chemistry learning problems viewed from conceptual change model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), pp.356-364.
- Rushd, D.I., (2017). Personality of Transformative Muslims by Buya Hamka. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 1(1), 219-236.
- Saputra, A., (2019). Muslim Negarawan: Telaah Atas Pemikiran Dan Keteladanan Buya Hamka. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 1(1), 25-46.
- Shaw, D.J., (1980). Introduction to colloid and surface chemistry. Butterworths.
- Suluri, (2019). Pendidikan Sosial Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 11-13. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 185-198
- Tsaniyah, N. & Juliana, K.A., (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks di Era Disrupsi. Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), pp.121-140.
- Ulfah, N.M. & Istiyani, D., (2016). Etika Dalam Kehidupan Modern: Studi Pemikiran Sufistik Hamka. dalam Esoterik: Jurnal Akhlak dan Tasawuf, 2.
- Waliyah, I., Harun, A.I. & Rasmawan, R., (2016). Pengaruh Petunjuk Praktikum Kimdas I Berbasis Inkuri Terbimbing terhadap Kerja Ilmiah Mahasiswa Pendididkan Kimia Untan. Disertasi tidak dipublikasikan. Tanjungpura University.
- Woods-Robinson, R., (2020). A Stay-at-Home Scientist’s Strategy for Synthesizing Sustainable Support Structures.
- Zangmeister, C.D., Radney, J.G., Vicenzi, E.P. & Weaver, J.L., (2020). Filtration efficiencies of nanoscale aerosol by cloth mask materials used to slow the spread of SARS-CoV-2. ACS nano, 14 (7), 9188-9200.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.