Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak di RA Ar-Rahman Yogyakarta

Nur Kholidah Nasution*  -  Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument Research Instrument

Abstract

This article attempt to analysis accepted of language development for children in STPPA. Type of this research is qualitative research. Data optioned from observation and interviewed with teachers and student parents. The purpose of this study to describe the development of the achieving language in early childhood based on STPPA (Standard of achievement level of childhood development). And results of this research that early childhood education is varied important to note because at the Golden where child more sensitively for imitating what they behold and hears. Therefore, language development for children must be good developments according to the stage of their ages and not separated from parent’s cooperation with teachers. Then the subject of this research studied by researcher and has reached that levels of the language developmental. Because was standard by BPNS.

Children who are supported by development, both from school and from the family will greatly help the development of child language. Because of mutual support for each other. And parents also often provide stimulus through storytelling, communicating to their children and children to follow many activities, such as tutoring, studying and being well-nourished. So parents who care about the education of their children will produce a smart child both in terms of cognitive and in terms of language development.

Keynote: Language development AUD (STPPA Accepted)

Abstrak

Penelitian (artikel) ini membahas perkembangan bahasa anak (STPPA tercapai), penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dan data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan guru serta orang tua murid. Dan tujuan penelitian ini mendeskripsikan pengembangan bahasa anak usia dini dalam mencapai STPPA (standar tingkat pencapaian perkembangan anak) serta yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak dalam mencapai STPPA (standar tingkat pencapaian perkembangan anak).Dan hasil penelitian Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk diperhatikan, karena pada masa golden ege (masa emas) anak lebih peka untuk meniru apa yang dilihat dan didengarkan. Oleh karena itu perkambangan bahasa anak harus dikembangkan dengan baik, sesuai dengan tahap usianya. Tak lepas dari kerjasama orang tua dengan guru sekolah. Kemudian subjek yang diteliti oleh penulis sudah mencapai tingkat perkembangan bahasa, karena sudah memenuhi kriteria yang dibuat oleh BPNS.

Anak yang didukung perkembangannya, baik dari sekolah maupun dari keluarga akan sangat membantu perkembangan bahasa anak. Karena saling mendukung satu sama lain. Dan orang tua juga sering memberikan stimulus melalui bercerita, berkomunikasi terhadap anaknya serta anak mengikuti banyak kegiatan, seperti les, mengaji  dan dibutuhi dengan nutrisi yang baik. Maka orang tua yang peduli dengan pendidikan anaknya akan menghasilkan anak yang pintar baik dari segi kognitifnya maupun dari segi perkembangan bahasanya.

Supplement Files

Keywords: Perkembangan Bahasa

  1. REFRENSI :
  2. Dariyo Agoes, Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama, Bandung : PT Refika Aditama, 2011.
  3. Desmita, Psikologi Perkembangan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2013.
  4. Ambara Pramundatya Didith, Asesmen Anak Usia Dini, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.
  5. Suhada Idad, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
  6. Pangastuuti Ratna, Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2014.
  7. Nursyahid Angga Obeye & Wiyono, Rahasia Mendidik Anak Cerdas, Jakarta: Suka Buku, 2013.
  8. M. Sugandhi Nani,Yusuf Syamsul, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT RajaGarafindo Persada, 2011.
  9. Yusuf Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
  10. Wiyani Ardy Novan, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media, 2014.
  11. Jahja Yudrik, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana, 2011.
  12. Jurnal, Fitri Hartanto, Pengaruh Perkembangan Bahasa terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 1-3 Tahun, Fakultas Kedokteran Ponegoro, di akses pada tanggal 29 Mei pada jam 11.23 dari http://saripediatri
  13. Jurnal, Tiara Dyah Dwi Pratiwi, Pengaruh Take and Give Terhdap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A TK AR-ROHMAH Wiron Majolaban Sukaharjo, di akses pada tanggal 29 Mei pada jam 11.23 dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id
  14. Jurnal, Fitriani Y. Lubis, Aspek Bahasa Pada Anak Usia 0-5 Tahun, Fakultas Psikologi UNPAD, di akses pada tanggal 29 Mei pada jam 11.23 dari http://repository,unpad.ac.id
  15. Jurnal, Umaroh, Upaya Meningkatan Kecerdasan Bahasa Melalui Model Cooperative Learning Pada Siswa Kelompok B Di RaMuslimat Nu Desa Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang, di akses pada tanggal 29 Mei pada jam 11.23 dari https://journal.unnes.ac.id
  16. Jurnal, Anik Handayani, Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua tentang Stimulasi Verbal dengan Perkembangan Bahasa Prasekolah di TK PGRI 116 Bangetayu Waten, di akses pada tanggal 29 Mei pada jam 11.23 dari http://jurnal.unimus.ac.id
  17. Jurnal, Ni Putu Dessy Rumilasari, Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, di akses pada tanggal 29 Mei pada jam 11.23 dari http://unesa.acid.
  18. Jurnal, Nurbiana Dhieni, Hakikat Perkembangan Bahasa Anak, di akses pada tanggal 29 Mei pada jam 11.23 dari http://unnes.ac.id
  19. Jurnal, Wahyu Sukartiningsi, Konstruksi Semantis Kata Pada Perkembangan Anak, Universitas Negeri Surabaya, di akses pada tanggal 29 Mei pada jam 11.23 dari http://um.ac.id
  20. Jurnal, Nur Azizah, Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau Dari Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, di akses pada tanggal 29 Mei pada jam 11.23 dari http://undiksha.ac.id
  21. Jurnal, Ni N. Sardi, Pengaruh Pembelajaran Dengan Teknik Bercerita DongengTerhadap Kemampuan Berbahasa Dan Motivasi AnakKelompok B Tk Kunti Ii Dalung, Program Studi Pendidikan Dasar, Program PascasarjanaUniversitas Pendidikan GaneshaSingaraja, Indonesia, di akses pada tanggal 29 Mei pada jam 11.23 dari http://unnes.ac.id

Open Access Copyright (c) 2022 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VISITOR COUNTER

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JoECCE
apps