Pengaruh Latar Belakang Pendidikan terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Taman Kanak-kanak di Kabupaten Bengkalis
DOI:
https://doi.org/10.21580/joecce.v2i2.11301Keywords:
Latar Belakang Pendidikan, Kompetensi Pedagogik Guru TKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latarbelakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru di TK gugus 3 kenanga kecamatan bantan kabupaten bengkalis. Hasil penilaian menunjukkan bahwa ada pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru TK. Besarnya kontribusi latar belakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru TK sebesar 19,8% sisanya 80,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian analisis pengaruhnya adalah positif dan dibuktikan dengan nilai fhitung 7,657 >f tabel4,16. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Downloads
References
ArdyNovan, Manajemen PAUD Bermutu: Konsep dan Praktik MMT di KB, TK/RA, Yogyakarta: Gava Media, 2015
Fadiarman, E-Journal, Hubungan Latar Belakang Pendidikan dan Sikap terhadap Profesi Guru dengan Kompetensi Pedagogik Pembelajaran IPS Guru SMP, Jurnal Geografi: Edukasi, dan Lingkungan, Vol. 2, No 1, 2018
FebrianaRina, Kompetensi Guru, Jakarta: Bumi Aksara, 2019
Gazali Ahmad, Skripsi, Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru SMK Kompetensi Keahlian Teknik Audio-Video Se Kota Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, 2012
Hamzah b. Uno, Profesi Kependidikan, Jakarta: PT Bumi Akasara, 2010
HasanIqbal, Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif),Jakarta: Bumi Aksara, 2001
Kadim Abd., Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru, Bandung: Afabeta, 2012
LolaDeffa, E-Journal,Hubungan Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Mengajar dengan Kompetensi Profesional Guru TK di Kecamatan Jetis Bantul, Jurnal Pendidikan Guru PAUD S-1: Vol. 7, No. 4, 2018
MahyuddinNeny, Sri Yanti, E-journal, Kinerja Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Latar Belakang Pendidikan, Early Childood Education Journal Of Indonesia, Vol. 1, No. 2, 2018
MeutiaVairuz, Rohmah Ageng Mursita, E-journal, Kompetensi Pedagogik Guru Kelas dalam Pembelajaran Peserta Didik Tuna Rungu, Jurnal PAUD: Vol. 9, No. 1, 2018
HatipMochamad, E-Journal, Kontribusi Kualifikasi Pendidikan Terhadap Kompetensi Guru PAUD, Jurnal Didaktika, Vol. 7, No. 3, 2011
Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,Nomor 137 Tahun 2014
Qomario dkk, E-journal, Studi Analisis Latar Belakang Pendidikan, Sertifikasi Guru dan Usia Guru PAUD di kota Bandar Lampung berdasarkan Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG), Jurnal Caksana: Vol. 1, No. 2, 2018