Pengaruh Latar Belakang Pendidikan terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Taman Kanak-kanak di Kabupaten Bengkalis

Nurhaida Selian*  -  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
Siti Khodijah  -  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latarbelakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru di TK  gugus 3 kenanga kecamatan bantan kabupaten bengkalis.  Hasil penilaian menunjukkan bahwa ada pengaruh latar belakang pendidikan terhadap  kompetensi pedagogik guru TK. Besarnya kontribusi latar belakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru TK sebesar 19,8% sisanya 80,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.  Dengan demikian analisis pengaruhnya adalah positif dan dibuktikan dengan nilai fhitung 7,657 >f tabel4,16. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Keywords: Latar Belakang Pendidikan, Kompetensi Pedagogik Guru TK

  1. ArdyNovan, Manajemen PAUD Bermutu: Konsep dan Praktik MMT di KB, TK/RA, Yogyakarta: Gava Media, 2015
  2. Fadiarman, E-Journal, Hubungan Latar Belakang Pendidikan dan Sikap terhadap Profesi Guru dengan Kompetensi Pedagogik Pembelajaran IPS Guru SMP, Jurnal Geografi: Edukasi, dan Lingkungan, Vol. 2, No 1, 2018
  3. FebrianaRina, Kompetensi Guru, Jakarta: Bumi Aksara, 2019
  4. Gazali Ahmad, Skripsi, Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru SMK Kompetensi Keahlian Teknik Audio-Video Se Kota Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, 2012
  5. Hamzah b. Uno, Profesi Kependidikan, Jakarta: PT Bumi Akasara, 2010
  6. HasanIqbal, Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif),Jakarta: Bumi Aksara, 2001
  7. Kadim Abd., Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru, Bandung: Afabeta, 2012
  8. LolaDeffa, E-Journal,Hubungan Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Mengajar dengan Kompetensi Profesional Guru TK di Kecamatan Jetis Bantul, Jurnal Pendidikan Guru PAUD S-1: Vol. 7, No. 4, 2018
  9. MahyuddinNeny, Sri Yanti, E-journal, Kinerja Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Latar Belakang Pendidikan, Early Childood Education Journal Of Indonesia, Vol. 1, No. 2, 2018
  10. MeutiaVairuz, Rohmah Ageng Mursita, E-journal, Kompetensi Pedagogik Guru Kelas dalam Pembelajaran Peserta Didik Tuna Rungu, Jurnal PAUD: Vol. 9, No. 1, 2018
  11. HatipMochamad, E-Journal, Kontribusi Kualifikasi Pendidikan Terhadap Kompetensi Guru PAUD, Jurnal Didaktika, Vol. 7, No. 3, 2011
  12. Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,Nomor 137 Tahun 2014
  13. Qomario dkk, E-journal, Studi Analisis Latar Belakang Pendidikan, Sertifikasi Guru dan Usia Guru PAUD di kota Bandar Lampung berdasarkan Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG), Jurnal Caksana: Vol. 1, No. 2, 2018

Open Access Copyright (c) 2022 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

apps