Analisis Belajar Berbasis Inkuiri pada Pendidikan Anak Usia Dini

Wan Fadhila*  -  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
Nurhaida Selian  -  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, Indonesia

(*) Corresponding Author

Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan permasalahan kurangnya keterlibatan anak dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan lain sebagainya.Sebagian bersar pembelajaran di PAUD masih berpusat pada pembelajaran teacher ceentered.Penelitian ini merpakan penelitian kepustakaan. Peneliti akan mengkaji beberapa teori pembelajaran berbasis inkuiry yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Sumber data di dalam penelitian ini adalah buku-buku yang berhubungan dengan pembelajaran berbasis inkuiry.. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik kepustakaan, dokumentasi yang dikumpulkan melalui teknik fasilitasi. Teknik analisa data di dalam penelitian ini menggunakan analisa interpretasi literasi.Pembelajaran inkuiri adalah suatu bentuk pembelajaran aktif, dimana kemajuan dinilai dengan bagaimana anak mengembangkan keterampilan eksperimental dan analisis pengetahuan yang mereka miliki. Pembelajaran inkuiri ini menuntut anak untuk aktif mencari pengetahuan mereka sendiri tetapi dalam proses pembelajaran guru tetap wajib memantau dan membimbing anak dalam proses pembelajaran. Kendala penerapan SPI yaitu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses berpikir yang bersandarkan kepada dua sayap yang sama pentingnya, yaitu proses belajar dan hasil belajar, sejak lama tertanam dalam budaya belajar anak bahwa belajar pada dasarnya adalah menerima materi pelajaran dari guru, dengan demikian bagi mereka guru adalah sumber belajar yang utama, berhubungan dengan sistem pendidikan kita yang dianggap tidak konsisten.

Keywords: Belajar, Inkuiri

  1. Aghnia Nur N. , Een Yayah H., U. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak 5-6 Tahun. JAMBURA Early Childhood Education Journal, 5(1), 93–104.
  2. Aisyah, S. (2010). Buku Materi Pokok PAUD: Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.
  3. Dewi, K. (2023). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbasis Steam Dan Loose Parts Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak. JURNAL INOVASI ILMU PENDIDIKAN, 2(1).
  4. Indah Manda, M. L. (2022). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI MELALUI KEGIATAN MENANAM KECAMBAH TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ANASTASIA DELI SERDANG. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32–37. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/sentra/article/view/3124
  5. Khusnaya, F. A., & Kusumaningtyas, N. (2022). ANALISIS PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Wawasan Pendidikan, 2(1), 21–31.
  6. Lala, Hetilaniar, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Materi Suhu Dan Kalor Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konselin, 4(4), 1797–1801. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5609
  7. Nidia Ersiyoma, D. S. (2022). Pembelajaran Inkuiri Melalui Media Loose Parts untuk Mengembangkan Sainsdi PAUD Terpadu Syaiful Jannah Tanah Datar. Jurnal Family Education, 2(3), 260–271. https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/65/52
  8. Novianti Retno, N. N. (2022). Pengembangan Media Jungle Board untuk Meningkatkan Keterampilan Scientific Inquiry Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Pelita PAUD, 7(1), 98–109. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2442
  9. Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang penyelenggaraan pendidikan, pasal 1 ayat 31. (n.d.).
  10. SINAU. (2020). Embracing the Future of Education, Training Education 4.0 Batch VI.
  11. Sit, M. (2016). Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Perdana Publishing.
  12. Tunggal, H. S. (n.d.). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Beserta Peraturan. Harvindo.
  13. Wahyuni, S. (2023a). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 399–348. https://doi.org/10.36312/jcm.v4i2.1486
  14. Wahyuni, S. (2023b). MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING. 3(4), 128.
  15. Yamin, M. (2013). Panduan PAUD. Referensi.

Open Access Copyright (c) 2023 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

apps