Universitas Sriwijaya - Indonesia
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Latar belakang masalah penelitian ini adalah perkembangan kemampuan bicara anak yang belum berkembang sesuai dengan tahap usianya yang dapat diketahui dari ketidaktepatan artikulasi atau kata-kata yang digunakan anak yang menyebabkan pendengarnya kesulitan dalam memahami perkataannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang melatar belakangi keterlambatan bicara pada anak. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang yaitu MH dan MD anak yang berusia (3-4) tahun yang MH dan MD yang mengalami keterlambatan berbicara di Kelurahan Bukit Lama Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Narasumber dalam penelitian ini yaitu orang tua dari subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data collection, reduction, display, verificcasion. Hasil dari penelitian ini menunjukan beberapa faktor yang melatar belakangi keterlambatan berbicara pada anak yaitu kurangnya kosakata, sering menonton televisi, pengaruh gadget, mempunyai latar belakang lidah pendek, kurangnya stimulasi interaksi dan komunikasi, kebiasaan bermain sendiri, riwayat keluarga, Terdapat faktor lain yang merupakan temuan dalam penelitian ini yaitu sering menggunakan bahasa tubuh sehingga kurangnya motivasi anak untuk berbicara.
Keywords: Keterlambatan bicara, usia 3-4 tahun