Peran Orang Tua dalam Melatih Toilet Training Anak Usia Dini di Kelurahan 15 Ulu Palembang

Atthoyibah Munawaroh*  -  Universitas Sriwijaya, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam pelatihan toilet training anak usia (1-3) tahun di Kelurahan 15 Ulu Palembang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian 50 Orang tua dari anak usia (1-3) tahun di Kelurahan 15 Ulu Palembang. Teknik pengumpulan data ini wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase dan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pelatihan toilet training anak usia (1-3) tahun di Kelurahan 15 Ulu Palembang rata-rata telah terlaksana 75%. Jadi disimpulkan bahwa peran orang tua dalam pelatihan toilet training telah dilaksanakan dengan baik seperti dengan memberikan contoh dan membimbing kepada anak untuk  bisa BAB dan BAK ke toilet.

Keywords: peran orang tua; toilet training; pelatihan

  1. Hamid, A., & Yulianti, N. K. E. (2019). Minat Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Bolano Lambunu Parigi Moutong Untuk Melanjutkan Studi Kejenjang Perguruan Tinggi. Jurpis : Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 16(1), 47–57
  2. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (24 ed.). Alfabeta.
  3. Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualititatif, dan Penelitian Gabungan (1 ed.). Kancana.

Open Access Copyright (c) 2022 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VISITOR COUNTER

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JoECCE
apps