Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 3-4 Tahun

Ratna Anjani*    -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Nadia Novianti  -  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia
Cucu Nuraeni  -  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia
Roudothul Jannah  -  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia
Siti Winda Mariam Nabila  -  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia
Rr. Deni Widjayatri  -  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia

(*) Corresponding Author

ABSTRACT

This research is motivated by the problems found in the field, namely the lack of development of problem solving abilities in children aged 3-4 years caused by the lack of availability of learning media. The importance of developing problem-solving skills because children will find problems that must be solved with their problem-solving abilities. Problem solving abilities in children aged 3-4 years include (1) Children are able to complete the tasks given by the teacher; (2) the child understands the concept of the wholeness of an object; (3) the child understands the pattern of the numbers he pronounces; and (4) letters or alphabets that are known to students increase. The purpose of this study was to determine the effect of busy book media implementation in developing problem solving skills of children aged 3-4 years at Azzahra PAUD Pandeglang City.
This study uses a qualitative research method with a descriptive approach. Data collection tools that the authors use in this study are Observation, Interview and Documentation. The results of this study indicate that busy book media affects the development of problem solving skills in children aged 3-4 years. This is evidenced by 7 children including 3 boys and 4 girls before using the busy book there were two underdeveloped children (BB), four developing children Starting to Develop (MB), and one developing according to expectations (BSH). With a percentage of BB 29%, MB 57%, and BSH 14%. Then after the busy book media was implemented there was an increase, namely two children began to develop (MB), four children developed according to expectations (BSH), and one child developed very well (BSB). With a percentage of MB 29%, BSH 57%, and BSB 14%.

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalah yang terdapat di lapangan yaitu kurang berkembangnya kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 3-4 tahun yang disebabkan oleh kurang tersedianya media pembelajaran. Pentingnya pengembangan kemampuan pemecahan masalah karena anak akan menemukan permasalahan yang harus diselesaikan dengan kemampuan pemecahan masalah yang dimilikinya. Kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 3-4 tahun diantaranya (1) Anak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru; (2) anak mengerti konsep keutuhan dari suatu benda; (3) anak memahami pola bilangan yang diucapkannya; dan (4) huruf atau abjad yang dikenal peserta didik bertambah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi media busy book dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah anak usia 3-4 tahun di PAUD Azzahra Kota Pandeglang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media busy book berpengaruh terhadap pengembangan kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 3-4 tahun. Hal ini dibuktikan oleh 7 orang anak diantaranya 3 laki-laki dan 4 perempuan sebelum menggunakan busy book terdapat dua anak Belum berkembang (BB), empat anak berkembang Mulai Berkembang (MB), dan satu anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dengan persentase BB 29%, MB 57%, dan BSH 14%. Kemudian setelah media busy book diimplementasikan terjadi peningkatan, yaitu dua anak mulai berkembang (MB), empat anak berkembang sesuai harapan (BSH), dan satu anak berkembang sangat baik (BSB). Dengan persentase MB 29%, BSH 57%, dan BSB 14%.

Keywords: Development; Early Childhood; Problem Solving Skills; Busy Book

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Aprita, N., & Kurniah, N. (2021). Pengembangan media busy book untuk meningkatkan kemampuan membaca awal dan perkembangan kognitif anak usia dini (studi pada anak kelompok a paud kota bengkulu). DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 50–63. doi:10.33369/diadik.v11i1.18368.
  3. Putri, E. I. E., Fikriyah, D. A., & Wahyuningsih, R. (2020). Implementasi media pembelajaran busy book untuk meningkatkan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep bilangan dikelompok a ra insan mubarok. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 55–65. Retrieved from http://www.ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/558.
  4. Suwatra, I. W., Magta, M., Christiani, C. L. A. (2019). Pengaruh media busy book terhadap kemampuan problem solving anak Kelompok a taman kanak-kanak. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 185–193. doi:10.23887/mi.v24i2.21257.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
  6. Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. Retrieved from https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87.
  7. Patiung, D., Ismawati, I., Herawati, H., & Ramadani, S. (2019). Deteksi dini pencapaian perkembangan anak usia 3-4 tahun berdasarkan standar nasional pendidikan anak usia dini. Nanake Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 25–38. doi:10.24252/nananeke.v2i1.9223.
  8. Rahmadani, A., Yuhasrianti, & Rizka, S. M. (2021). Pengembangan media busy book untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 6(2), 20–29. Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/17619.
  9. Humaida, R. T., & Abidin, M. Z. (2021). Penggunaan media busy book terhadap kognitif pengenalan kemampuan berhitung pada anak usia dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 135–156. doi:10.21043/thufula.v9i1.10293.
  10. Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak pada Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192-209. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/228822655.pdf.
  11. Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan, 5(1), 1560–1566. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086.
  12. Susanto, A. (Eds). (2017). Pendidikan anak usia dini (konsep dan teori). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  13. Sutisna, I. (2020). Teori-teori perkembangan kognitif anak. In : Sutisna, I., & Laiya, S. W. (Ed) Metode pengembangan kognitif anak usia dini, pp. 13–19. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.
  14. Syima, S. (2017). Kemampuan membaca huruf abjad bagi anak usia dini bagian dari perkembangan bahasa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–12. doi:10.35568/earlychildhood.v1i1.63.
  15. Veronica, N. (2018). Permainan edukatif dan perkembangan kognitif anak usia dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–55. doi:10.30651/pedagogi.v4i2.1939.
  16. Prihatini, V. A., & Mursid, M. (2022). Implementasi permainan ular tangga raksasa dalam mengembangkan kognitif anak usia dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 2(1), 61–82. doi:10.21580/joecce.v2i1.10346.
  17. Anggraini, W., Nasirun, M., & Yulidesni, Y. (2020). Penerapan strategi pemecahan masalah dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok b. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31–39. doi:10.33369/jip.5.1.31-39.

Open Access Copyright (c) 2023 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VISITOR COUNTER

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JoECCE
apps