Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 3-4 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.21580/joecce.v3i1.12650Keywords:
Perkembangan, Anak Usia Dini, Keterampilan Pemecahan Masalah, Busy BookAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat di lapangan yaitu kurang berkembangnya kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 3-4 tahun yang disebabkan oleh kurang tersedianya media pembelajaran. Pentingnya pengembangan kemampuan pemecahan masalah karena anak akan menemukan permasalahan yang harus diselesaikan dengan kemampuan pemecahan masalah yang dimilikinya. Kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 3-4 tahun diantaranya (1) anak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru; (2) anak mengerti konsep keutuhan dari suatu benda; (3) anak memahami pola bilangan yang diucapkannya; dan (4) huruf atau abjad yang dikenal peserta didik bertambah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi media busy book dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah anak usia 3-4 tahun di PAUD Azzahra Kota Pandeglang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media busy book berpengaruh terhadap pengembangan kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 3-4 tahun. Hal ini dibuktikan oleh 7 orang anak diantaranya 3 laki-laki dan 4 perempuan sebelum menggunakan busy book terdapat dua anak Belum berkembang (BB), empat anak Mulai Berkembang (MB), dan satu anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dengan persentase BB 29%, MB 57%, dan BSH 14%. Kemudian setelah media busy book diimplementasikan terjadi peningkatan, yaitu dua anak mulai berkembang (MB), empat anak berkembang sesuai harapan (BSH), dan satu anak berkembang sangat baik (BSB). Dengan persentase MB 29%, BSH 57%, dan BSB 14%.Downloads
References
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Aprita, N., & Kurniah, N. (2021). Pengembangan media busy book untuk meningkatkan kemampuan membaca awal dan perkembangan kognitif anak usia dini (studi pada anak kelompok a paud kota bengkulu). DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 50–63. doi:10.33369/diadik.v11i1.18368.
Putri, E. I. E., Fikriyah, D. A., & Wahyuningsih, R. (2020). Implementasi media pembelajaran busy book untuk meningkatkan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep bilangan dikelompok a ra insan mubarok. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 55–65. Retrieved from http://www.ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/558.
Suwatra, I. W., Magta, M., Christiani, C. L. A. (2019). Pengaruh media busy book terhadap kemampuan problem solving anak Kelompok a taman kanak-kanak. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 185–193. doi:10.23887/mi.v24i2.21257.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. Retrieved from https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87.
Patiung, D., Ismawati, I., Herawati, H., & Ramadani, S. (2019). Deteksi dini pencapaian perkembangan anak usia 3-4 tahun berdasarkan standar nasional pendidikan anak usia dini. Nanake Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 25–38. doi:10.24252/nananeke.v2i1.9223.
Rahmadani, A., Yuhasrianti, & Rizka, S. M. (2021). Pengembangan media busy book untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 6(2), 20–29. Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/17619.
Humaida, R. T., & Abidin, M. Z. (2021). Penggunaan media busy book terhadap kognitif pengenalan kemampuan berhitung pada anak usia dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 135–156. doi:10.21043/thufula.v9i1.10293.
Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak pada Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192-209. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/228822655.pdf.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan, 5(1), 1560–1566. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086.
Susanto, A. (Eds). (2017). Pendidikan anak usia dini (konsep dan teori). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sutisna, I. (2020). Teori-teori perkembangan kognitif anak. In : Sutisna, I., & Laiya, S. W. (Ed) Metode pengembangan kognitif anak usia dini, pp. 13–19. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.
Syima, S. (2017). Kemampuan membaca huruf abjad bagi anak usia dini bagian dari perkembangan bahasa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–12. doi:10.35568/earlychildhood.v1i1.63.
Veronica, N. (2018). Permainan edukatif dan perkembangan kognitif anak usia dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–55. doi:10.30651/pedagogi.v4i2.1939.
Prihatini, V. A., & Mursid, M. (2022). Implementasi permainan ular tangga raksasa dalam mengembangkan kognitif anak usia dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 2(1), 61–82. doi:10.21580/joecce.v2i1.10346.
Anggraini, W., Nasirun, M., & Yulidesni, Y. (2020). Penerapan strategi pemecahan masalah dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok b. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31–39. doi:10.33369/jip.5.1.31-39.