Pengembangan Komunikasi Efektif dalam Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.21580/joecce.v3i1.13405Keywords:
Mengembangkan, komunikasi efektif, Anak Usia Dini,Abstract
Komunikasi merupakan suatu aktivitas yang sangat sering dilakukan oleh setiap orang dalam lingkup apapun, dimanapun, dan kapanpun. Komunikasi dalam PAUD adalah suatu poses hubungan antara pendidik dan peserta didik, dalam pembelajaran anak akan selalu berkomunikasi dengan guru, dengan menyampaikan informasi atau pesan sehingga ada umpan balik antara pendidik dan peserta didik. Komunikasi dalam pendidikan anak usia dini sangat penting, karena dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak. Selain itu dengan melaksanakan komunikasi efektif dapat menciptakan pola hubungan yang baik antara pendidik dan peserta didik. Dengan komunikasi efektif diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi anak maupun sekolah.
Downloads
References
Afifah F. N., D. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Online melalui Strategi Komunikasi Efektif Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2356–1327. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1615
Baharuddin. (2022). MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANA. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN ANAK, 8(2), 17–32. https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/4771/3508
Eva M, N. (2023). MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMK SAMUDERA BUANA LANGKAPLANCAR. Jurnal Literasi Unggulan Ilmiah, 1(1), 24–31.
FAISALV, A. (2019). IMPEMENTASI KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK RUMAH CITTA YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan, 20(1), 1–20. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/1051
Fajar, L. (2023). Deep Talksebagai Pola Komunikasi Efektif dalam Keluarga. Islamic Studies Across Different Perspective: Trends, Challenges and Innovation, 19. https://conferences.uinsgd.ac.id/gdcs
Fauzi. (2013). Pendidikan Komunikasi Anak Usia Dini: Berbasis Kecerdasan Bahasa dan Kecerdasan Sosial.
Hanum, R. (2017). MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak BUYYANA, 3(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/2044/1515
Nisa, H. (2016). Komunikasi Yang Efektif Dalam Pendidikan Karakter. Universum. 10(1), 49–63. https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.223
Priatna, T. (2017). Prosedur Penelitian Pendidikan. CV. Insan Mandiri.
Rima Ivana, D. K. (2023). Komunikasi Efektif Dengan Pendekatan Psikologi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 351–363.
Subagyo, J. (2004). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Rineka Cipta.