Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Taktuk Payung Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Pacing Padas Ngawi

Authors

  • Nurul Hidayah STKIP Modern Ngawi
  • Arwendis Wijayanti STKIP Modern Ngawi
  • Octavian Dwi Tanto STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.21580/joecce.v3i2.16900

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan tradisional taktuk payung dapat meningkatkan motorik kasar anak dan untuk mengetahui bagaimana kegiatan permainan tradisional taktuk payung dapat meningkatkan motorik kasar anak di TK Dharma Wanita Pacing Tahun 2022-2023. Subjek penelitian ini yaitu 20 orang anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Tehnik analisis data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan menganalisis data dari wawancara selama penelitian untuk langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yang membandingkan hasil yang diperoleh dari prasiklus, siklus I  dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional taktuk payung, dibuktikan dengan rata-rata pemahaman skor kemampuan motorik kasar prasiklus sebesar 92, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 116, dan siklus II sebesar 154.

 

 

Kata Kunci: kemampuan, motorik kasar, permainan tradisional taktuk payung

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andang Ismail. 2009. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media

Aqib, Z (2010). Pedoman Tehnis Penyelenggara PAUD . Bandung : Nuansa Aulia

Azizah, I. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Gaya dikelas IV Mingronggot Nganjuk. Jurnal : Dinamika Penelitian, 16 (2).blm. 279-208

Bambang Sujiono.(2007). Metode Pengembangan Fisik ( Edisi Revisi). Jakarta : Universitas Terbuka.

Bambang Sujiono. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : Universitas Terbuka.

B.E.F.Montalalu (2005), Bermain dan Permainan Anak, Jakarta : Universitas Terbuka

Dariyo, A.(2007). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Tiga Tahun Pertama, Bandung : Redika Aditama

Depdikbud.1997. Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi. Jakarta : Depdikbud.

Hurlock, Elizabeth.2006. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.

Iswinarti.(2007). Permainan Tradisional sebagai Model Peningkatan Kompetisi Sosial Anak Usia Dini Sekolah Dasar. Laporan Penelitian. Malang : Lembaga Penelitian UMM

John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi Kesebelas. Jakarta : PT Erlangga.

Kurniati, Euis. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta : Kencana

Lismadiana, 2013. Peran Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Keolahragaan. Th II. No (3)

Semiawan, Conny R.Prof.Dr.2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta : PT Index.

Sukintaka. (2001). Teori Pendidikan Jasmani. Solo. Esa Grafika

Sukirman Dharmamulya. (2008). Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta : Kepel Press.

Sunardi dan Sunaryo. (2007). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Depdiknas.

Wismoyo, Arismunandar, 1999. Pelaksanaan dan Hasil Program Pelatihan Olahraga. Kini Pusat

Yuliani, Supriatin Kuat dkk 2017. Pelaksanaan Asesmen Kemampuan Motorik pada Anak Dengan Hambatan Motorik di Taman Kanak-Kanak.

Downloads

Published

2023-10-27

Issue

Section

Articles