Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Taktuk Payung Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Pacing Padas Ngawi

Nurul Hidayah*  -  STKIP Modern Ngawi, Indonesia
Arwendis Wijayanti  -  STKIP Modern Ngawi, Indonesia
Octavian Dwi Tanto  -  STKIP Modern Ngawi, Indonesia

(*) Corresponding Author

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan tradisional taktuk payung dapat meningkatkan motorik kasar anak dan untuk mengetahui bagaimana kegiatan permainan tradisional taktuk payung dapat meningkatkan motorik kasar anak di TK Dharma Wanita Pacing Tahun 2022-2023. Subjek penelitian ini yaitu 20 orang anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Tehnik analisis data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan menganalisis data dari wawancara selama penelitian untuk langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yang membandingkan hasil yang diperoleh dari prasiklus, siklus I  dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional taktuk payung, dibuktikan dengan rata-rata pemahaman skor kemampuan motorik kasar prasiklus sebesar 92, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 116, dan siklus II sebesar 154.

 

 

Kata Kunci: kemampuan, motorik kasar, permainan tradisional taktuk payung

 

  1. Andang Ismail. 2009. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media
  2. Aqib, Z (2010). Pedoman Tehnis Penyelenggara PAUD . Bandung : Nuansa Aulia
  3. Azizah, I. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Gaya dikelas IV Mingronggot Nganjuk. Jurnal : Dinamika Penelitian, 16 (2).blm. 279-208
  4. Bambang Sujiono.(2007). Metode Pengembangan Fisik ( Edisi Revisi). Jakarta : Universitas Terbuka.
  5. Bambang Sujiono. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : Universitas Terbuka.
  6. B.E.F.Montalalu (2005), Bermain dan Permainan Anak, Jakarta : Universitas Terbuka
  7. Dariyo, A.(2007). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Tiga Tahun Pertama, Bandung : Redika Aditama
  8. Depdikbud.1997. Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi. Jakarta : Depdikbud.
  9. Hurlock, Elizabeth.2006. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.
  10. Iswinarti.(2007). Permainan Tradisional sebagai Model Peningkatan Kompetisi Sosial Anak Usia Dini Sekolah Dasar. Laporan Penelitian. Malang : Lembaga Penelitian UMM
  11. John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi Kesebelas. Jakarta : PT Erlangga.
  12. Kurniati, Euis. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta : Kencana
  13. Lismadiana, 2013. Peran Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Keolahragaan. Th II. No (3)
  14. Semiawan, Conny R.Prof.Dr.2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta : PT Index.
  15. Sukintaka. (2001). Teori Pendidikan Jasmani. Solo. Esa Grafika
  16. Sukirman Dharmamulya. (2008). Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta : Kepel Press.
  17. Sunardi dan Sunaryo. (2007). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Depdiknas.
  18. Wismoyo, Arismunandar, 1999. Pelaksanaan dan Hasil Program Pelatihan Olahraga. Kini Pusat
  19. Yuliani, Supriatin Kuat dkk 2017. Pelaksanaan Asesmen Kemampuan Motorik pada Anak Dengan Hambatan Motorik di Taman Kanak-Kanak.

Open Access Copyright (c) 2023 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VISITOR COUNTER

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JoECCE
apps