Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Metode Bermain Peran

Sulistyani Sulistyani*  -  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia
Herawati Herawati  -  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia
Sudarti Sudarti  -  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Results

Kemampuan interaksi sosial anak di kelompok A RA Fatih Al-Baariq Desa Jawa Tengah memiliki kecenderungan anak bermain sendiri, kurangnya anak dalam bergaul, tidak saling tegur sapa, masih jarang melakukan kontak mata saat bercakap - cakap, dan saat proses masih berpusat pada guru yang menyebabkan pembicaraan lebih banyak didominasi oleh guru. Tujuan penelitian adalah mengetahui kondisi objektif kemampuan interaksi sosial anak sebelum diterapkan metode bermain peran dan penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak. Metode penelitian menggunakan tindakan kelas yang kolaboratif dengan bermain peran profesi. Subjek dalam penelitian berjumlah 23 anak. Hasil penelitian i adalah kemampuan interaksi sosial anak mengalami peningkatan pada setiap indikator diantaranya anak mampu menyapa, anak mampu berkomunikasi secara verbal, anak mampu meminta bantuan, anak mampu menyimak, anak mampu bertanya dan anak mampu bercakap-cakap. Rekomendasi yang diberikan meningkatkan interaksi sosial anak sebagai metode yang menarik, dan memotivasi dan melibatkan anak secara langsung .

Supplement Files

Keywords: Kemampuan Interaksi Anak;Metode Bermain Peran;

  1. Alfitriani Siregar. (2018). Metode Pengajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini . Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.
  2. Andi Agusniatih dan Jane M Monepa. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini . Edu Publisher.
  3. Anggraini Wardah & Putri Anggi. (2019). ). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Earli Childhood Education and Development, 1.
  4. Ashar, A. R. N. R. I. (2023). Literature Review Implementasi Bermain Peran Untuk Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak. Journal on Education, 5(3).
  5. Aufa Amroini Indah Saesari, M. F. A. U. & D. N. (2023). ANALISIS METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2477–5673.
  6. Endrasmoyo Wiku. (2018). Cakra Matematika Inovasi Cerdas Matematika Dasar . Indocamp.
  7. Euis Ningsih. (2013). Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment , 2(2), 131.
  8. Farnar Virgia Ningrum & Anam CHairul. (2014). Kemampuan Interaksi Sosial Antara Remaja Yang Tinggal Di Pondok Pesan tren Dengan Yang Tinggal Bersama Keluarga. Jurnal Fakultas Psikologi, 2(2).
  9. Ibadullah Malawi dan Ani Kadarwati. (2017). Pembelajaran Tematik Konsep dan Aplikasi. CV Media Grafika.
  10. Khoerunnisa Nisa. (2015). ). Optimalisasi Metode Bermain Peran Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif Dalam Mengasah Percaya Diri Anak Usia Dini. 18(1).
  11. Mahmud dkk. (2015). Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya. PT. Remaja Rosdakarya.
  12. Maunah. (2016). Sosiologi Pendidikan. Kalimedia.
  13. Pebriana Putri Hana. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi PG-PAUD, 1(1), 2549–8959.
  14. Ritonga & Tarigan. (2011). Pola Komunikasi Antar Budaya Dalam Interaksi Sosial Etnis Karo Dan Etnis Minang Di Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo. Jurnal Ilmu Sosial- Fakultas Isipol Uma, 4(2), 2085–0328.
  15. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta .
  16. Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep Dan Teori. Bumi Aksara.
  17. Widodo Agustinus Sugeng & Pratitis Niken Titi. (2013). Harga Diri Dan Interaksi Sosial Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Orang Tua. Jurnal Psikologi Indonesia, 2–2.

Open Access Copyright (c) 2023 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

apps