Sosialisasi Akreditasi BAN PAUD dan PNF Serta Pendampingan Pengisian Sispena 3.1 Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se- Kabupaten Gresik

Authors

  • Umi Masturoh STAI Al Azhar Menganti Gresik
  • Ayunda Sayyidatul Ifadah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.21580/joecce.v3i2.17687

Keywords:

akreditasi BAN PAUD dan PNF, sispena 3.1, satuan/sekolah

Abstract

Sistem Penilaian Akreditasi atau yang biasanya disingkat dengan Sispena adalah aplikasi penilaian akreditasi berbasis web dengan pemanfaatan data pokok pendidikan dan kebudayaan (dapodik) untuk memudahkan dalam proses pelaksanaan akreditasi, khususnya pada ranah pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan nonformal (PNF). Aplikasi sispena ini sangat mudah dan efisien bisa diakses dari mana saja, kapan saja dengan syarat pengguna terhubung dengan akses internet dan satuan/sekolah memiliki akun – username dan password - untuk mengakses. Meski disadari bahwa akreditasi adalah proses reguler yang harus dilakukan oleh satuan pendidikan khususnya satuan pendidikan pada anak usia dini (PAUD) dan pendidikan nonformal (PNF) agar dapat dikategorikan sebagai lembaga yang layak untuk menyelenggarakan pendidikan, pada  kenyataannya masih banyak ditemukan satuan pendidikan di Kabupaten Gresik masih belum memperhatikan hal ini secara seksama. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam rangka memberikan sosialisasi akreditasi BAN PAUD dan PNF serta pendampingan pengisian sispena 3.1 pada satuan PAUD dan PNF se kabupaten Gresik sebagai langkah awal mengajukan akreditasi guna meningkatkan nilai akreditasi. Subyek kegiatan sosialisasi dan pendampingan ini adalah sasaran sampul acak yang wajib mengikuti akreditasi (compulsory) dari seluruh satuan PAUD baik KB/PG atau TK/RA atau PKBM sebanyak 63 satuan. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi akreditasi dan pendampingan pengisian sispena 3.1 ini dilaksanakan secara luring pada Selasa, 23 Mei 2023 bertempat di UPT SMP Negeri 3 Gresik Jln. Panglima Sudirman No. 100 Gresik dengan peserta adalah seluruh operator sekolah yang didampingi oleh Ibu Kepala Sekolah. Pada saat kegiatan pemaparan materi narasumber/pemateri menggunakan metode simulasi praktik secara langsung dengan pengisian data akreditasi melalui aplikasi sispena 3.1 kepada 63 satuan peserta. Hasil dari kegiatan sosialisasi akreditasi dan pendampingan pengisian sispena 3.1  yaitu peserta dari masing-masing sekolah dapat memahami pentingnya kegiatan akreditasi dan mekanisme pengisian data akreditasi melalui sispena 3.1 dengan baik, serta menyiapkan indikator pemenuhan mutlak dan dokumen berupa data mutu lulusan, data proses pembelajaran, data mutu guru data managerial sekolah dan data sarana dan prasarana untuk memenuhi unsur penilaian yang ada pada sistem badan akreditasi nasional. Peserta cukup antusias yang awalnya masih banyak di antara operator sekolah belum begitu memahami cara pengisian data Akreditasi pada aplikasi sispena 3.1 namun setelah diadakan sosialisasi dan pendampingan ini masing-masing sekolah bisa melanjutkan pengisiannya dari rumah atau sekolah masing-masing serta masih tetap ada pemantauan melalui media sosial whatsapp group secara intensif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, 2009, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:

Bumi Aksara.

Damsar, 2015, Pengantar Teori Sosiologi. Jakarta : Prenada Media

Group

Depdiknas,. 2003, Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem

pendidikan nasional

Fakhruddin, A. U. (2019). Menjadi Guru PAUD. Elex media

komputindo.

Febrianti, R., Wadin, W., & Pradikto, B. (2020). Analisis Kesiapan

Pkbm Dalam Menghadapi Akreditasi Berbasis Sispena 2.0 dI Kabupaten Rejang Lebong. Journal Of Lifelong Learning, 3(2), 88–99.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/05/transformasi-akreditasi-untuk-pendidikan-paud-dan-pnf-yang-berkualitas (diakses 2 Agustus 2023)

Jamal Ma'mur Asmani, 2011, Tips Praktis Membangun dan Mengelola

Administrasi Sekolah, Jogjakarta: Diva Press

Notoatmodjo, Soekidjo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nur Zazin., 2011, Gerakan Menata Mutu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-

Ruzz Media

Raihana, R. (2018). Urgensi sekolah PAUD untuk tumbuh kembang

anak usia dini.

Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 17–28.

Rustaman, N., 2001, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial

Bhakti Utama

Susilowati, E., Dewi, K., & Kartika, T. (2019). Penerapan Standar

Nasional Pengasuhan Pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Di Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Ilmiah Kebijakan Dan Pelayanan Pekerjaan Sosial, 1(1).

Ulfa, M., & Munastiwi, E. (2020). Analisis Perencanaan Dalam

Manajemen Pendirian Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.

LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 26–37.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 4

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005

tentang Standar Nasional Pendidikan

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 Tentang

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2012 tentang

Badan Akreditasi Nasional

Wijoyo, H. (2020). Sosialisasi Sistem Penilaian Akreditasi (SisPenA)

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 1(1), 7–10.

Downloads

Published

2023-10-27

Issue

Section

Articles