Pengaruh Peran Orangtua Terhadap Pembentukkan Karakter Tanggung Jawab Anak Usia Dini

Uswatun Hasanah*  -  Pendidikan Guru PAUD Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument
Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan peran orangtua dalam menanamkaan karakter tanggungjawab pada anak di Kec. Umbulharjo, Yogyakarta. Aspek karakter tanggung jawab yang akan diteliti yaitu tanggung jawab pribadi dan tanggung jawab sosial. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode korelasi. Variabel independent (bebas) dalam penelitian ini yaitu peran orangtua dan variabel dependent (terikat) adalah karakter tanggungjawab anak. Penelitian ini dilakukan di empat sekolah PAUD dengan latar belakang yang berbeda-beda di Kec. Umbulharjo, Yogyakarta. Waktu yang digunakan yaitu Juni-Juli 2023. Populasi dari penelitian ini yaitu orangtua dan guru di Kec. Umbulharjo, Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratifed Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner dalam bentuk hardfile melalui uji validitas dan reliabilitas. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji lilineritas, uji homogenitas dan analisis product moment. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu terdapat hubungan peran orang terhadap karakter tanggung jawab dilihat dari hasil uji coba pada korelasi pearson yaitu nilai Pearson Correlation sebesar 0,270 yang mana nilai ini berarah positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika peran orangtua yang diberikan semakin tinggi (baik), maka karakter tanggung jawab anak usia dini juga akan meningkat dan sebaliknya. 

Supplement Files

Keywords: Peran Orangtua, Karakter Tanggung Jawab, Anak Usia Dini

  1. Amanda , L., Yanuar , F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas Dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika , 179-188.
  2. Apriana, A. N., & Rahmiwati, N. (2021). Proses Pembentukan Karakter Disiplin Tanggung Jawab dan Kemandirian melalui Program Pembiasaan dan Keteladanan di TK A Kota Cimahi. Journal Riset Pendidikan Guru PAUD , 26-29.
  3. Ardila, R. M., Nurhasanah, N., & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya. Prosiding Seminar Nasional Inovasi .
  4. Fikriyah , S., Mayasari , A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 11-19.
  5. Ginanjar , M. H. (2013). Keseimbangan Peran Orangtua dalam Pembentukan Karakter Anak . Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam , 230-242.
  6. Hardiyanti, D. (2021). Keluarga: Pendekatan Teoritis Terhadap Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 21-28.
  7. Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 . JCE (Journal of Childhood Education), 71-81.
  8. Irmalia, S. (2020). Peran Orangtua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini . Jurnal El-Hamra : Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 31-37.
  9. Marisa. (2022). Peran Orang Tua Membimbing Anak Dalam Pelaksanaan Pembelajaraan Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Kampung Bahari. (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu), 1-70.
  10. Mashar , R. (2015). Teknik Konseling Metafora untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa 6-7 Tahun di Kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.
  11. Mashar , R. (2018 ). Keterampilan Pengasuhan Keluarga dan Permasalahan Perkembangan Karakter Anak di Magelang. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan , 97-108.
  12. Melati, P., Setiawati, & Solfema. (2018). Hubungan Antara Perhatian Yang Diberikan Orang Tua Dengan Tingkat Perkembangan Moral Anak Usia Dini. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 79-92.
  13. Mustika, D. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 361-372.
  14. Muthmainnah. (2012). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 103-112.
  15. Ningsih, P. W., & Dafit, F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 508-514.
  16. Nita, D. A. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Bertanggung Jawab Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Padang Kemiling Rt.13 Rw.05 Kecamatan Selebar Kota Bengkulu . (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
  17. Nur'aeni, I. F., & Hamdan, S. R. (2020). Studi Keterlibatan Orang Tua dan Pengukurannya Pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Psikolog, 712-715.
  18. Nurmasita , N., & Rofiah, N. H. (2018). Peran Orangtua dalam Penanaman Tanggungjawab Pada Siswa SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 Gamping . Fundamental Pendidikan Dasar, 74-84.
  19. Oktariyanti, F. (2022). Pengaruh Peran Orangtua Terhadap motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5 SDN Ciracas 15 Pagi. (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), 1-115.
  20. Pangastuti, R., Pratiwi, F., Fahyuni, A., & Kammariyati, K. (2020). Pengaruh Pendampingan Orangtua Terhadap Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak Selama Belajar dari Rumah. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 132-146.
  21. Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam . Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 191-207.
  22. Resita, M. (2020). Peningkatan Sikap Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Demangan Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Menggunakan Model PBL . Skripsi: Dipublikasi .
  23. Rohita. (2020). Pengenalan Covid-19 Pada Anak Usia Prasekolah: Analisis Pada Pelaksanaan Peran Orangtua Di Rumah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 315-326.
  24. Rohyati. (2015). Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek Di TK Tunas Ibu Kalasan . Skripsi javascript:void(0) .
  25. Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio, 568-577.
  26. Tarradiah, I. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Dari Rumah di TK Roudotunnur Rajabasa. (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG)., 1-76.
  27. Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Pancar, 232-245.
  28. Widayati, T. (2018). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Perempuan Perspektif Pendidikan Islam . (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung), 28-29.
  29. Yulianingsih , W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1138-1150.

Open Access Copyright (c) 2023 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VISITOR COUNTER

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JoECCE
apps