Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Munculnya Permasalahan Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.21580/joecce.v3i2.18066Keywords:
Pola asuh, Perilaku Sosial-emosional, Anak Usia DiniAbstract
Perkembangan sosial-emosional anak usia dini merupakan kemampuan anak untuk sepenuhnya mengelola dan mengekspresikan emosi baik positif maupun negatif. Fokus permasalahan yaitu bagaimana bentuk pola asuh orang tua serta karakteristik perilaku sosial emosional anak di Desa Degan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (fiels research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh Ibu Nia adalah pola asuh demokratis semi otoriter, Ibu Siti pola asuh otoriter, Ibu Lia dan Ibu Gita pola asuh permisif. Perilaku sosial emosional Amir dengan pola asuh demokratis semi otoriter antara lain: disiplin, memiliki kesadaran berbagi, kerja sama, tolong menolong, mengerti tugas dan tanggung jawab, agresif, mandiri, antusias dalam belajar, sulit diatur, berkata kasar, pemalu, mudah marah, ketika menginginkan sesuatu harus dituruti, dan mudah menangis. Sedangkan Fika dengan pola asuh otoriter memiliki perilaku sosial emosional antara lain: agresif tapi pasif, mandiri, kritis, kesadaran berbagi dan tolong menolong, kurang antusias dalam belajar, mudah marah, mau menang sendiri, dan pemalu. Perilaku sosial emosional Riski dengan pola asuh permisif antara lain: hyperaktif, sulit diatur, agresif, kurang antusias dalam belajar, percaya diri, tidak disiplin, mudah marah, emosi tidak stabil, manja. Sedangkan perilaku sosial emosional Kevin antara lain: agresif, sulit diatur, percaya diri, mudah bergaul, mandiri, kesadaran tolong menolong, kurang antusias dalam belajar, kurang disiplin, mudah marah, mudah menangis, serta emosi yang tidak stabil.
Downloads
References
Amruddin, Muskananfola, I. L., Febriyanti, E., Badi’ah, A., Pandie, F. R., Goa, M. Y., Letor, Y. M. K., Pratiwi, R. D., Barimbing, M. A., Paulus, A. Y., Selly, J. B., Tahu, S. K., Israfil, S. S., Feoh, F. T., Lette, A. R., Christianto, H., Tage, Petrus Kanisius Siga Bire, W. L. O. R., Puteri, A. D., Foekh, N. P., … Djaniar, U. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (A. Munandar (ed.)). Media Sains Indonesia.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (ed.)). Jejak Publisher.
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak (The Importance of Childhood Education for Child Development). Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(No. 1), 50–58.
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Golden Age, 2(2), 66–74.
Elfanany, B. (2013). Strategi Jitu Meningkatkan Skor Tes IQ Anak Pra Sekolah (PAUD & TK) (W. T. (ed.)). Araska.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara.
Hartono, J., Zaki, A., Purwanto, Sugiyanto, C., Fatmawati, D., Sulistyaningrum, E., Bastian, I., Saputro, J. A., Sholihin, M., Hanafi, M. M., Kuncoro, M., Indarti, N., Winardi, R. D., Rostiani, R., Nastiti, T., Suyanto, & Ciptono, W. S. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data (J. Hartono (ed.); I). Andi.
Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Kusmawati, I. I., Putri, N. R., Argaheni, N. B., Nugraheni, A., Sukamto, I. S., & Juwita, S. (2023). Pola Asuh Orang Tua dan Tumbuh Kembang Balita. Jujak Publisher.
Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al-Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/dx.doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122
Ndari, S. S., Vinayastri, A., & Masykuroh, K. (2018). Metode Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (R. S. Dewi (ed.)). Edu Publisher.
Nisa, D. I. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. UIN Walisongo.
Nurjanah, S. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Desa Adi Karya Mulya Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji. IAIN Metro.
Pudjiastuti, A., Marwiyati, S., Sabi’ati, A., Windarta, L. R. P., Rahmawati, R., & Yanti, W. E. H. (2016). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini (Suyadi (ed.)). Editie Pustaka.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approoach). Deepublish.
Senturk, E. (2021). Permasalahan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Taman Kana-kanak (TK) Sekolah nternasional : Studi Kasus Anak Didik Warga Negara Asing (WNA). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sunarsih, T. (2018). Tumbuh Kembang Anak. Remaja Rosdakarya.
Syukur, T. A., Haddar, G. Al, Istiqamah, Fahmi, A. I., Haridah, Risan, R., Sugisman, Siswantara, Y., Arum, D. N. S., Zaenurrosyid, A., Novelti, & Maq, M. M. (2023). Pendidikan Anak dalam Keluarga. In M. Sari & A. Yanto (Ed.), Fungsi dan Bentuk Serta Struktur Keluarga. Global Eksekutif Teknologi.