Implementasi Ekstrakurikuler Gamelan dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak Usia Dini

Wafiq Wahidatus Sadiyah*  -  Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Source Text

Pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadi jenjang pertama dalam pendidikan di Indonesia, dimana dalam pendidikan usia dini memuat 6 aspek perkembangan yang meliputi nilai agama dan moral, aspek fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan seni. Seni musik dapat diajarkan pada anak ketika sedang pembelajaran berlangsung ataupun sebagai ekstrakurikuler. Gamelan bertujuan untuk menstimulasi aspek perkembangan anak serta mengembangkan karakter anak usia dini berupa peningkatan rasa tanggung jawab, disiplin, santun, toleransi dan juga gamelan sebagai rasa cinta tanah air serta karakter kebangsaan. Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan metode survei data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa: observasi dan dokumentasi, serta wawancara secara mendalam terhadap informan. Data tersebut dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang baik dalam membentuk dan menanamkan nilai karakter di TK dengan mewawancarai informan yang dilihat dari aspek alat musik gamelan dan instrumen musik. Adapun pendidik dan murid sama-sama memiliki pengaruh positif dan pengaruh negatif terhadap nilai karakter anak.

Supplement Files

Keywords: Ekstrakurikuler;gamelan; pendidikan karakter; anak usia dini;

  1. Afifah, R. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan Untuk Membentuk Perilaku Siswa Di Sdn Blimbing 3 Malang. . . Universitas Islam Negeri Maulana Malik.
  2. Andri Kurniawan, (n.d.). (n.d.). Pendidikan Anak Usia Dini (Aulia Syafni Salsabila (ed.); 1st ed.). PT, GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
  3. Arya Dani Setyawan, G. P. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD N 2 BALONG. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3), 914–918.
  4. Evi Nur Khofifah, & S. M. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579
  5. Fauziah, N. N., & Nur, L. (2022). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Gamelan di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 636–645. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2720
  6. Gusti Ayu Agung, R. M. (2023). MENJELAJAHI HUBUNGAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DENGAN PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FORMAL STUDI KASUS TK KUMARA BHUANA. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 35–45.
  7. Intan Sri Devi Sitorus, D. (2024). Understand The Richness of Melayu Musical Heritage: Tradicional Musical Instruments and Their Functions. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3046–4560.
  8. Kurniawanto, A., Sulistijono, I. A., & Kusuma, C. (2011). BELAJAR GAMELAN JAWA MENGGUNAKAN PLATFORM iOS. Les, 1–6. http://repo.pens.ac.id/id/eprint/1064
  9. Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
  10. Niland, N., Pearce, A. P., Naumann, D. N., O’Reilly, D., Series, P. B., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Orsini, R. J., Medicine, T., Kalkman, J. P., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., M., Bidinger, Assistance, H., Mitigate, T. O., Eroukhmanoff, C., & L., & D. (2020). Implementasi Kebijakan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Tegal. Global Health, 167(1), 1–5.
  11. Ningsih, T. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter untuk meningkatkan mutu di sekolah. 7(1), 61.
  12. Novita Ramadani Purnama Sari, Rofian, W. P. (2023). ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SDN SUNGGINGWARNO 01 KABUPATEN PATI. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5), 1984–1992.
  13. Rahmadani, E., Zuljalal, M., & Hamdany, A. (2023). Implementasi Nilai- Nilai Penguatan Pendidikan Karakter ( PPK ) di Sekolah Dasar. 6, 10–20.
  14. Ridgers, N. D., Knowles, Z. R., & Sayers, J. (2012). Children ’ s Geographies Encouraging play in the natural environment : a child-focused case study of Forest School. October 2014, 37–41. https://doi.org/10.1080/14733285.2011.638176
  15. Rohma Ayu Dwi Fatmawati, H. U. K. (2022). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Karawitan dalam Mengembangkan Karakter Disiplin dan Cinta Tanah Air Siswa. JURNAL BASICEDU, 6(3), 4768–4775.
  16. Saputra, A.Rahmadani, E., Zuljalal, M., & Hamdany, A. (2018). Implementasi Nilai- Nilai Penguatan Pendidikan Karakter ( PPK ) di Sekolah Dasar. 6, 10–20.
  17. Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak pada Usia Dini. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10, 192–209.
  18. Tanti Rosmiati, D. (2024). POLA BARISAN DALAM ALAT MUSIK GANGSA DAERAH BALI. Cerdika: JurnalIlmiah Indonesia, 4(2), 102–108.
  19. Ulum, N. B. (2015). Pendidikan guru pendidikan anak usia dini fakultas ilmu pendidikan universitas negeri semarang. Artikel Jurnal Skripsi.
  20. Widayati, D. W. (2018). Manajemen Ekstrakurikuler Karawitan Dan Kaitannya Dengan Penanaman Nilai-Nilai Luhur Budaya Bangsa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 163–170. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2984
  21. Wirani Nur Patria, M. A. (2024). Analisis Elemen Dimensi Berkebhinekaan Global Dalam Ekstrakurikuler Karawitan di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1947–1960.
  22. Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. PT Remaja Rosdakarya.

Open Access Copyright (c) 2024 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

apps