Pelaksanaan Kegiatan Drum Band untuk Meningkatkan Perkembangan Seni dan Motorik Kasar Anak Usia Dini

Riska Hidayatul Arifah*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument Research Results common.other Research Results

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan drum band dapat menstimulasi perkembangan aspek seni dan motorik kasar anak di RA Bina Mutiara Hati Semarang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, sumber data hasil wawancara atau hasil pengamatan perilaku anak. Waktu pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada saat PLP II berlangsung dari tanggal 3 September sampai 3 Oktober. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelas B1 yang berjumlah 15 anak dengan rata-rata usia 5-6 tahun. Dalam hal ini, peneliti melakukan penelitian dengan mengumpulkan data dari observasi, dokumentasi dan mengumpulkan hasil wawancara atau hasil pengamatan. Berdasarkan hasil observasi penelitian pada kegiatan drum band di RA Bina Mutiara Hati bahwa bermain drum band dapat meningkatkan perkembangan seni musik pada anak, melatih motorik kasar, sosial emosional, kekompakan, konsentrasi dan berkoordinasi yang tepat.

Supplement Files

Keywords: Drum Band; Aspek Seni Anak; Perkembangan Motorik Kasar; Perkembangan Sosial Emosional Anak.;

  1. Claudia Sitanggang, Yulianti Fitriani, P. N. (2024). Aspek-Aspek Kecerdasan Musikal Anak Usia 5–6 Tahun pada Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 692–701.
  2. Damayanti, E., Amaliah, A. R., & Ismawati, I. (2020a). Capaian Dan Stimulasi Aspek Perkembangan Seni Pada Anak Kembar Usia 5 Tahun. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 1–17.
  3. Damayanti, E., Amaliah, A. R., & Ismawati, I. (2020b). Capaian Dan Stimulasi Aspek PerkembanganSeni Pada Anak Kembar Usia 5 Tahun. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 1–17.
  4. Erina Putri Anggraeni, J. P. (2023). Sarana dan Prasarana Lembaga dalam Menciptakan Potensi Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 85–93.
  5. Farida, A. (2016). Urgensi perkembangan motorik kasar pada perkembangan anak usia dini. Jurnal Raudhah, 4(2).
  6. Gunawan, G., Masna, M., Suwika, I. P., & Imamah, Z. (2024). Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Prasekolah melalui Permainan Lempar Tangkap Bola Kecil. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 245–254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5393
  7. Hanim, F. (2023). Pengenalan kegiatan ekstrakurikuler drumband dalam meningkatkan kecerdasan musikal pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Mona School Podorejo. Skripsi Uin Walisongo.
  8. Istiana, A., & Pamungkas, J. (2023). Implementasi Nilai Karakter Disiplin pada Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5863–5671. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5213
  9. Laili, N., Rosyidi, Z., Islam, U., Sunan, N., Surabaya, A., Wonosari, J., & Timur, J. (2024). DI SEKOLAH DASAR THE INFLUENCE OF DRUMBAND EXTRACURRICULAR ACTIVITIES ON STUDENTS ’ MUSICAL INTELLIGENCE. 11(1), 73–82.
  10. Luh, N., Safitri, G., Mariana, I. M. A., & Kusuma, I. M. W. (2021). MEMBANGUN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER DRUM BAND DI SD NEGERI 1 LEGIAN. 1(1), 20–30.
  11. Marlina, L., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak- Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1018–1025.
  12. Nia Arianti, N. K., Anadhi, I. M. G., & Sindu Putra, I. B. K. (2024). Implementasi Permainan Susun Gunung Tempurung Kelapa dalam Menstimulasi Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 26–34. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.311
  13. Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39–46.
  14. Pratiwi, N. (2022). Pengembangan Motorik Kasar Melalui Senam Irama. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(11), 78–86.
  15. Putri, W. P. (2016). Pembelajaran Keterampilan Bermusik Drum Band Pada Anak Usia Dini Kelompok B Taman Kanak-Kanak Mujahidin 1 Pontianak. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan: Prodi Pendidikan PG PAUD.
  16. Risnawati, Friska Nur Fatimah, Hafifah Batubara, H. Z. L. (2024). Pembelajaran Seni Gerak dan Tari dalam Pengembangan Motorik Anak di TK IT Nurul Ilmi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 27244–27249.
  17. Rolina, N. (2010). Memahami Psikologi Perkembangan Anak Bagi Pengembangan Aspek Seni Anak Usia Dini. Jurnal UNY.
  18. Sundarianti,Umar Natuna, S. M. R. (2024). PERAN GURUDALAM MENINGKATKAN MOTORIKKASARANAK USIA DINI MELALUI SENI TARIMELAYU. Jurnal Egileaner, 2(1), 34–41.
  19. Wigati, W. S. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband Di Smp Negeri 2 Wonogiri: Student Character Building Through The Actualization Of Pancasila Values In Drumband Extracurricular In Smp Negeri 2 Wono. Jurnal Jaringan Penelitian Pengembangan Penerapan Inovasi Pendidikan (Jarlitbang), 7(1), 77–86.
  20. Wulandari, S. (2024). Pengaplikasian Seni Gerak Tari Pada Anak Usia Dini di TK Mintausalam. 5(3).
  21. Yani, H. P., Wiwinda, W., & Nirwana, E. S. (2023). Pengaruh Kegiatan Drum Band untuk Meningkatkan Kecerdasan Musikal pada Anak Usia Dini. Journal of Elementary School (JOES), 6(1), 43–49.
  22. Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.

Open Access Copyright (c) 2024 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

apps