Pengaruh Program Pendidikan Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak
DOI:
https://doi.org/10.21580/joecce.v4i1.21494Keywords:
Program Pendidikan, Kemampuan Sosial Emosional, Meta Analisis,Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh program pendidikan terhadap kemampuan sosial emosial anak. Pendidikan kemampuan sosial emosional anak telah menjadi perhatian dalam konteks pendidikan di seluruh dunia, termasuk di tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan beberapa aspek atau dimensi dari hasil penelitian antara tahun 2019-2024. Metode yang digunakan adalah Preferred Reporting Items For Systematic Review And Meta-Analyses dengan menganalisis dua puluh jurnal terkait dengan pengaruh program pendidikan terhadap kemampuan sosial emosional anak. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan sosial emosional anak melalui program pendidikan. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan sosial emosional anak.
Downloads
References
Ali Nugraha, Y. R. (2006). Metode pengembangan sosial emosional. Kencana.
Asmarita, Abdurrahman Hamid, A. U. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TERHADAP KONDISI SOSIAL-EMOSI ANAK USIA PRASEKOLAH. Jurnal Kesehatan Komunitas, 2(1), 36–44.
Hari Pujayanti, F., Sumiharsono, R., & Triwahyuni, E. (2023). Pengaruh Metode Game Based Learning terhadap Kemampuan Motorik Kasar dan Kemampuan Sosial Emosional Anak TK. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 1435–1444.
Hariyanti, L. P., & Setyowati, S. (2019). Pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan sosial emosional anak kelompok B di TK Cut Nyak Dien kota Mojokerto. PAUD Teratai, 1–7.
Hidayat, A. (2020). actors Contributing to the Implementation of Situational Leadership in Hospitals. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(9).
Kiya, A., & Alucyana, A. (2021). Pengaruh Kerjasama Orangtua Dan Guru Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelas B Paud It Bunayya. Generasi Emas, 4(1), 14–22.
Marina Trie Ramadhany Gunawan, C. W. H. (2022). Kesadaran Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAI Sabili Bandung, 1(1), 1–11.
Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118–124.
Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995.
Nuzulia, A. (2021). Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kolaboratif Untuk Meningkatkan Perilaku Empati Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sosial Teknik, 3(2), 5–24.
Rina Susanti. (2024). PENGARUH PROGRAM PENDIDIKAN BERKARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP EMPATI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2655–6022.
Salamiyah, Elyca, Silvia, M. nur amalia, & K. (2022). Pengaruh Permainan Petak Umpet Dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Sukatin, Qomariyyah, Yolanda Horin, Alda Afrilianti, A., & Bella, R. (2019). ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156–272.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. PT Bintang Pustaka Abadi.
vuvut, karta, F. (2023). Pengaruh Pembelajaran Bermain Peran Makro Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 2–7.