Membangun Moderasi Beragama Sejak Dini: Studi Penanaman Nilai-Nilai Moderasi beragama pada Lembaga PAUD Jawa Tengah

Authors

  • Ririn Dwi Wiresti Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Keywords:

moderasi beragama, nilai keagamaan , pendidikan anak usia dini, toleransi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membedah secara mendalam konsep moderasi beragama dan implementasinya dalam konteks pendidikan anak usia dini (PAUD) di Jawa Tengah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data melalui wawancara dengan detail, pengamatan, dan dokumentasi pada beberapa lembaga PAUD yang memiliki program berbasis nilai keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep moderasi beragama dalam konteks pendidikan anak usia dini melputi toleransi, anti kekerasan, gotong-royong, menghargai ciptaan Tuhan, dan keadilan. Konsep moderasi beragama diterapkan dengan cara yaitu storytelling, berdoa bersama, berbagi dengan sesama, dan bermain peran. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan guru PAUD dalam pengembangan pendidikan karakter berbasis nilai keagamaan yang ramah anak dan mengedepankan semangat moderasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M., Saripah, I., & Gustiana, A. D. (2018). Analisis Tipikal Kekerasan pada Anak dan Faktor yang Melatarbelakanginya. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/JIV.1301.1

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Amalia, E. S., Huda, L. T. E. N. H. Al, & Surur, A. T. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini: Studi Kasus KB PAUD Al-Aman Podosugih. Journal Sains Student Research, 2(6).

Angehrn, A., Krakauer, R. L., & Carleton, R. N. (2020). The Impact of Intolerance of Uncertainty and Anxiety Sensitivity on Mental Health Among Public Safety Personnel: When the Uncertain is Unavoidable. Cognitive Therapy and Research, 44(5), 919–930. https://doi.org/10.1007/s10608-020-10107-2

Azizah, N. (2023). Religious Moderation in The Industrial Era 4.0: Deradicalization Through The Development of Intellectual Traditions at Fadhlul Fadhlan Islamic Boarding School Semarang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(2), 233–246. https://doi.org/10.14421/jpai.v20i2.7771

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy Of Educational Objectives (Cognitive Domain. https://eclass.uoa.gr/modules/document/file.php/PPP242/Benjamin S. Bloom - Taxonomy of Educational Objectives%2C Handbook 1_ Cognitive Domain-Addison Wesley Publishing Company %281956%29.pdf

Danu Damarjati. (2018). Terorisme Terlaknat 2018: Bom Sekeluarga Mengguncang Surabaya. detiknews. https://news.detik.com/berita/d-4358370/terorisme-terlaknat-2018-bom-sekeluarga-mengguncang-surabaya

Elhawwa, T. (2020). The Progressive Impact of Written Corrective Feedback on Essays in A Multicultural Class at Higher Education [Universitas Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/35289/

Fitriani, R. (2016). Peranan Penyelenggara Perlindungan Anak dalam Melindungi dan Memenuhi Hak-Hak Anak. Jurnal Hukum Samudra Keadilan, 11(2), 250–358. https://ejurnalunsam.id/index.php/jhsk/article/view/42

Grigoropoulos, I. (2024). Unraveling the Intrapersonal Factors Related to Infidelity: The Predictive Value of Light and Dark Personality Traits in a Convenient Greek Women Sample. Sexuality & Culture, 28(1), 400–424. https://doi.org/10.1007/s12119-023-10123-w

Gusnarib, W., & Rosnawati, R. (2021). Teori - Teori Belajar Dan Pembelajaran. CV. Adanu Abimata. https://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf

Handayani, M., Siswantari, Astuti, R., & Hariyanti, E. (2020). Sekolah aman.

Irwandi, I. (2024). Implementasi Metode Pembiasaan dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 339–356. https://doi.org/10.62383/hardik.v1i2.577

Junaidi, A., Wulandari, D., Arifin, S., Soetanto, H., Kusumawardani, S. S., Wastutiningsih, S. P., Utama, M. S., Cahyono, E., Hertono, G. F., Syam, N. M., Jumaipa, H., Putra, P. H., Wijayanti, C., & Jobih, J. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Edisi ke-4.

Magta, M. (2013). Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 221–132. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3871

Mutawali, M. (2023). Maqaṣid al-Shari‘a as the Foundation of Islamic Moderation: Theo-Philosophical Insight against Extreme Religious Ideology. Ulumuna, 27(1), 341–366. https://doi.org/10.20414/ujis.v27i1.560

Nurdin, M. N. I., & Muqowim, M. (2023). Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini: Studi pada Raudhatul Athfal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 59–71. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/56291

Nurul Azizah, Erry Nurdianzah, Mirza Mahbub Wijaya, Tomi Azami, & Anas Rohman. (2023). Religious Moderation in The Industrial Era 4.0: Deradicalization Through The Development of Intellectual Traditions at Fadhlul Fadhlan Islamic Boarding School Semarang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(2), 233–246. https://doi.org/10.14421/jpai.v20i2.7771

Permendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Putra, A. A. (2017). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 41–54. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617

Silviana, A. (2023). Efektivitas Buku Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Moderasi Beragama Anak Usia Dini di Kelompok B RA Muslimat Logandeng Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan [UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan]. http://etheses.uingusdur.ac.id/4186/

Singgih, E. G. (2023). Religious Moderation as Good Life: Two Responses to the Ministry of Religious Affairs’ Directive on Religious Moderation in Indonesia. Exchange, 52(3), 220–240. https://doi.org/10.1163/1572543x-bja10038

Sisdiknas, U. (2003). Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sukadi, I. (2013). Tanggung Jawab Negara terhadap Anak Terlantar dalam Operasionalisasi Pemerintah di Bidang Perlindungan Hak Anak. De Jure: Jurnal Hukum Dan Syar’iah, 5(2), 117–133. https://doi.org/10.18860/j-fsh.v5i2.3003

Sulistyowati, P., & Salwa, S. (2016). Upaya Mengembangkan Karakter Jiwa Kewirausahaan pada Anak Sejak Dini melalui Program Market Day (Kajian Pada SDIT Mutiara Hati Malang). Pancaran, 5(20), 111–120. https://doi.org/https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/4056/3169

Tanfidiyah, N. (2017). Perkembangan Agama dan Moral yang tidak Tercapai pada AUD: Studi Kasus di Kelas A1 TK Masyitoh nDasari Budi Yogyakarta. Nadwa, 11(2), 199. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1810

Wahab, G., & Kahar, M. I. (2023). Implementasi Metode Pembiasaan dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3357–3366. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4360

Wiresti, R. D., & Na’imah, N. (2020). Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 36–44. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.53

Yuliawan, T. P. (2016). Coaching Psychology: Sebuah Pengantar. Buletin Psikologi, 19(2), 45–54. https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/download/11556/8614

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (Suwito (Ed.); 1st ed.). Prenada Media Group.

Downloads

Published

2025-10-13

Issue

Section

Articles