Implementasi Penggunaan Media Balok untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten

Authors

  • Ana Silvia Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia, Indonesia
  • Isti Rusdiyani Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia, Indonesia
  • Atin Fatimah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia, Indonesia

Keywords:

Anak Usia Dini;, Perkembangan Kognitif;, Media Balok;

Abstract

Permainan balok dapat digunakan untuk anak usia 4-5 tahun mengeksplorasi dan mengembangkan kemampuan kognitif dalam konsep matematika dan geometri dalam pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini tertuju pada anak usia 4-5 tahun Tk A di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten. Permainan balok sangat membantu menstimulasi perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten, anak 4-5 tahun dapat mengenal bentuk geometri, anak 4-5 tahun juga dapat mengingat, memahami, menerapkan, mengenalisis, mengevaluasi dan mencipta atau mengembangkan kegiatan bermain balok tersebut, anak 4-5 tahun dapat melakukan pemecahan masalah, berpikir kritis, dan melakukan inovasi baru pada saat bermain dengan media balok, dengan kegiatan bermain balok perkembangan kognitif anak 4-5 tahun dapat terstimulasi dengan baik dengan merancang bangunan balok sesuai dengan hasil kreativitasnya sendiri, selain itu, setiap tema yang guru berikan pada setiap pembelajaran media balok, dapat menambah wawasan baru anak 4-5 tahun di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, A. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Balok. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 36–40. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3018

Amalia, R., Rosidah, L., & Fatimah, A. (2023). Hubungan Latar Belakang Budaya Orang Tua terhadap Pengasuhan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 111–122. https://doi.org/10.32678/assibyan.v8i1.8293

Aminah, S., Ramawani, N., Azura, N., Fronika, S., Meitha Hasanah, S., & Salsabillah, T. (2022). Pengaruh Metode Belajar Sambil Bermain terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 465–471. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.66

Ashadi, F. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif terhadap Perkembangan Kognitif Anak di Tk Al Ihsan Banyuwangi. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 6(1), 113–123. https://doi.org/10.31537/ej.v6i1.649

Damayanti, P. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. AS-SABIQUN, 4(2), 443–455. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1780

Debo, M. E., Dhiu, K. D., & Juita, A. K. (2023). Pengembangan Media Balok Huruf untuk Aspek Literasi Mengenal Huruf Anak Usia Dini Kelompok A. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(4), 731–740. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i4.1113

Dewi, K., Mardiah Astuti, & Syah Fitri Kurnia Duat. (2024). Bahan Alam sebagai Media Stimulasi Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 8(1), 29–39. https://doi.org/10.19109/ra.v8i1.21699

Fasiska, Y., Haryono, M., & Sari, R. P. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Media Balok Angka pada Anak Kelompok B di PAUD Mentari Desa Nanjungan. Journal Of Dehasen Educational Review, 3(2), 21–24. https://doi.org/10.33258/joder.v3i02.2358

Fatimah, F. N., Afifah, H. U. N., Auliani, R., & Larasati, S. A. (2023). Alat Permainan Edukatif sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 44–56. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/15436

Herawati, H., Rizawati, & Nina Yuminar Priyanti. (2025). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini melalui Permainan Balok Huruf di PAUD Cendana. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 5(2), 186–193. https://doi.org/10.37373/bemas.v5i2.1370

Himawan, R., & Suyata, P. (2023). Analisis Sebaran Level Kognitif HOTS berdasarkan Taksonomi Bloom pada Soal Penilaian Harian Materi Teks Pidato Persuasif di SMPN 1 Bambanglipuro Bantul. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 89. https://doi.org/10.30651/st.v16i1.14208

Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974

Khotimah, K., & Agustini, A. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget pada Anak Usia Dini. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.54150/altahdzib.v2i1.196

Larasati, A., Oktavia, A., Yanti, D. E., Rita, R., Mardiana, M., & Adawiyah, R. (2023). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak melalui Media Balok di TK Aisyah Bustanul Athfal 2 Anggana. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(2), 83–93. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i2.7551

Novyanti, D., I., H., & Winata, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Kreativitas Kognitif Anak dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Instruksional, 4(1), 27–33. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/13250

Nugraha, A. P. (2023). Permainan Balok Angka sebagai Metode Stimulasi Pengenalan Lambang Bilangan Anak Usia Dini. Jurnal Intisabi, 1(1), 19–28. https://journal.putragaluh.ac.id/index.php/itsb/article/view/3

Nurasiah, D., Fatimah, A., & Rosidah, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JJP PAUD FKIP Untirta, 7(2), 105–112. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/index.

Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812

Puspitasari, R. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 40–46. https://doi.org/10.23960/jpa.v8n1.24204

Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2021). Kritik terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 531–539. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952

Rahmawati, R., & Maimon, S. (2025). Implementasi Media Balok Warna terhadap Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Usia 3-4 Tahun di KB Adduriyah 3. Mutiara: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(2), 29–40. https://jurnal.tiga-mutiara.com/index.php/jimi/article/view/379

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304

Wicaksono, A. W., Nafi’ah, A., Winona, A. F. S., & Muhid, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini: Literature araeview. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 409–410.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Downloads

Published

2025-10-13

Issue

Section

Articles