Pengaruh Empati dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Empati Anak Usia Dini

Authors

  • Khotimatus Sa'diyah Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Liftiah Liftiah Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Mulawarman Mulawarman Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, Indonesia

Keywords:

empati orang tua, empati anak usia dini, sosial emosional, tingkat pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh empati orang tua terhadap empati anak usia dini, dengan tingkat pendidikan orang tua sebagai variabel moderator. Data primer yang diperoleh melalui survei terhadap 170 anak usia 5–6 tahun dan orang tua di Kabupaten Purbalingga, menggunakan instrumen Parent Empathy Measure (PEM) dan Empathy Questionnaire (EmQue). Data dianalisis menggunakan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empati orang tua berpengaruh signifikan terhadap empati anak (p < 0.001; koefisien 0.337). Tingkat pendidikan orang tua juga berpengaruh signifikan (p < 0.001; koefisien 0.319). Selain itu, terdapat pengaruh signifikan dari interaksi antara empati dan tingkat pendidikan orang tua terhadap empati anak (p < 0.002; koefisien 0.218). Tingkat pendidikan orang tua berpengaruh langsung pada empati anak sekaligus memperkuat empati orang tua terhadap anak. Temuan ini menegaskan pentingnya pengasuhan empatik bagi perkembangan optimal anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, S. H., & Salim, R. M. A. (2020). Parenting Style and Empathy in Children: The Mediating Role of Family Communication Patterns. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 17(1), 34. https://doi.org/10.26555/humanitas.v17i1.13126

Aghnaita, A., Salsabila, A. A., Hanik, C., Syafitri, M., Norhayani, N., Normiati, N., & Nadia, R. (2020). Kegiatan Pembelajaran sebagai Upaya dalam Menstimulus Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Aṭfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 43–57. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i1.1732

Ainiyah, M., & Faqihatin, F. (2024). Efektivitas Komunikasi terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini: Studi Kasus di Desa Kramat, Bungah, Gresik. Qomaruna, 1(2), 25–31. https://doi.org/10.62048/qjms.v1i2.42

Asti, H., Eddy Wibowo, M., & Mulawarman. (2017). Model Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 28–33.

Badriyah, L., Zubaidah, & Marhayati, N. (2019). Empati Guru dalam Proses Belajar Mengajar. International Seminar on Islamic Studies, 1, 263–269.

Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The Moderator–Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51(6), 1173–1182. https://doi.org/10.1037/0022-3514.51.6.1173

Bi, S., & Keller, P. S. (2021). Parental Empathy, Aggressive Parenting, and Child Adjustment in a Noncustodial High-Risk Sample. Journal of Interpersonal Violence, 36(19–20), NP10371–NP10392. https://doi.org/10.1177/0886260519870165

Bronfenbrenner, U. (2005). Making Human Beings Human: Bioecological Perspectives on Human Development. Sage Publications.

CH Nona Irma, M., Harmawati, D., & Fitrianti, H. (2022). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 4-5 Tahun. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 100–108. https://doi.org/10.47766/seulanga.v3i2.730

Chairunnisa, M. L., & Raharjo, T. J. (2024). Peran Pendidik dalam Membangun Empati Anak melalui Metode Role Playing di Kelompok Bermain Aisyiyah 01 Kota Semarang. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 20–33. https://journal.lpkd.or.id/index.php/Dilan/article/view/660

Finders, J. K., Díaz, G., Geldhof, G. J., Sektnan, M., & Rennekamp, D. (2016). The Impact of Parenting Education on Parent and Child Behaviors: Moderators by Income and Ethnicity. Children and Youth Services Review, 71, 199–209. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2016.11.006

Grazzani, I., Ornaghi, V., Pepe, A., Brazzelli, E., & Rieffe, C. (2017). The Italian Version of the Empathy Questionnaire for 18- to 36-Months-Old Children: Psychometric Properties and Measurement Invariance Across Gender of the EmQue-I13. European Journal of Developmental Psychology, 14(1), 118–126. https://doi.org/10.1080/17405629.2016.1140640

Gunawan, R., & Vernando, A. (2024). Strategi Program Work Life Balance dan Pola Asuh Otoritatif dalam Mendidik Anak. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(1), 12–22. https://doi.org/10.62383/aliansi.v1i1.82

Hayati, F., & Yusra, C. I. (2017). Analisis Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Keterampilan Sosial Anak di TK Miftahul Ulum Lampakuk. Jurnal Buah Hati, 4(1), 51–60. https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/554/513

Hilmawati, R. S. (2022). Konstribusi Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Al – Irsyad Parongpong. Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah.

Hirschauer, A. K., Aufhammer, F., Bode, R., Chasiotis, A., & Künne, T. (2018). Parental Empathy as a Source of Child’s Scholastic Performance: Linking Supportive Parental Empathy and School Grades by Particular Aspects of Children’s Self-Regulation. Hogrefe Publishing.

Ichsan, I. (2017). Kemampuan Empati Mahasiswa Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan dan Pendidikan Orang Tua: Studi terhadap Mahasiswa Prodi PGRA. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(2), 15–24. https://doi.org/10.14421/jga.2017.22-02

Indrawati, E., Raharjo, T. J., & Formen, A. (2025). The Relationship between Parents’ Understanding and Expectations with Project-Based Learning Reviewed from Age and Educational Status. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 183–196. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1285

Jadidah, I. T., Rahayu, A., Bella, H. S., Julinda, J., & Anggraini, T. W. (2023). Pengaruh Media Digital terhadap Sosial Budaya pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(04), 253–268. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v2i04.830

Juwita, T., & Yunitasari, S. E. (2024). Pengaruh Keteladanan Orang Tua dalam Pembentukan Perilaku Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 28–33. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3077

Kania, G., Yusuf, R. N., & Sari, U. L. (2023). Menumbuhkan Kemampuan Empati Anak Melalui Pembiasaan Makan Bersama. Jurnal Plamboyan Edu, 1(2), 147–156.

Kurniawan, R., & Dafit, F. (2023). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Karakter Disiplin Siswa. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 580–592. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.356

Kurniawati, T., Abidin, R., & Rosalina, M. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Rasa Empati Anak 4-5 Tahun pada Masa Pandemi Covid-19 di RT 2/RW 5 Dusun Tulung Lamongan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 5506–5518. https://journal.um-surabaya.ac.id/didaktis/issue/view/615

Lapanda, S., Sofia, A., & Drupadi, R. (2022). Hubungan Empati dengan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–7. https://jurnal.unipasby.ac.id/incrementapedia/article/view/5817

Lenz, A. S., Soler, I. G., Dell’Aquilla, J., & Martinez, P. (2017). Translation and Cross-Cultural Adaptation of Assessments for use in Counseling Research. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 50(4), 224–231. https://www.researchgate.net/publication/321208015_Translation_and_Cross-Cultural_Adaptation_of_Assessments_for_Use_in_Counseling_Research

Li, F., Cao, E., & Ma, M. (2023). The Mediator Role of Empathy Ability in the Relationship Between Parenting Style and Sense of Security in 3–6-Year-Old Chinese Children. International Journal of Early Childhood, 55(3), 261–277. https://www.researchgate.net/publication/357886599_The_Mediator_Role_of_Empathy_Ability_in_the_Relationship_Between_Parenting_Style_and_Sense_of_Security_in_3-6-Year-Old_Chinese_Children

Meidina, P. (2018). Pengembangan Empati Anak Usia Dini. Universitas Lampung.

Meng, K., Yuan, Y., Wang, Y., Liang, J., Wang, L., Shen, J., & Wang, Y. (2020). Effects of Parental Empathy and Emotion Regulation on Social Competence and Emotional/Behavioral Problems of School-Age Children. Pediatric Investigation, 4(2), 91–98.

Minzi, M. C. R. de. (2011). Children’s Perception of Parental Empathy as a Precursor of Children’s Empathy in Middle and Late Childhood. Journal of Psychology: Interdisciplinary and Applied, 147(6), 563–576. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00223980.2012.721811

Miyati, D. S., Rasamani, U. E. E., & Fitrianingtyas, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pola Asuh Anak. Jurnal Kumara Cendekia, 9(3), 139–147. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/50219

Moon, K. Y., Lee, S. Y. I., Lee, A. R., An, K. Y., Jung, K. S., Paek, K.-I., Kang, H. A., Kang, J. Y., & Chung, S. A. (2019). Perception of Child Abuse and Child Disciplinary Practice among Adults Abused as Children: Comparison to General Population. Journal of the Korean Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 30(2), 57–65. https://www.koreascience.kr/article/JAKO201912742273409.page

Moon, Y., & Lee, S. (2023). Comparison of Perceived Parental Empathy Between Adolescents With Leukemia and Healthy Adolescents: A Comparative Descriptive Study. Heliyon, 9(11), 1–7. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2405844023097360

Munawaroh, S. (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 tahun. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Nujulah, L., & Kurnia, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kepribadian Anak Prasekolah di TK Dharma Rini VIII Kel. Gentong PASURUAN. Embrio, 10(2), 90–95. https://www.researchgate.net/publication/349843882_HUBUNGAN_POLA_ASUH_ORANG_TUA_TERHADAP_KEPRIBADIAN_ANAK_PRASEKOLAH_DI_TK_DHARMA_RINI_VIII_Kel_Gentong_PASURUAN

Nurafifah, L., Hayati, T., & Hidayat, H. (2023). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Kemampuan Berempati Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 12(2), 162–175. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/46932

Ornaghi, V., Conte, E., & Grazzani, I. (2020). Empathy in Toddlers: The Role of Emotion Regulation, Language Ability, and Maternal Emotion Socialization Style. Frontiers in Psychology, 11(October), 1–11.

Rambe, A. P., Bara, H. B., Nasution, D. A., Fawas, R. A., Siregar, R. M., & Pasaribu, N. A. (2023). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(2), 360–370. https://journal.laaroiba.com/index.php/mk/article/view/2913/2456

Rohinah. (2016). Parenting Education sebagai Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Keluarga. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 27–37.

Rukayah, S., Rachman, A., & Novitawati, N. (2024). Pengaruh Pola Asuh dan Tingkat Pendidikan Orang Tua melalui Perilaku Sosial Anak terhadap Kesiapan Sekolah Anak. Journal of Education Research, 5(3), 2791–2801. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1266

Salsabila, A. T., Astuti, D. Y., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko, J. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 164–171. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/41747/16884

Seo, S.-A., Kang, S.-H., & Son, C. (2017). Relationship Between Self-Esteem and Adolescent Depression: Moderating Effects of Parental Empathy. Journal of Digital Convergence, 15(12), 647–653. https://www.koreascience.kr/article/JAKO201707464563084.page

Shao, M., He, W., Zhao, L., & Su, Y. S. (2022). The Influence of Parental Involvement on Parent Satisfaction: The Moderating Effect of Parental Educational Level and the Number of Children. Frontiers in Psychology, 12(January). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.752802

Spinrad, T., Eisenberg, N., & Morris, A. S. (2022). Empathy-Related Responding in Children. In Handbook of Moral Development (pp. 225–5271). Psychology Press. https://www.researchgate.net/publication/367674966_Empathy-Related_Responding_in_Children

Stern, J. A. (2016). Empathy in Parents and Childrens:Links to Preschoolers Attachment and Aggression [University of Maryland]. https://api.drum.lib.umd.edu/server/api/core/bitstreams/fdba18db-c529-4874-8bab-004be566a0d4/content

Stern, J. A., Borelli, J. L., & Smiley, P. A. (2025). Assessing Parental Empathy: a Role for Empathy in Child Attachment. Attachment and Human Development, 17(1), 1–22. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/14616734.2014.969749

Strayer, J., & Roberts, W. (2017). Children’s anger, Emotional Expressiveness, and Empathy: Relations with Parents’ Empathy, Emotional Expressiveness, and Parenting Practices. Social Development, 13(2), 229–254. https://doi.org/10.1111/j.1467-9507.2004.000265.x

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitataif dan R&D. Alfabeta.

Sumarni, A., Sofia, A., & Irzalinda, V. (2020). Empati Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 60–67. https://www.researchgate.net/publication/358444378_Empati_Anak_Usia_5-6_Tahun

Tiwi Afwanni, T. A., Alim, R. N., & Cholimah, N. (2024). The Role of Parenting in Cultivating Environmental Attitudes in Early Childhood in Digital Era. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 18(2), 389–397. https://doi.org/10.21009/jpud.v18i2.46213

Tran-Chi, V.-L., Liftiah, L., Hoang, H. T., & Ngo-Thi, T.-T. (2020). An Investigation of Empathy in Vietnamese and Indonesian Children. Medical Science, 24(105), 3404–3412. https://doi.org/http://ezproxy.auckland.ac.nz/login?url=https://search.proquest.com/docview/303975901?accountid=8424 https://openurl.auckland.ac.nz/resolve?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:dissertation&genre=dissertations+%26+theses&sid=ProQ:ProQuest+

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Varadhila, S. (2020). Psikoedukasi Mengasuh dengan Empati untuk Meningkatkan Kualitas Parenting pada Kader Posyandu di Desa Dukuh. Wacana, 12(2), 168–176. https://www.researchgate.net/publication/343463374_Psikoedukasi_Mengasuh_Dengan_Empati_Untuk_Meningkatkan_Kualitas_Parenting_Pada_Kader_Posyandu_Di_Desa_Dukuh_Boyolali

Wahyuni, A. S., Qonita., Q., & Mulyana, E. H. (2023). Pengaruh Metode Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Asian Journal Of Early Chidhood and Elementary Education, 2(1), 11–22.

Wahyuni, R., & Simamora, S. (2024). Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pola Pikir Orang Tua terhadap Pola Penga suhan Anak. NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–26. https://ejournal.stitsyambtg.ac.id/index.php/nabawi/article/view/11

Widiarno, I. A., Lubis, M., & Dewi, R. S. (2024). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun di RA Annisa. Jurnal Pendidikan Integratif, 5(4), 425–440. https://ejurnals.com/ojs/index.php/jpi/article/view/599

Yakupogullari, A., & Guder, S. Y. (2020). The Role of Parents’ Empathic Tendencies in Children Value Acquisition. Eurasian Journal of Educational Research, 20(86), 223–248. https://doi.org/10.14689/ejer.2020.86.11

Yennizar, N., Supriyanto, D., Veerman, N. S., Wijayanti, Y. T., Ayu, R., Husna, A., Agama, I., Nusantara, I., Hari, B., Malang, U. I., & Gloria, S. M. A. K. (2022). Implikasi Tingkat pendidikan dan Pola asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1672–1684.

Downloads

Published

2025-10-13

Issue

Section

Articles