Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Metode Bermain Kartu Kata pada Anak Usia Dini di Kelompok B TK Nuris Lambara
Keywords:
kemampuan mengenal huruf, media kartu kata, pendidikan anak usia diniAbstract
: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode bermain kartu kata dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf. Metode penelitian menggunakan tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan di TK Nuris Lambara Kecamatan Tawaeli dengan subjek penelitian berjumlah 15 orang anak terdiri dari 7 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode bermain kartu kata terbukti efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Melalui metode ini, anak-anak menjadi lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya mempercepat pemahaman mereka terhadap bentuk dan bunyi huruf. Peningkatan kemampuan tersebut tercermin dari hasil evaluasi pada setiap siklus tindakan, di mana persentase anak yang mencapai indikator keberhasilan dalam pengenalan huruf menunjukkan peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf di kelompok B TK Nuris Lambara Kecamatan Tawaeli.
Downloads
References
Aihena, M., & Semarang, S. S. (2024). Meningkatkan Pengenalan Huruf melalui Penggunaan Metode Bermain Kartu Huruf pada Anak Kelas 1 SD AL Hilal Kellu. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 1224–1231. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.5162
Anggita, R., Sormin, D., Lubis, J. N., & Nopriani Lubis, J. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf melalui Media Pohon Pintar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5919–5930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5384
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Fatimatuzza’rah, S., Habibi, M. A. M., Astawa, I. M. S., & Rachmayani, I. (2022). Penggunaan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Samara Lombok Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Mutiara Pendidikan, 2(1), 8–13. https://doi.org/10.29303/jmp.v2i1.3533
Febriani, F., & Nurhazizah, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Permainan Helm Kartu Huruf. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 1689–1699. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/420
Hof, L. A., & Wuthrich, R. (2018). Industry 4.0 – Towards Fabrication of Mass-Personalized Parts on Glass by Spark Assisted Chemical Engraving (SACE). Manufacturing Letters, 15(1), 76–80. https://doi.org/10.1016/j.mfglet.2017.12.003
Julia, J., Wahira, W., & Suriani, S. (2022). Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf di TK Mardi Santosa Sumedang Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 95–103. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/161/142
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086/1020
Ningsih, A. S. K., Dewi, N. K., & Zuhro, N. S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Alat Permainan Edukatif Flannel Board. Early Childhood Education and Development Journal, 4(2), 79–88. https://jurnal.uns.ac.id/ecedj
Noviyanti, R. F., & Millah, S. (2019). Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran. Tarbiyah Al Aulad, 4(1), 87–96. https://media.neliti.com/media/publications/159290-ID-peningkatan-perkembangan-bahasa-anak-mel.pdf
Puad, N. E. H., & Sa’adah, H. I. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini melalui Media Buku Sensori Alphabet A-Z pada Kelompok A TK Runiah School Kota Makasar. MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 61–77. https://doi.org/10.52166/mjpiaud.v2i1.4746
Purba, P. B., Mawati, A. T., Juliana, J., Kuswandi, S., Hulu, I. L., Sitopu, J. W., Pasaribu, A. N., Yuniwati, I., & Masrul, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Kita Menulis. https://kitamenulis.id/2021/07/19/penelitian-tindakan-kelas/
Rahayu, D. L., & Destiana, E. (2024). Peningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Kartu Huruf Bergambar pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Sumorame Candi Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3), 16. https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.405
Ramlah, Bachtiar, M. Y., & Ichsan, I. R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf TK Negeri Dharma Wanita Simpo. Profesi Pendidikan, 4(2), 27–34.
Rizawati, R., & Susanti, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata pada Anak Usia 4–5 Tahun dengan Metode Permainan Kartu Huruf di TK Permata Bunda Larangan Indah Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28681–28691. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/11560/8955
Rohmah, N., & Fatimah, D. F. (2017). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 247–273. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-05
Sari, A. D. P., & Febryani, P. D. (2025). Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini Menggunakan Metode Bermain Kartu Huruf dan Bernyanyi. Rajula: Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 96–108. https://ejournal.sidyanusa.org/index.php/rajula/article/view/794/542
Sari, J. K., & Aulina, C. N. (2024). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 4-5 tahun melalui Media Seruf (Serok Huruf) di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 16. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.708
Sari, N. R., Hayati, F., & Harfiandi, H. (2021). Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad pada Anak Kelompok A di TK Bungong Seleupok Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–13. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/232
Veryawan, V. (2020). Media Kartu Huruf dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini. Lentera: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 2(2), 151–164. https://doi.org/10.32505/lentera.v2i2.2119
Zulmita, B. (2024). Peningkatan Nilai Kognitif melalui Penggunaan Model Project Based Learning. Jurnal Konsepsi, 13(1), 54–70. https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/346/329
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Early Childhood and Character Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.