Pengaruh Pendekatan Floor Time berbasis Buku terhadap Keterampilan Menyimak dan Penguasaan Kosakata Anak 5-6 Tahun
Keywords:
anak usia dini, buku floor time, kosa kata, menyimakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan floor time berbasis buku dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode true experimental design, populasi dalam penelitian ini meliputi 54 lembaga di Kabupaten Pati. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 2 sekolah yaitu TK Pertiwi 03 Pati dan TK Pertiwi Pati. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik, yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t sampel berpasangan dengan menggunakan SPSS 26. Nilai rata – rata pretes kemampuan menyimak sebesar 13,35 dan masuk ke dalam kategori berkembang sesuai harapan. Nilai rata – rata postes kemampuan menyimak sebesar 24,45 dan masuk ke dalam kategori berkembang sangat baik. Pada uji perbedaan nilai post test dan pre test kemampuan menyimak, hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Nilai rata – rata pretes penguasaan kosakata sebesar 14,35 dan masuk ke dalam kategori berkembang sesuai harapan. Nilai rata – rata postes penguasaan kosakata sebesar 26,4 dan masuk ke dalam kategori berkembang sangat baik. Pada nilai post-test penguasaan kosakata, hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Pendekatan floor time berbasis buku terbukti dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di Kabupaten Pati.
Downloads
References
Afifah, N., & Hapsari, I. (2024). DIR/floortime: Meningkatkan Komunikasi Dua Arah pada Anak Usia Dini dengan Gangguan Spektrum Autisme. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 12(4), 174–181. https://doi.org/10.22219/procedia.v12i4.34476
Albay, E. M., & Eisma, D. V. (2021). Performance Task Assessment Supported by the Design Thinking Process: Results from a True Experimental Research. Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100116. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100116
Anggraeny, N. R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa melalui Metode Bercerita dengan Buku Cerita Bergambar pada Anak Usia Dini. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(1), 37–44. https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.418
Anggraini, F. D. P., Rahayu, H. K., Inayati, R., & Bongga, S. (2025). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Literasi Malaria. Jurnal Kesehatan Tambusai, 6(1), 2276–2284. https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42373
Aprilliani, K., Maranatha, J. R., & Justicia, R. (2023). Analisis Perbedaan Empati Anak Usia Dini Ditinjau berdasarkan Jenis Kelamin di TK X di Kecamatan Purwakarta. AS-SABIQUN, 5(5), 1240–1255. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i5.3807
Ardiya, P., & Hapsari, I. (n.d.). Lebih dari Bermain di Lantai: Penerapan Pendekatan DIR/Floortime untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi pada Anak dengan Autism Spectrum Disorder. Jurnal Social Library, 5(1). Retrieved from https://doi.org/10.51849/sl.v5i1.414
Bay, D. N., & Seker, P. T. (2020). Analysis of Preschool Period Children’s Listening Skill According to Some Variables. World Journal of Education, 10(3), 79. https://doi.org/10.5430/wje.v10n3p79
Cipolletti, L. B., Murdoch, A., & Keelor, J. (2025). Impact of a Structured Shared Book Reading Intervention on the Vocabulary Knowledge of Preschool-Age Children: An Exploratory Study. Early Childhood Education Journal, (April). https://doi.org/10.1007/s10643-025-01920-z
Damayanti, Y., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2646–2653. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.737
Fajriyati, R., Djoehaeni, H., & Romadona, N. F. (2024). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) dengan Metode DIR Floortime: Systematic Literature Review. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 11(1), 13–35. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v11i1.25103
Girsang, M. L., Ridlo, M. R., & Utari, A. (2019). Penggunaan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Kelompok B di TK Mawar Indah Kecamatan Medan Petisah. Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 2(2), 258–269. https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.71
Hadley, E. B., & Dickinson, D. K. (2019). Cues for Word-Learning During Shared Book-Reading and Guided Play in Preschool. Journal of Child Language, 46(6), 1202–1227. https://doi.org/10.1017/S0305000919000552
Indiaswari, T. K., & Katoningsih, S. (2023). Evaluasi Peran Guru dalam Pembelajaran Bercerita guna Mengembangkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3675–3683. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4675
Isnannisa, E. D., & Boediman, L. M. (2019). DIR/Floortime untuk Meningkatkan Komunikasi Antara Anak dengan Autisme dan Ibu dengan Profil Sensori Berbeda. Journal of Psychological Science and Profession, 3(3), 177. https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i3.23599
Kirana, E., Atmodiwirjo, E. T., & Basaria, D. (2019). Penerapan DIR Floortime pada Anak dengan Autism Spectrum Disorder untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial. Psibernetika, 11(2), 133–144. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v11i2.1439
Madsen, K. M., Peters-Sanders, L. A., Kelley, E. S., Barker, R. M., Seven, Y., Olsen, W. L., … Goldstein, H. (2023). Optimizing Vocabulary Instruction for Preschool Children. Journal of Early Intervention, 45(3), 227–249. https://doi.org/10.1177/10538151221116596
Mashar, M. A., Bafadal, U., & Bastiana. Bastiana. (2024). Implementasi Metode Floor Time dalam Meningkatkan Kemampuan Berinteraksi Sosial Siswa Autis Kelas I di SLB Laniang Makassar. Jurnal Metafora Pendidikan, 2(4), 41–53. Retrieved from https://journal.arthamaramedia.co.id/index.php/metafora/article/view/246/128
Montel, B.-H. M. M., Pires, D. S., Filho, O. D. R., & Pires, B. S. (2021). The Analyze of the Functional and Emotional Levels of Development of DIR/Floortime Model: a Fuzzy System Approach.
Nation, K., Dawson, N. J., & Hsiao, Y. (2022). Corrigendum: Book Language and Its Implications for Children’s Language, Literacy, and Development. Current Directions in Psychological Science, 31(5), 464–464. https://doi.org/10.1177/09637214221119448
Nurjanah, F., & Faznur, L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Brainstroming dalam Meningktkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Bebantuan Media Quizizz. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 45. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.13368
Nurzaman, I., Gandana, G., & Wahidah, A. S. (2020). Model Pembelajaran Interactive Storytelling berbasis Aplikasi Android untuk Memfasilitasi Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 134–140. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.28209
Paciga, K. A., & Cassano, C. M. (2024). Does Knowing the Word Matter for Preschool DLLS? Individualized Vocabulary Words on Phonological Awareness Performance. AERA Open, 10. https://doi.org/10.1177/23328584241267929
Phandinata, S. R., Atmodiwirjo, E. T., & Basaria, D. (2017). Developmental Individual-Differences Relationship-Based (DIR) Floortime dalam Meningkatkan Komunikasi Dua Arah pada Kasus Autism Spectrum Disorder (ASD). Psibernetika, 10(2), 103–113. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1046
Puspitaningtyas, A. R., & Pratiwi, V. (2018). Pendekatan Pembelajaran Anak Autis dengan Menggunakan Metode Floor Time di Sekolah Dasar Kec.Situbondo Kabupaten Situbondo. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 78–83. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1564
Rachmi, T., Dewi, N. F. K., & Astuti, C. F. (2023). Optimalisasi Kemampuan Menyimak melalui Metode Bermain Peran pada Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 133. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9137
Rizkiyah, P., & Ningrum, M. A. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115–133. Retrieved from https://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/1230
Roch, M., Dicataldo, R., & Levorato, M. C. (2023). Receptive Vocabulary and Listening Narrative Comprehension of Italian–English Bilingual Children between 5 to 7 Years. Education Sciences, 13(8), 780. https://doi.org/10.3390/educsci13080780
Saihu, S. (2019). Komunikasi Pendidik terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Khusus Asy-Syifa Larangan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 418–440. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.66
Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130–1141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4067
Siti Romdona, Silvia Senja Junista, & Ahmad Gunawan. (2025). Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara dan Kuesioner. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi Dan Politik, 3(1), 39–47. https://doi.org/10.61787/taceee75
Thompson, S. K. (2012). Sampling (3rd ed.). Wiley.
Ulumudin, I. (2019). Penggunaan Media Gambar untuk Mengembangkan Penguasaan Kosakata pada Anak Autis Usia Dini. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas, 14(1). Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/11284/7117
Zusfindhana, I. H. (2018). Implementasi Pendekatan Floor Time untuk Mengatasi Anak Lambat Bicara Usia 3-4 Tahun. Journal of Elementary School (JOES), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31539/joes.v1i1.218
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Early Childhood and Character Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.