Penerapan Metode Mendongeng Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Kemampuan Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Miftahul Rahma Institut Agama Islam Negeri Parepare, Indonesia
  • Syarifah Halifah Institut Agama Islam Negeri Parepare, Indonesia
  • Novita Ashari Institut Agama Islam Negeri Parepare, Indonesia
  • Tadzkirah Tadzkirah Institut Agama Islam Negeri Parepare, Indonesia

Keywords:

cerita rakyat, kepercayaan diri, mendongeng, nenek pakande, usia 4-5 tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan, strategi, metode evaluasi pengajaran kegiatan dongeng cerita rakyat untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Subyek penelitiannya adalah Anak PAUD dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)proses penerapan  dongeng yaitu guru membacakan dongeng, anak-anak menyimak, lalu dilanjutkan sesi tanya jawab, 2)strategi dongeng yang diterapkan yaitu pemilihan cerita yang dekat dengan kehidupan anak, mengajak anak menebak alur cerita, berbagi pengalaman serupa, serta memanfaatkan media buku cerita untuk meningkatkan kepercayaan diri anak, 3)metode dongeng yaitu ceramah dan tanya jawab, sedangkan evaluasi dilakukan melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil observasi terlihat adanya perubahan yang cukup signifikan, indikator pantang menyerah, berani mengemukakan pendapat, dan berpenampilan tenang meningkat menjadi berkembang sesuai harapan, sedangkan indikator berani bertanya serta mengutamakan usaha sendiri mengalami peningkatan lebih tinggi menjadi berkembang sangat baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ag, N. H., Ashari, N., Mulianah, S., & Palintan, A. T. A. (2025). Pengembangan Media Eksperimen STEAM untuk Meningkatkan Keaksaraan Anak Usia Dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 293–308. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/article/view/2272

Aisyah, A. N., Aristiana, D. E., Ariqoh, H., & Muhid, A. (2022). Penerapan Metode Bercerita untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak Pra Sekolah: Sebuah Systematic Review. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 41–48. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/14518/pdf

Amanda, C. T., DwitriFadhia, H., Putri, Y. C., Destrinelli, D., & Risdalina, R. (2025). Penerapan Metode Storytelling terhadap Kemampuan Berbicara dan Kepercayaan Diri Siswa dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 72–81. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/26940/13725

Amelya, A., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bermain Peran. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 459–470. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.577

Anggaraeni, M. A. (2017). Penerapan Bermain untuk Membangun Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Inclusive Education, 1(1), 1–8. https://core.ac.uk/download/pdf/231000891.pdf

Aurora, N. S. I. I., Meiranny, A., & Susilowati, E. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Sosial-Emosional Anak Usia Dini: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(4), 768–777.

Azwira, F., Dini, S. E., Nurhalizah, L., & Fidrayani, F. (2024). Pengaruh Program Pendidikan terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak. Journal of Early Childhood and Character Education, 4(1), 51–66. https://doi.org/10.21580/joecce.v4i1.21494

Farhani, R., Suwandi, S. A., Amanda, P. S., & Siregar, M. (2023). Persepsi Guru terhadap Pengaruh Dongeng pada Otak Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i1.692

Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062

Halifah, S., Palintan, A. T. A., Nadia, N., Rading, A., & Tadzkirah, T. (2025). Introduction of Sunflower Number Media to Enhance Symbolic Thinking Ability in Early Childhood. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 312–320. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.680

Hasniar, H., Rahmat, R., & Saleha, S. (2025). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas melalui Dongeng di UPT SDN 263 Pinrang. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 8(2), 578–589. https://www.e-journal.my.id/cjpe/article/view/5669/3836

Hasriadi. (n.d.). Strategi Pembelajaran. Mata Kata Inspirasi.

Insani, H. N. (2025). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Anak Usia Dini Pemalu Melalui Pendekatan Teori Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) Vygotsky. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–14. https://edu.pubmedia.id/index.php/paud/article/view/1272/911

Ismail, F., Darwis, M. A., Halifah, S., & Tiara, Tiara Almar’atu Sholeha, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menyimak melalui Metode Mendongeng Menggunakan Media Kertas Gambar pada Usia Anak Kelompok B di TK Grand Laugi Parepare. Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.35905/anakta.v1i1.3299

Jamaludin, U., Setiawan, S., Lismayani, L., Rahayu, R. A., & Monica, F. (2023). Analisis Penguatan Karakter Percaya Diri melalui Metode Diskusi Tanya Jawab di SD Negeri Margasana 1. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 317–325. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2171/1585

Juanda. (2017). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Sastra Anak Berbasis Lokal ‘Nene Pakande.’ Proceedings International Conference on …, 737–744.

Jumiarsih, E. (2024). Menumbuhkan Percaya Diri Anak Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) melalui Ekstrakurikuler Tapak Suci di TK Aisyiyah 2 Ngawi. Jurnal Program Studi PGRA, 10(2), 64–74. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/2373/1365

Kaniawati, E., Mardani, M. E., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR, 1(2), 18–32. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jsr/article/view/954/757

Khairina, N. S., & Soedirham, O. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Anak: Literature Review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 853–862.

Khalik, S., Mustika, M. F., & Zain, S. (2023). Personal Value in the Folklore of Nenek Pakande. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Islamic Studies, 1, 2142–2149. https://proceedings.uin-alauddin.ac.id/index.php/icosis/icosis2023/paper/viewFile/1152/757

Khasanah, U., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2022). Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 60–64. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1611

Kristanto, M. (2018). Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Penanaman Etika untuk Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 59–64. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.284

Lestari, D., & Fatonah, K. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Siniar Dongeng Paman Gery sebagai Media Pembelajaran Menyimak di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4249–4263. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7513

Macarau, V. V. V., & Stevanus, K. (2022). Peran Orangtua dalam Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(2), 153–167. https://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/article/view/113/97

Marwany, & Kurniawan, H. (2023). Mendongeng untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Anak. CV. Rumah Kreatif Wadas Kelir.

Nasution, N. K. (2022). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak di RA Ar-Rahman Yogyakarta. Journal of Early Childhood and Character Education, 2(2), 145–170. https://doi.org/10.21580/joecce.v2i2.10683

Olugbemi-Gabriel, O., & Ukpi, M. (2022). The Signifying Culture: An Intercultural and Qualitative Analysis of Tiv and Yoruba Folktales for Moral Instruction and Character Determination in Children. F1000Research, 11, 455. https://doi.org/10.12688/f1000research.75732.1

Pradana, P. H., Djamali, F., & Khoiriyah, A. N. (2024). Implementasi Mendongeng dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 99–108.

Putra, R. L., Carsiwan, C., & Rahmat, A. (2024). Meningkatkan Kepercayaan Diri melalui Pembelajaran Renang: Sebuah Penelitian Sytematic Literatur Review. Joker: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5(1), 38–48. https://joker.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/196/86

Rahman, M. M. (2013). Peran Orang Tua dalam Membangun Kepercayaan Diri pada Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 373–388. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/759/728

Redaksi MWI. (2023). Cerita Rakyat Nusantara Nenek Pakande. Skylar.

Rudyman, R., Pratiwi, Y., & Siswanto, W. (2024). Cerita Rakyat Sulawesi Selatan melalui Media Tiktok dalam Peningkatan Moral Siswa. BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(2), 301–310. https://jurnal.unipa.ac.id/index.php/bisai/article/view/482/443

Ruhansih, D. S. (2017). Efektivitas Strategi Bimbingan Teistik untuk Pengembangan Religiusitas Remaja (Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. ANUVA Volume, 2(1), 99–106. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/2739/1666

Safhira, T., Pertiwi, A. D., & Muslifar, R. (2024). Penerapan Metode Bercerita terhadap Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nursittah Samarinda. ECJ: Early Childhood Journal, 5(1), 1–8. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ecj/article/download/4330/1904/16451

Samaniah, S., & Rukanda, N. (2025). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Cerita Rakyat Lutung Kasarung. Comm-Edu (Community Education Journal, 8(1), 228–233. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/comm-edu/article/view/19488/7148

Sari, P. I. (2023a). Penerapan Storytelling dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Kelompok B di PAUD Terpadu Al-Madinah Kota Parepare. In Institut Agama Islam Negeri Parepare.

Sari, P. I. (2023b). Penerapan Storytelling dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Kelompok B di PAUD Terpadu Al-Madinah Kota Parepare. Institut Agama Islam Negeri Parepare.

Sumarni, S., Siregar, R. R., Paramita, N., Mufidah, S., & Rike Anggraini, D. T. A. (2023). Systematic Literature Review: Meningkatkan Sikap Percaya Diri Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Tari Kreasi. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 4(3), 123–132.

Ulviani, T., Netrawati, N., & Karneli, Y. (2022). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Berinteraksi Sosial dengan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy: Literature Review. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 389–395. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.76

Wahyuni, E., & Salim, A. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 72–77.

Wahyuni, S., & Nasution, R. N. B. (2017). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita di Kelompok B RA An-Nida. Raudhah, 5(2), 1–9. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/download/177/168

Wardani, I. K., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(4), 225–233. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/54845/34043

Downloads

Published

2025-10-13

Issue

Section

Articles