Penerapan Metode Mendongeng Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Kemampuan Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun
Keywords:
cerita rakyat, kepercayaan diri, mendongeng, nenek pakande, usia 4-5 tahunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan, strategi, metode evaluasi pengajaran kegiatan dongeng cerita rakyat untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Subyek penelitiannya adalah Anak PAUD dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)proses penerapan dongeng yaitu guru membacakan dongeng, anak-anak menyimak, lalu dilanjutkan sesi tanya jawab, 2)strategi dongeng yang diterapkan yaitu pemilihan cerita yang dekat dengan kehidupan anak, mengajak anak menebak alur cerita, berbagi pengalaman serupa, serta memanfaatkan media buku cerita untuk meningkatkan kepercayaan diri anak, 3)metode dongeng yaitu ceramah dan tanya jawab, sedangkan evaluasi dilakukan melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil observasi terlihat adanya perubahan yang cukup signifikan, indikator pantang menyerah, berani mengemukakan pendapat, dan berpenampilan tenang meningkat menjadi berkembang sesuai harapan, sedangkan indikator berani bertanya serta mengutamakan usaha sendiri mengalami peningkatan lebih tinggi menjadi berkembang sangat baik
Downloads
References
Ag, N. H., Ashari, N., Mulianah, S., & Palintan, A. T. A. (2025). Pengembangan Media Eksperimen STEAM untuk Meningkatkan Keaksaraan Anak Usia Dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 293–308. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/article/view/2272
Aisyah, A. N., Aristiana, D. E., Ariqoh, H., & Muhid, A. (2022). Penerapan Metode Bercerita untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak Pra Sekolah: Sebuah Systematic Review. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 41–48. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/14518/pdf
Amanda, C. T., DwitriFadhia, H., Putri, Y. C., Destrinelli, D., & Risdalina, R. (2025). Penerapan Metode Storytelling terhadap Kemampuan Berbicara dan Kepercayaan Diri Siswa dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 72–81. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/26940/13725
Amelya, A., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bermain Peran. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 459–470. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.577
Anggaraeni, M. A. (2017). Penerapan Bermain untuk Membangun Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Inclusive Education, 1(1), 1–8. https://core.ac.uk/download/pdf/231000891.pdf
Aurora, N. S. I. I., Meiranny, A., & Susilowati, E. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Sosial-Emosional Anak Usia Dini: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(4), 768–777.
Azwira, F., Dini, S. E., Nurhalizah, L., & Fidrayani, F. (2024). Pengaruh Program Pendidikan terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak. Journal of Early Childhood and Character Education, 4(1), 51–66. https://doi.org/10.21580/joecce.v4i1.21494
Farhani, R., Suwandi, S. A., Amanda, P. S., & Siregar, M. (2023). Persepsi Guru terhadap Pengaruh Dongeng pada Otak Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i1.692
Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062
Halifah, S., Palintan, A. T. A., Nadia, N., Rading, A., & Tadzkirah, T. (2025). Introduction of Sunflower Number Media to Enhance Symbolic Thinking Ability in Early Childhood. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 312–320. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.680
Hasniar, H., Rahmat, R., & Saleha, S. (2025). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas melalui Dongeng di UPT SDN 263 Pinrang. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 8(2), 578–589. https://www.e-journal.my.id/cjpe/article/view/5669/3836
Hasriadi. (n.d.). Strategi Pembelajaran. Mata Kata Inspirasi.
Insani, H. N. (2025). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Anak Usia Dini Pemalu Melalui Pendekatan Teori Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) Vygotsky. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–14. https://edu.pubmedia.id/index.php/paud/article/view/1272/911
Ismail, F., Darwis, M. A., Halifah, S., & Tiara, Tiara Almar’atu Sholeha, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menyimak melalui Metode Mendongeng Menggunakan Media Kertas Gambar pada Usia Anak Kelompok B di TK Grand Laugi Parepare. Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.35905/anakta.v1i1.3299
Jamaludin, U., Setiawan, S., Lismayani, L., Rahayu, R. A., & Monica, F. (2023). Analisis Penguatan Karakter Percaya Diri melalui Metode Diskusi Tanya Jawab di SD Negeri Margasana 1. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 317–325. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2171/1585
Juanda. (2017). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Sastra Anak Berbasis Lokal ‘Nene Pakande.’ Proceedings International Conference on …, 737–744.
Jumiarsih, E. (2024). Menumbuhkan Percaya Diri Anak Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) melalui Ekstrakurikuler Tapak Suci di TK Aisyiyah 2 Ngawi. Jurnal Program Studi PGRA, 10(2), 64–74. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/2373/1365
Kaniawati, E., Mardani, M. E., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR, 1(2), 18–32. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jsr/article/view/954/757
Khairina, N. S., & Soedirham, O. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Anak: Literature Review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 853–862.
Khalik, S., Mustika, M. F., & Zain, S. (2023). Personal Value in the Folklore of Nenek Pakande. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Islamic Studies, 1, 2142–2149. https://proceedings.uin-alauddin.ac.id/index.php/icosis/icosis2023/paper/viewFile/1152/757
Khasanah, U., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2022). Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 60–64. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1611
Kristanto, M. (2018). Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Penanaman Etika untuk Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 59–64. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.284
Lestari, D., & Fatonah, K. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Siniar Dongeng Paman Gery sebagai Media Pembelajaran Menyimak di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4249–4263. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7513
Macarau, V. V. V., & Stevanus, K. (2022). Peran Orangtua dalam Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(2), 153–167. https://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/article/view/113/97
Marwany, & Kurniawan, H. (2023). Mendongeng untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Anak. CV. Rumah Kreatif Wadas Kelir.
Nasution, N. K. (2022). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak di RA Ar-Rahman Yogyakarta. Journal of Early Childhood and Character Education, 2(2), 145–170. https://doi.org/10.21580/joecce.v2i2.10683
Olugbemi-Gabriel, O., & Ukpi, M. (2022). The Signifying Culture: An Intercultural and Qualitative Analysis of Tiv and Yoruba Folktales for Moral Instruction and Character Determination in Children. F1000Research, 11, 455. https://doi.org/10.12688/f1000research.75732.1
Pradana, P. H., Djamali, F., & Khoiriyah, A. N. (2024). Implementasi Mendongeng dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 99–108.
Putra, R. L., Carsiwan, C., & Rahmat, A. (2024). Meningkatkan Kepercayaan Diri melalui Pembelajaran Renang: Sebuah Penelitian Sytematic Literatur Review. Joker: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5(1), 38–48. https://joker.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/196/86
Rahman, M. M. (2013). Peran Orang Tua dalam Membangun Kepercayaan Diri pada Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 373–388. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/759/728
Redaksi MWI. (2023). Cerita Rakyat Nusantara Nenek Pakande. Skylar.
Rudyman, R., Pratiwi, Y., & Siswanto, W. (2024). Cerita Rakyat Sulawesi Selatan melalui Media Tiktok dalam Peningkatan Moral Siswa. BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(2), 301–310. https://jurnal.unipa.ac.id/index.php/bisai/article/view/482/443
Ruhansih, D. S. (2017). Efektivitas Strategi Bimbingan Teistik untuk Pengembangan Religiusitas Remaja (Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. ANUVA Volume, 2(1), 99–106. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/2739/1666
Safhira, T., Pertiwi, A. D., & Muslifar, R. (2024). Penerapan Metode Bercerita terhadap Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nursittah Samarinda. ECJ: Early Childhood Journal, 5(1), 1–8. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ecj/article/download/4330/1904/16451
Samaniah, S., & Rukanda, N. (2025). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Cerita Rakyat Lutung Kasarung. Comm-Edu (Community Education Journal, 8(1), 228–233. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/comm-edu/article/view/19488/7148
Sari, P. I. (2023a). Penerapan Storytelling dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Kelompok B di PAUD Terpadu Al-Madinah Kota Parepare. In Institut Agama Islam Negeri Parepare.
Sari, P. I. (2023b). Penerapan Storytelling dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Kelompok B di PAUD Terpadu Al-Madinah Kota Parepare. Institut Agama Islam Negeri Parepare.
Sumarni, S., Siregar, R. R., Paramita, N., Mufidah, S., & Rike Anggraini, D. T. A. (2023). Systematic Literature Review: Meningkatkan Sikap Percaya Diri Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Tari Kreasi. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 4(3), 123–132.
Ulviani, T., Netrawati, N., & Karneli, Y. (2022). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Berinteraksi Sosial dengan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy: Literature Review. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 389–395. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.76
Wahyuni, E., & Salim, A. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 72–77.
Wahyuni, S., & Nasution, R. N. B. (2017). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita di Kelompok B RA An-Nida. Raudhah, 5(2), 1–9. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/download/177/168
Wardani, I. K., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(4), 225–233. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/54845/34043
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Early Childhood and Character Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.