Peningkatan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Latihan Manasik Haji

Hidayatu Munawaroh*  -  Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo, Indonesia
Sri Rahayu Ningsih  -  Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): common.other

Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui perkembangan nilai agama dan moral anak-anak di TK Aisyiyah 4 Reco sebelum dilaksanakan kegiatan latihan manaik haji/umrah, 2) untuk mengetahui seberapa besar penigkatan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Aisyiyah 4 Reco setelah dilaksanakan kegiatan latihan manasik haji/umrah, 3) untuk mengetahui hambatan dan kendala yang ditemui saat pelaksanaan keguatan latihan manasik haji/umrah di TK Aisyiyah 4 Reco.  Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif.  Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.  Subyek penelitiannya adalah pihak-pihak yang ada di TK Aisyiyah 4 Reco, diantaranya adalah: guru, siswa, dan wali murid TK Aisyiyah 4 Reco.  Pada penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian naturalistic, sehingga analisis data dilakukan langsung di lapanagan dengan pengumpulan data.  Setelah melaksanakan kegiatan latihan manasik haji/umrah, anak yang mempunyai capaian perkembangan MB (Mulai Berkembang) meningkat menjadi BSH (Berkembang Sesuai Harapan), yaitu 5% menjadi 27%  Anak yang BSH (Berkembang Sesuai Harapan) meningkat menjadi BSB (Berkembang Sangat Baik, yaitu 13% menjadi 73%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan latihan manasik haji/umrah dapat meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Aisyiyah 4 Reco.

Supplement Files

Keywords : Peningkatan nilai agama dan moral anak usia dini, kegiatan latihan manasik haji/umrah.

  1. Departemen Agama RI, Bunga Rampai Perhajian II, (Jakarta: DIRJEN Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji).
  2. Eliyyil Akbar, 2020, Metode Belajar Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.
  3. Hasbuloh, 2016, Model Pengembangan Kurikulum Paud, Jurnal Pendidikan Guru Roudhotul Athfal Issn 2541-5549,Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten As-sibyan, Vol. 1, No. 1.
  4. Khaironi, Mulianah, 2017, Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini, Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, Vol. 01, No. 1.
  5. Kholilurrohman, 2017, Hajinya Lansia Ditinjau Dari Perspektif Bimbingan dan Konselling Islam, al –Balagh: Jurnal Dakwah dan Komunikasi volume 2, no. 2, Surakarta: IAIN.
  6. Kusuma Wardani, Desak Made dan Brantasari, Mahkamah, 2019, Peningkatan Nilai-Nilai Agama dan Moral pada Anak Kel. B. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Vol. 04. No. 02.
  7. Novi, Bunda, 2015, Cara-Cara Mengasuh Anak yang Sering Diabaikan Orang Tua, Yogyakarta: FlashBooks.
  8. Rukin, 2019, Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Akmar Cendekia Indonesia.
  9. Sugiarto, Eko, 2015, Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.
  10. Suwendra, Wayan, 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Nilacakra.
  11. Ulfah, Maria Junaedah, 2018, Buku Saku Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sulwesi Selatan: Aksara Timur.

VISITOR COUNTER  JoECCE

       

 

 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

apps