Upaya Meningkatkan Kecerdasan Matematis Logis Anak Di RA Bani Utsman Darma

Erik Wahyudin*  -  STKIP Muhammadiyah Kuningan, Indonesia
Nani Suhartini  -  STKIP Muhammadiyah Kuningan, Indonesia

(*) Corresponding Author

Upaya meningkatkan Kecerdasan matematis Logis pada Anak melalui permainan ular tangga di kelompok B RA Bani Utsman Dama , Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGPAUD). Kecerdasan Matematis Logis pelu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan Kecerdasan Matematis logis anak yaitu melalui permainan ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan Matematis anak melalui permainan ular tangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B RA Bani Utsman Desa Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan, semester II tahun pelajaran 2021/2022, sejumlah 24 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif anatara kepala sekolah, peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan data kulitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan matematika pra tindaka sebesar 20,84%, peingkatan kemampuan matematika siklus I sebesar 31,94%, peningkatan kemampuan matematika siklus II sebesar 55<55% dan kemampuan siklus III sebesar 84,72%. Upaya meningkatkan kemampuan matematika melalui permainan ular tangga juga di dukung oleh beberapa indicator yaitu membilang 1-20, membuat urutan bilangan 1-20 dengan gambar benda, dan menghubungkan lambang bilangan dengan gaambar benda sampai 20. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan permainan ular tangga dapat meningkatkan kecerdasan matematis logis.

Keywords: Kecerdasan Matematis Logis, Permainan Ular Tangga;

  1. Ahmad Susanto . (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar berbagai Aspeknya. Jakarta : Kencana Perdana Media Grup
  2. Amstrong, Thomas, (1999). 7 Kids Smart : Identifying and Developing Your Intelligences. New York: Penguin Group.
  3. Aqib Zaenal, (2006). Penelitian Tindakan Kelas, Cet.1, CV Wacana Prima, Bandung
  4. Arikunto, Suharsimi. (2006) Prosedur Pnelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Lestariningrum, Anik,Handini, Myrnawati (2017)Analisis Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Permainan Tradisional
  6. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini
  7. Moeslihatoen, R. 2001. Metode Pembelajaran di Taman KanakKanak. Jakarta: Renika Cipta.
  8. Musfiroh Tadkiroatun , ( 2011) . Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka
  9. Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  10. Ratnaningsih.N.N. 2014 " Penggunaan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS kelas III A SDN nogoporo " Skripsi ,Sleman : UniversitasNegeri Yogyakarta
  11. Subana, Sudrajat ; (2005).Dasar-dasar Penelitian ILmiah.Bandung : Pustaka Setia
  12. Yaumi, Muhammad. 2013. Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Open Access Copyright (c) 2021 Journal of Early Childhood and Character Education

VISITOR COUNTER

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JoECCE
apps