Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Masyarakat Di Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.21580/joecce.v1i2.9018Keywords:
Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Berbasiss Masyarakat, Revolusi Industri 4.0,Abstract
Kemajuan teknologi dari masa ke masa secara akumulatif telah mendorong terjadinya revolusi industry. Hal ini menuntut dunia pendidikan untuk memperbaiki sistem mutu secara dinamis. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai muara awal era Revolusi Industri 4.0, harus mempersiapkan diri dengan strategi-strategi baru. Artikel ini bertujuan untuk menelaah lebih lanjut tentang PAUD di era Reformasi Industri 4.0. Metode penelitian menggunakan library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat strategi pengembangan PAUD berbasis masyarakat yaitu: Pertama, hal yang dilakukan adalah menyatukan pemahaman masyarakat tentang Anak Usia Dini. Kedua, masyarakat dan pemerintah menyiapkan tenaga pendidikan (guru) dan kependidikan yang ideal-profesional serta mengupayakan serta mendorong (dari segi moril dan materiil) tenaga pendidikan untuk meng-upgrade kompetensi—khususnya dalam mengahadapi era revolusi industri 4.0. Ketiga adalah masyarakat ikut serta dalam mendesain kurikulum yang akan diberikan kepada para siswa. Strategi keempat adalah supervisi dan evaluasi.
Downloads
References
Abuddin Nata, Guru Profesional di Era Digital, http://abuddin.lec.uinjkt.ac.id/articles, diakses pada tangga 15 September 2020.
Ahmad Rifai RC, “Model Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Masyarakat”, Jurnal Ilmu Pengetahuan, Universitas Negeri Malang, Vol. 19 No.1. 2013.
Anshori, Transformasi Pendidikan Islam, Jakarta: GP Press, 2010.
Astuti, Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Aziz Muslim, “Pendekatan Partisipatif dalam Pemberdayaan Masyarakat”, Jurnal Apikasi Ilmu-ilmu Agama, Vol. VIII, No. 2, Desember, 2007.
Carruthers, H 2018, Education in the Fourth Industrial Revolution, Relocate Global, viewed 22 September 2020, https://www.relocatemagazine.com/articles/education-schools-relocate-global-international-guide-education-in-the-fourth-industrial-revolution.
Deepa Narayan, “Empowerment and Poverty Reduction: A Sourcebook”. Washington, D.C.: Poverty Reduction dan Economic Management (PREM), World Bank, 2002.
Departemen Pendidikan Nasional, UU RI No. 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Education technology and Mobile Learning, 2016. 9 fundamental digital skills for 21st century teachers. viewed 22 September 2020, https://www.educatorstechnology.com/2016/12/9-fundamental-digital-skills-for-21st.html.
Elisheva Sadan, Empowermant and Community Planning, Tel aviv: Haikibbutz Hameuchad Publishers, 2004.
Hasibuan S. Rahman, “Karakteristik Anak Usia Dini”, Jakarta: Rineka CIpta, 2000.
Ihsan Maulana, Nurhafizah, “Analisis Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0”, Jurnal Pendidikan Tambusai, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univ. Negeri Padang, Vol. 3 No. 2 Tahun 2019.
Jim Ife and Frank Tesoriero, “Community Development, Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globlasisasi”, Yogyakartaa: Pustaka Pelajar, 2008.
Maria Ulfa, “SYAHADAT: Sebuah Pendekatan Dalam Mengoptimalkan Manajemen Berbasis Masyarakat”, Jurnal Al Ijtimaiyyah, Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komuniukasi UIN ar Raniry Vo. 1 No. 1 Januari. 2015.
Muhammad Yahya, ”Era Industri 4.0: tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia”, Pidato Pengukuhan Penerimaan Jabatan Progessor Tetap dalam Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 14 Maret 2018.
Mulyasa, “Manajemen PAUD”, Bandung : PT Remaja Rosydakarya, 2004.
Nurhatti Fuad, “Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat: Konsep dan Strategi Implementasi”, Jakarta: Rajawali Press, 2014.
Oos M. Anwas, “Model PAUD Posdaya Sebagai Alternative Pelaksanan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Masyarakat”, Jurnal Pendidikan dan Kebudayan, Vol.18, No.3, September 2012.
Saadatul Awaliyah Pasaribu, “Konseptualisasi PAUD berbasis Pendidikan Karakter”, Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017.
Sagala, Syaiful. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: PT. Nimas Multima, 2004.
Setiadi Susilo, “Pedoman Penyelenggaraan PAUD”, Jakarta: Bee Media Pustaka, 2016.
Siagian, S.P. “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2006.
Sukartono. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia. 1–22.
Suryanto, “Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini”, Jakarta: PT Bumi Kasara, 2000
Tatik Widaningsih, Pungki Nahyu Widyawati, Ahmad Shodiq, Achmad Zayadi, “Revolusi Industri 4.0 dan PAUD untuk Generasi Alfa: Sebuah Telaah”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Vol.2 No.1, Tahun 2019.
Theguardian.com, 2017, We may have less than five years to change how we learn, earn and care, viewed 22 April 2019, https://www.theguardian.com/sustainable-business/2017/jan/30/we-may-have-less-than-five-years-to-change-how-we-learn-earn-and-care
Umberto Sihombing, ”Konsep dan Pengembangan Pendidikan Berbasis Masyarakat”, dalam fasli Djalal dan Dedi Supriadi, Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2001.
Umi Nur Qomariyah, Diah Puji Nali Brata, “Konsep PAUD Alam sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat”, Conference on Innovation and Applicaton of Science and Technology (CIASTECH 2018), Universitas Widyagama Malang, 12 September 2018.
Zubaidi, “Pendidikan Berbasis Masyarakat”,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.